05 February 2019

5 Cara Tetap Sehat dengan Santapan Lezat saat Tahun Baru Imlek

5 Cara Tetap Sehat dengan Santapan Lezat saat Tahun Baru Imlek

Halodoc, Jakarta – Bagi yang merayakan Tahun Baru Cina alias Imlek, momen ini sering dimanfaatkan untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga besar. Entah makan bersama, pergi ke suatu tempat, ataupun sekadar menikmati kebersamaan secara sederhana. Nah, agar perayaan Tahun Baru Imlek terasa lebih menyenangkan, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, ya!

Nyatanya, kebugaran dan kesehatan tubuh menjadi salah satu kunci untuk menjalani aktivitas dengan baik. Apalagi saat Imlek, ada banyak makanan lezat yang dihidangkan. Agar kamu tetap sehat, cari tahu tips menikmati santapan lezat selama tahun baru Imlek!

1. Atur Porsi Makan

Saat perayaan imlek, kamu pasti akan menemukan berbagai hidangan, mulai dari yang manis, asin, pedas, makanan laut, makanan yang digoreng, direbus, hingga dikukus. Agar terhindar dari penyakit, pastikan untuk menghindari “kalap” serta atur porsi makan sebaik mungkin.

Sah-sah saja jika kamu ingin mencicipi semua hidangan yang disajikan, namun sebaiknya makan dalam porsi kecil saja. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu merasa kenyang serta tidak memicu penyakit karena berlebihan mengonsumsi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang digoreng atau makanan yang mengandung seafood.

Baca juga: Tips Sehat Buat yang Suka Makan Gorengan

2. Perbanyak Makan Ikan

Salah satu jenis hidangan yang pasti ada dalam perayaan imlek adalah ikan. Alih-alih hidangan laut lainnya, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi ikan. Jenis makanan laut yang satu ini dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, ikan juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Agar manfaatnya lebih terasa, pastikan untuk mengonsumsi ikan yang masih segar, ya!

Baca juga: Ini 7 Manfaat Makanan Laut untuk Kesehatan

3. Jangan Lewatkan Buah-buahan

Buah-buahan segar, seperti jeruk, apel, kelengkeng, hingga buah naga kerap ditemukan di tengah perayaan tahun baru Cina. Nah, agar tetap sehat, pastikan untuk tidak melewatkan jenis makanan tersebut. Masukkan jenis buah-buahan segar tersebut dalam menu utama.

Nyatanya, mengonsumsi buah bisa memberi manfaat yang menyehatkan bagi tubuh dan mencegah terjadinya penyakit. Buah segar memiliki jumlah kalori yang sedikit, namun kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, serta antioksidan. Di mana semua hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

4. Makan Manis Secukupnya

Kamu mungkin akan menemukan dan tergiur dengan makanan manis selama perayaan imlek. Tapi hati-hati, jangan sampai berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis tambahan, ya. Meski nikmat, namun mengonsumsi makanan yang terlalu manis bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Apalagi bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit gula darah alias diabetes. Sebaiknya, makan manis secukupnya saja agar tubuh tetap sehat.

5. Tutup dengan Teh Hijau

Setelah puas “berwisata” kuliner pada perayaan Imlek, jangan lupa untuk menutupnya dengan segelas teh hijau hangat. Saat ini, beberapa keluarga kerap menyajikan teh hijau sebagai hidangan Imlek. Jenis teh yang satu ini dikenal memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Teh hijau memiliki ragam antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas. Sebab, serangan radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Halodoc agar perayaan imlek menjadi lebih nyaman. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter dan menanyakan seputar gejala penyakit yang tiba-tiba menyerang. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya!