25 September 2018

5 Cara untuk Mengecilkan Betis

betis, cara mengecilkan betis, cara mengecilkan betis besar, tips mengecilkan betis

Halodoc, Jakarta - Betis yang ramping memang menjadi idaman hampir setiap wanita, terutama bagi mereka yang suka mengenakan pakaian yang mengekspos kaki bagian bawah. Itulah mengapa, memiliki betis yang besar terkadang dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Bagi kamu yang ingin betis bagus, ikuti beberapa tips mengecilkan betis berikut, yuk!

1. Cobalah Mengubah Cara Jalan

Kebiasaan jalan menjadi salah satu yang membuat betis seseorang menjadi besar. Maka, hal pertama yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan betis adalah mengecek apakah cara jalan kamu selama ini sudah baik atau belum. Cara jalan yang baik adalah bertumpu sempurna pada bagian tumit, dengan cara pastikan tumit kaki menapak pada tanah sebelum melangkah. Kebiasaan jalan terburu-buru juga akan membuat betis membesar, karena tumit tidak sepenuhnya menjadi tumpuan.

2. Minimalisir Pemakaian High Heels

Sepatu berhak tinggi memang dapat menunjang seorang wanita untuk terlihat lebih anggun. Namun hati-hati, kebiasaan memakai sepatu hak tinggi dapat membuat betis menjadi besar. Hal ini karena ketika memakai high heels, tubuh akan bertumpu pada pangkal jari kaki, hingga memicu stres pada bagian pergelangan kaki dan betis.

3. Kurangi Makan Gorengan

Makanan yang digoreng memang menjadi musuh bagi tubuh, karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh, lemak jenuh banyak menumpuk pada jaringan tubuh, termasuk betis. Lemak yang menumpuk pada betis itu juga yang membuat betis menjadi lebih besar.

4. Rutin Lakukan Joging

Salah satu olahraga yang dapat kamu coba sebagai cara mengecilkan betis adalah lari. Namun, bukan sembarang lari, ya. Lari yang disarankan adalah lari dengan kecepatan pelan, tapi dengan jarak panjang (joging). Lakukan joging setiap pagi selama 45-60 menit saat perut masih kosong, maka kamu tidak hanya akan mendapatkan betis yang ramping, tetapi juga tubuh yang sehat.

5. Latihan Ringan di Rumah

Padatnya aktivitas seringkali menjadi kendala banyak orang untuk berolahraga. Padahal, ada beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan di rumah, lho. Beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan di rumah berikut dapat membantu kamu mengecilkan betis, asal dilakukan secara rutin.

  • Squat. Buka kaki selebar bahu, tahan kuda-kuda tangan di depan dada, tekuk kedua lutut sambil perlahan jinjitkan kaki, tahan 2-3 detik, ulangi beberapa kali.
  • Latihan berjinjit. Gerakan ini cukup mudah dan dapat dilakukan sambil melakukan aktivitas lain, seperti nonton televisi. Caranya, berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu, lalu jinjitkan kedua kaki dengan bertumpu pada seluruh jari kaki, tahan sekitar 1-2 detik dan ulangi hingga 20 kali.
  • Lompat tali. Untuk melakukan latihan ini, dibutuhkan alat berupa tali skipping dan area yang agak luas. Kamu bisa lakukan latihan ini di teras atau halaman rumah pada pagi atau sore hari. Cara melakukannya adalah, berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, rentangkan kedua tali dengan tetap menjaga siku di dekat tubuh, lalu mulailah melakukan lompatan.

Lakukan selama sekitar 10-20 menit setiap harinya. Gerakan lompat tali ini tidak hanya efektif untuk mengecilkan betis, tetapi juga dapat membantu membakar lemak-lemak dalam tubuh, seperti lemak perut dan paha.

Mengecilkan betis boleh saja, tapi jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan cukup tidur sebagai tips ampuh mengecilkan betis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc, melalui fitur Chat, Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

 

Baca juga: