• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

5 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

“Normalnya, setiap hari rambut mengalami kerontokan sebanyak 50-100 helai rambut. Namun jika kondisi ini membuat tidak nyaman dan mengganggu, kamu bisa mencoba cara sederhana di rumah untuk mengatasi rambut rontok. Memerhatikan asupan nutrisi dan gizi, tidak keramas setiap hari, menggunakan sisir yang tepat, dan melakukan perawatan rambut menjadi pilihan yang bisa kamu lakukan di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Kerontokan rambut adalah hal yang bisa dialami siapa saja, seringnya membuat para wanita menjadi khawatir. Jangan terburu-buru khawatir saat rambut rontok.

Sebenarnya, setiap hari rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 50-100 helai rambut. Namun, jika jumlahnya terlihat berlebihan dan terjadi dalam waktu yang cukup panjang, sebaiknya waspadai kondisi ini. 

Rambut rontok yang tidak normal dapat menyebabkan berbagai kondisi, mulai dari rambut menjadi tipis hingga kebotakan di beberapa bagian. Untuk itu, lakukan beberapa cara sederhana yang membantu kamu untuk mengatasi rambut rontok.

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini tips yang bisa dilakukan sehari-hari untuk mengatasi rambut rontok, yaitu:

  1. Hindari Keramas Berlebihan

Cara untuk mengatasi rambut rontok, yaitu menghindari keramas berlebihan. Sering keramas dinilai menjadi kebiasaan untuk menjaga kesehatan rambut. Padahal, terlalu sering keramas dapat memicu kerontokan rambut. 

Penggunaan sampo yang tidak cocok hingga proses keramas dengan menggosok rambut dan kulit kepala terlalu keras menjadi kebiasaan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut lebih parah.

Setelah keramas sebaiknya lakukan proses pengeringan rambut dengan cara yang tepat. Hindari menggunakan pengering rambut dengan suhu panas untuk menjaga kesehatan rambut. 

Menggosok handuk terlalu kencang pada rambut bisa membuat kerontokan semakin parah.

  1. Rutin Mengonsumsi Makanan Sehat

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang memerlukan pemenuhan nutrisi dan gizi agar bertumbuh dengan baik. Sebaiknya konsumsi berbagai makanan sehat agar kesehatan rambut terjaga dengan baik.

Selain membuat rambut kuat dan mengatasi rambut rontok, beberapa jenis makanan ini bisa membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, seperti:

  • Telur yang memiliki kandungan protein dan biotin untuk membantu pertumbuhan rambut.
  • Buah beri dengan kandungan antioksidan yang dinilai mampu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Bayam mengandung asam folat, zat besi, vitamin A dan C yang mampu membantu pertumbuhan rambut.
  • Alpukat memiliki kandungan vitamin E tinggi. Bukan hanya untuk kulit, vitamin E bermanfaat dalam pertumbuhan rambut.

Baca juga: Stres Bikin Rambut Rontok, Benarkah?

  1. Gunakan Sisir yang Tepat

Tahukah kamu bahwa sisir berpengaruh pada mengatasi rambut rontok? Ya, ternyata menggunakan sisir atau sikat rambut yang lembut membantu meningkatkan kadar sebum yang sehat pada rambut.

Lakukan penyisiran atau penyikatan rambut dengan lembut ke satu arah dari bagian kulit kepala hingga ujung rambut. Kebiasaan ini bisa membantu kamu untuk menghaluskan rambut dan mengatasi rambut rontok. Sisirlah rambut setiap hari agar kehalusan dan kelembutannya tetap terjaga.

  1. Gunakan Masker Rambut dengan Bahan Alami

Lakukan perawatan rambut dengan tepat secara rutin untuk mengatasi rambut rontok. Sebenarnya, kamu tidak perlu harus selalu pergi ke salon, karena kamu bisa mencoba melakukan perawatan rambut di rumah. Caranya, yaitu dengan masker rambut berbahan alami. 

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut. Kandungan asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat mengikat protein di rambut dan melindungi rambut dari berbagai kerusakan.

Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut untuk menjaga kelembapan rambut. Minyak zaitun juga dipercaya mampu mengatasi rambut rontok.

Kedua bahan alami tersebut bisa kamu gunakan juga untuk memijat kulit kepala untuk melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Setelah dipijat, diamkan 30 menit dan bilas bahan alami tersebut dengan air hingga bersih.

  1. Kunjungi Dokter saat Gejala Rambut Rontok Memburuk

Jika rambut rontok yang kamu alami disertai dengan gejala lain, seperti munculnya kemerahan pada area kulit kepala, ketombe, hingga kerontokan rambut di bagian tubuh lain, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji di rumah sakit terdekat agar kamu diberikan solusi untuk mengatasi rambut rontok. Caranya mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Baca juga: Catat, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Rambut Rontok

Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok. Lindungi rambut dari paparan langsung sinar matahari dan asap rokok. Kedua hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut yang lebih buruk.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hair Loss.

Healthline. Diakses pada 2021. Hair Loss Prevention: 22 Tips to Help Save Your Hair.

Healthline. Diakses pada 2021. The 14 Best Foods for Hair Growth.

Medical News Today. Diakses pada 2021. How to Treat Hair Loss.