Betis Besar Bikin Enggak Pede? Ini 5 Cara Mengecilkannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Betis Besar Bikin Enggak Pede? Ini 5 Cara Mengecilkannya

Halodoc, Jakarta - Ketika berbicara mengenai tampilan fisik, bukan hanya kulit wajah dan rambut bercabang yang sering dikeluhkan kaum hawa. Betis yang terlihat besar terkadang juga kerap membuat sebagian wanita jadi enggak pede atau risih.

Wanita mana yang enggak mau memiliki betis yang padat dan kencang? Masalahnya tidak semua beruntung memiliki betis idaman tersebut. Namun, jangan dulu risau, ada beberapa tips yang bisa membantumu untuk mengecilkan betis dan membuatnya menjadi kencang. Penasaran? Ini ulasannya.

Baca juga: Betis Indah dengan 4 Gerakan Sederhana Ini

Kombinasi Olahraga dan Diet

Terdapat beragam cara yang efektif untuk meningkatkan dan mengubah bentuk bagian tubuh, termasuk betis. Ada dua hal yang mendasarinya, melalui makan sehat dan rutin berolahraga. Nah, olahraga yang efektif untuk mengecilkan betis adalah olahraga yang fokus membangun otot.

Olahraga yang membangun otot bisa lebih efektif ketika terlibat dalam pelatihan yang mencakup latihan resistensi. Bukannya hanya melakukan latihan kardiovaskular seperti berlari. Cara mengecilkan betis bisa dengan memasukkan beberapa menu latihan yang berfokus pada otot betis. Porsinya bisa tiga hingga empat kali seminggu.

Jangan pula lupa, aktivitas fisik ini harus disertai dengan diet sehat dan bergizi seimbang. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Ringkasnya, rutin berolahraga saja tidak cukup untuk mengecilkan betis. Nah, kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai diet sehat yang bisa membantu untuk mengecilkan betis. Praktis, kan?

Baca juga: Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises

Olahraga untuk Mengecilkan Betis

Lalu, olahraga seperti apa sih yang bisa membantu mengecilkan betis? Di antaranya adalah:

Yoga hingga Latihan Ringan

Cara mengecilkan betis bisa dilakukan dengan beragam jenis olahraga. Nah, berikut ini olahraga yang bisa dicoba untuk membuat betis lebih kecil, yaitu:

  1. Yoga

Mau betis jadi padat dan mengecil? Cobalah lakukan peregangan pada otot betis agar terlihat lebih ramping. Peregangan seperti apa? Kamu bisa mencoba melakukan peregangan dengan gerakan yoga atau pilates. Kedua olahraga ini bisa membantu kita untuk meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki fleksibilitas, dan postur tubuh.

  1. Joging

Cara mengecilkan betis lewat olahraga juga bisa dengan rutin berjoging. Joging bisa menjadi cara yang efektif untuk membuang lemak di seluruh tubuh, termasuk di betis dan kaki. Berapa lama durasinya? Nah, untuk hasil yang efektif, lakukanlah selama 30 menit tiap harinya, bisa dimulai dengan jalan cepat. Ingat, jogging yang dilakukan rutin membantu menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan.

  1. Berenang

Selain dua hal di atas, berenang bisa dijadikan cara untuk membantu mengecilkan betis. Renang juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru, meningkatkan sistem imun, membakar lemak, dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Baca juga: Tips Squat yang Efektif untuk Mengencangkan Paha

4. Latihan Ringan di Rumah

Ada beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengecilkan betis, asal dilakukan secara rutin, yaitu:

  • Buka kaki selebar bahu, tahan kuda-kuda tangan di depan dada, tekuk kedua lutut sambil perlahan jinjitkan kaki, tahan 2-3 detik, ulangi beberapa kali.

  • Latihan berjinjit. Gerakan ini mudah dan bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain, seperti nonton televisi. Caranya, berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu, lalu jinjitkan kedua kaki dengan bertumpu pada seluruh jari kaki, tahan sekitar 1-2 detik dan ulangi hingga 20 kali.

  • Lompat tali. Untuk melakukan latihan ini, dibutuhkan alat berupa tali skipping dan area yang agak luas. Kamu bisa lakukan latihan ini di teras atau halaman rumah pada pagi atau sore hari. Cara melakukannya adalah, berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, rentangkan kedua tali dengan tetap menjaga siku di dekat tubuh, lalu mulailah melakukan lompatan.

Lakukan selama sekitar 10-20 menit setiap harinya. Gerakan lompat tali ini tidak hanya efektif untuk mengecilkan betis. Namun, latihan ini juga membantu membakar lemak-lemak dalam tubuh, seperti lemak perut dan paha.

5. Ubah Cara Berjalan

Kebiasaan jalan yang keliru bisa membuat betis seseorang menjadi besar. Cara jalan yang baik adalah bertumpu sempurna pada bagian tumit. Caranya pastikan tumit kaki menapak pada tanah sebelum melangkah. Kebiasaan jalan terburu-buru juga membuat betis membesar, karena tumit tidak sepenuhnya menjadi tumpuan.

Ada hal lain yang mesti diperhatikan. Hindarilah latihan yang membuat bentuk kaki membesar. Contohnya naik turun tangga sambil berlari, lari cepat, berjinjit, atau menggunakan sepatu hak tinggi terus-menerus.

Nah, jadi tidak bingung lagi tentang cara mengecilkan betis, kan? Asal latihan dilakukan rutin dan menjaga pola makan, maka bentuk betis ideal bisa didapatkan.

Referensi:

Healthline. Diakses pada Desember 2019. How to Get Rid of Cankles: 5 Effective Calf Exercises
Livestrong. Diakses pada Desember 2019. How to Decrease Calf Size With Exercise and Which Exercises to Avoid
WebMD. Diakses pada Desember 2019. Calf-Strengthening Exercises