• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mudah Agar Anak Doyan Makan Sup

5 Cara Mudah Agar Anak Doyan Makan Sup

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Di usianya yang masih belia, anak-anak cenderung pilih-pilih, termasuk dalam hal makanan. Kasus yang sering terjadi adalah sulitnya anak-anak untuk makan sayur, seperti sup misalnya. Padahal, sayur-sayuran amat penting untuk tumbuh kembang tubuhnya. Jika tidak dibiasakan, nantinya anak-anak malah semakin tidak menyukai sayuran.

Bukan dengan membuat si kecil terpaksa memakan sayur sup karena takut dimarahi, ibu bisa mengajak anak makan sehat, terutama konsumsi sayur sup, dengan mengikuti empat cara mudah berikut ini.

Meminta Bantuan Si Kecil

Memasak sup memang terbilang mudah. Namun, akan tetap menyenangkan apabila dikerjakan bersama dengan sang buah hati. Nah, Ibu bisa meminta bantuan si kecil dalam proses memasaknya, mulai dari memotong-motong sayuran hingga mengaduknya. Selain membuat anak mengenal dapur dan belajar memasak sejak dini, proses memasak pun akan jadi lebih cepat.

Apabila si kecil masih terlalu belia untuk mengupas bahan-bahan, ibu bisa memintanya menyiapkan baskom atau wadah untuk meletakkan sayuran dan mengajarkan bagaimana mencuci sayuran dengan benar. Ibu juga bisa meminta bantuan sang buah hati untuk menata meja semenarik mungkin, agar kegiatan bersantap pun semakin menyenangkan.

Baca juga: Tips Cerdas Agar Anak Makan dengan Lahap

Sajikan Sup dalam Mangkuk atau Wadah Pilihan Si Kecil

Mungkin terdengar sepele, tetapi inilah hal terpenting saat Ibu ingin mengajak anak makan sehat tanpa membuat mereka terpaksa melakukannya. Caranya adalah dengan menyajikan sayur sup di dalam mangkuk atau wadah yang si kecil inginkan. Untuk tahap awal, sebaiknya ibu menyediakan berbagai wadah dengan ukuran kecil agar si kecil tidak langsung menerima seporsi besar sup. Wadah yang terlalu besar akan membuat anak eneg bahkan sebelum mencoba lezatnya sup buatan ibu.

Modifikasi dengan Menambahkan Topping

Sama halnya dengan wadah, hiasan atau topping mungkin akan terlihat aneh saat diletakkan di atas semangkuk sayur sup. Namun, Ibu perlu tahu, setiap anak memiliki hiasan favoritnya, entah berupa parutan keju, taburan cokelat, remahan keripik, dan lain sebagainya. Bagi anak, semua hiasan ini tak hanya membuat tampilan sayur sup mereka semakin menarik, tetapi juga akan membuat nafsu makan bertambah.

Beberapa modifikasi mungkin akan membuat menyantap sup semakin menyenangkan, misalnya dengan memadukan semangkuk sup hangat dengan potongan roti tawar yang telah dipanggang. Dengan demikian, ada alternatif lain yang bisa dicoba selain menggabungkannya dengan sepiring nasi panas.

Jangan Sajikan Setiap Hari

Ibu memang sedang mengajak anak makan sehat. Meski demikian, jangan buat anak mengonsumsi makanan yang sama setiap hari, karena akan membuatnya bosan. Nantinya, si kecil justru tidak mau memakan sayur sup tersebut. Ibu bisa menyelingi menu sayur dengan makanan favoritnya dan menyajikan sayur sup cukup dua kali dalam seminggu di hari yang berbeda.

Baca juga: 9 Kiat Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Bersantap Bersama dengan Orang Terdekat

Bisa jadi, tak hanya ibu yang sedang berusaha agar si kecil mau makan sup. Mungkin, tetangga di kanan-kiri rumah pun demikian. Nah, ibu bisa membuat kelompok pecinta sup dan menyantap sajian nikmat ini bersama-sama sekali dalam seminggu. Sup bisa berasal dari kreasi ibu sendiri atau para ibu lain yang ikut serta. Sembari bersantap, ibu bisa mengobrol atau berdiskusi dengan orang tua juga anak-anak lain mengenai kandungan nutrisi yang ada dalam semangkuk sayur sup.

 

Ternyata, mengajak anak makan sehat tidak sulit, kan? Cukup dengan mengikuti langkah di atas, ibu sudah bisa membuat si kecil mulai menyukai sayur sup. Ibu bisa menanyakan cara lainnya langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Cukup download di App Store atau Google Play Store, aplikasi Halodoc pun bisa digunakan untuk membeli obat tanpa harus keluar rumah.