• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengobati Kutil

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengobati Kutil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengobati Kutil

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal istilah kutil? Kutil merupakan kondisi yang terjadi saat kulit mengalami pertumbuhan abnormal akibat infeksi virus human papillomavirus (HPV). Meski bentuknya tampak aneh, tetapi kutil bukanlah sesuatu hal yang dapat membahayakan pengidapnya. Kulit bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu yang lama, bahkan sampai bertahun-tahun.

Pertumbuhan kulit abnormal ini juga dapat diatasi dengan langkah sederhana di rumah. Kamu juga bisa menghilangkannya dengan langkah medis, seperti pembedahan, pengelupasan kimiawi, pembekuan, serta pembedahan laser. Namun, sebelum melakukan langkah penanganan medis, kamu bisa melakukan sejumlah langkah sederhana berikut ini.

Baca juga: Bisakah Kutil Hilang dengan Sendirinya?

1.Gunakan Lakban dan Kain Kasar

Metode ini terbilang lebih efektif dibandingkan dengan metode lainnya. Begini langkah menggunakannya:

  • Tutup kutil dengan lakban selama 24 jam. Jika terlepas karena berkeringat, segera ganti lakban dengan yang baru.
  • Terus lakukan langkah pertama selama 2–3 minggu. Langkah tersebut akan membuat ukuran kutil menjadi lebih kecil. 
  • Setelah kutil mengecil dan bertekstur lembut, kamu boleh menggosoknya dengan kain kasar. Lakukan secara lembut untuk menghilangkan lapisan luarnya.
  • Kamu bisa melakukan langkah ketiga sebanyak satu kali dalam seminggu.

Cara pertama mungkin tidak akan ampuh pada sebagian orang, tetapi dinilai cukup aman dilakukan. Meski terbilang aman, cara ini tidak cocok dilakukan pada area berkulit tipis, seperti wajah.

2.Gunakan Cuka Sari Apel

Langkah mengatasi kutil selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan asam salisilat yang diklaim dapat menghilangkan kulit yang terinfeksi. Selain itu, cuka memiliki sifat anti mikroba alami yang dapat melawan virus HPV penyebab kutil. Untuk menggunakannya, kamu disarankan untuk mencampurnya dengan air, karena terlalu asam bagi kulit. Berikut ini langkah pemakaian untuk mengatasi kutil:

  • Larutkan cuka sari apel dengan air, perbandingannya adalah 2 banding 1.
  • Rendam kapas di dalam larutan.
  • Letakkan kapas di area kutil, kemudian tutup dengan perban.
  • Diamkan selama 3–4 jam, atau semalaman.

Cuka sari apel adalah bahan alami yang bersifat asam. Kamu bisa saja mengalami rasa perih atau tidak nyaman saat larutan dioleskan pada kulit. Ingat, larutan yang satu ini tidak boleh di aplikasikan pada wajah, ya!

Baca juga: Benarkah Kutil Bisa Hilang dengan Sendirinya?

3.Gunakan Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi kutil. Bukan itu saja, bawang putih juga mampu mengatasi psoriasis serta bekas luka keloid. Menggunakan ekstrak bawang putih efektif mengatasi kutil dalam empat minggu. Hal tersebut terjadi karena kandungan allicin dalam bawang putih yang bersifat antimikroba mampu menghancurkan enzim dalam patogen berbahaya. Berikut ini langkah mengatasi kutil dengan menggunakan bawang putih:

  • Tumbuk kasar bawang putih dan campurkan dengan air.
  • Oleskan campuran tersebut pada kutil, kemudian tutup dengan perban.
  • Ulangi langkah pertama dan kedua selama 3–4 minggu.

Selain mencampurkannya dengan air, kamu bisa mencampurkan tumbukan kasar bawang putih dengan cengkeh. Kemudian, oleskan ke area kutil dan tutup dengan perban.

4.Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial dari pohon teh memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mempercepat proses pengelupas kulit. Jika digunakan secara rutin, ukuran kutil bisa bertambah kecil dalam waktu 12 hari. 

5.Gunakan Bahan Alami Lain

Mengatasi kutil dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami lain yang mudah ditemukan di rumah. Beberapa di antaranya adalah kulit pisang, kulit jeruk, nanas, serta kentang. Caranya dengan menempelkan bahan alami tersebut pada kutil dan lakukan secara rutin.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Kutil pada Leher

Jika sejumlah langkah tersebut tidak mampu mengatasi kutil, maka silahkan diskusikan masalah ini dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!



Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 3 At Home Wart Remedies (That Actually Work!).
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Treatments for Warts.
Healthline. Diakses pada 2020. 16 Natural Home Remedies for Warts.