• Home
  • /
  • 5 Cara Tetap Sehat Meski Sangat Sibuk

5 Cara Tetap Sehat Meski Sangat Sibuk

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara Tetap Sehat Meski Sangat Sibuk

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu berada di momen sangat sibuk sampai tidak punya waktu untuk menyiapkan menu makanan sehat? Seharusnya mengonsumsi makanan sehat berada di prioritas dalam hidup. 

Kesibukan bekerja tidak hanya membuat kamu kehilangan proporsi nutrisi seimbang, tetapi juga penambahan berat badan. Sarapan adalah kunci menjalankan aktivitas harian dengan baik. Yogurt yang dikombinasikan dengan bayam ataupun pisang dapat mendorong sistem kekebalan, memperkuat otak, mengurangi stres, dan tentu saja sajian sehat simpel untuk orang yang super sibuk.

Menyiapkan Makanan Sehat Minim Effort

Masyarakat urban membuat penerapan pola hidup sehat menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Orang-orang sibuk berusaha menyeimbangkan pekerjaan, keluarga, dan tanggung jawab lainnya. Akibatnya, tujuan kesehatan mereka sering ditunda. Berikut tips menyajikan makanan sehat untuk mereka yang sangat sibuk.

  1. Camilan Sehat di Tengah Hari

Ngemil adalah salah satu kebiasaan yang banyak orang lakukan sepanjang hari, sehingga ngemil sudah menjadi semacam pola yang sulit dihindari. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih camilan sehat, seperti kacang-kacangan atau buah. Supaya ngemilmu tidak berlebihan, masukkan per porsi camilan, misalnya untuk hari ini di tengah hari dan sore, kamu siapkan dua tempat khusus. Ini untuk menjatah sekaligus mengatur supaya kudapanmu tidak berlebihan.

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

  1. Minum Banyak Air

Orang-orang suka minum kopi sepanjang hari kerja agar tetap berenergi dan lupa dengan asupan air putih. Bagaimana cara supaya kamu tetap mengonsumsi air putih sesuai takarannya? Selalu siapkan botol ukuran sedang dan bawa kemanapun kamu berada. Ini bisa sekaligus membantu kamu menakar jumlah asupan air yang masuk ke dalam tubuh. 

  1. Makan pada Waktu yang Sama Setiap Hari.

Banyak orang sibuk yang sulit mengatur rutinitas harian di kantor, sehingga melewatkan makan siang. Ketika kamu bisa menempatkan pekerjaan harian sebagai sesuatu yang rutin dan selalu dilakukan, kenapa tidak memasukkan jadwal makan di agendamu? 

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Dengan makan tepat waktu, ini dapat membuat kamu memiliki pola makan teratur, tidak terburu-buru saat makan, dan menikmati proses makan dengan baik. Makan tepat waktu juga membantu metabolisme tubuh bekerja lebih teratur.

  1. Minum Teh Hijau

Tadi sudah disampaikan bagaimana mengonsumsi air putih semestinya menjadi rutinitas harian yang harus dilakukan. Mengurangi kopi dan menggantinya dengan teh hijau adalah salah satu langkah sehat lainnya. Cobalah untuk minum teh hijau di sela-sela kamu menikmati camilanmu. Kombinasi dari aktivitas ini akan membuat kamu lebih sehat meski diterpa dengan kesibukan.

  1. Hindari Minuman Manis dan Soda

Memang di saat-saat super sibuk, terkadang kamu merasa membutuhkan asupan gula untuk meningkatkan mood. Jangan memenuhi hasrat peningkatan mood tersebut dengan minuman manis ataupun soda. 

Kedua minuman ini sama sekali tidak mengandung nutrisi penting dan sarat akan gula. Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker tertentu. Selain itu, asam dalam minuman ringan dapat merusak gigi, terutama bila dikombinasikan dengan gula. Seperti pilihan yang berada di dalam point sebelumnya, lebih baik bila kamu menggantikan minumanmu dengan teh hijau.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai pola hidup sehat dan rekomendasi makanan sehat untuk orang yang super sibuk, tanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Inc.com. Diakses pada 2019. 6 Ways to Eat Healthier When You Are Super Busy.
Healthline. Diakses pada 2019. 22 Simple Ways to Get Healthier With Minimal Effort.