• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Fakta Terbaru Vaksin Booster COVID-19

5 Fakta Terbaru Vaksin Booster COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Fakta Terbaru Vaksin Booster COVID-19

“Setelah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua, kini pemerintah telah menyiapkan untuk vaksin booster COVID-19 bagi masyarakat umum. Mulai dari waktu pemberian, jenis kriteria vaksin, dan rencana vaksin booster berbayar masih terus dikaji oleh pemerintah.”

Halodoc, Jakarta – Sebelumnya pemerintah Indonesia telah menjalani program vaksin booster COVID-19 atau vaksin ketiga bagi tenaga kesehatan. Kini, pemerintah ingin memperluas jangkauan vaksin booster COVID-19 bagi masyarakat di luar tenaga kesehatan.

Lalu, kapan vaksin booster COVID-19 bisa diterima oleh masyarakat luas? Tidak ada salahnya simak lebih banyak ulasan mengenai fakta-fakta terbaru vaksin booster COVID-19 dalam artikel ini!

Fakta Vaksin Booster COVID-19

Vaksin booster adalah dosis tambahan vaksin yang diberikan untuk mengoptimalkan manfaat vaksin yang telah diberikan sebelumnya. Biasanya, vaksin booster diberikan setelah kekebalan dari vaksin sebelumnya mulai berkurang secara alami. 

Dengan menerima vaksin booster, kekebalan tubuh akan meningkat lebih optimal. Berikut ini beberapa fakta terbaru vaksin booster COVID-19 di Indonesia, yaitu:

  1. Rencana Pelaksanaan Vaksin Booster 

Melansir dari Kompas, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pemerintah akan melakukan perluasan proses vaksin booster COVID-19 atau vaksin ketiga untuk masyarakat di luar tenaga kesehatan. Namun, waktu untuk pemberian vaksin booster COVID-19 bagi masyarakat umum masih terus dikaji. 

Hal tersebut juga dikatakan oleh Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, bahwa kebijakan vaksin booster bagi masyarakat umum masih terus diatur oleh pemerintah. Vaksin booster COVID-19 bagi masyarakat umum direncanakan paling cepat dilakukan di awal tahun 2022.

  1. Vaksin Booster bagi Lansia dan Peserta JKN-KIS

Vaksin booster COVID-19 atau vaksin ketiga direncanakan bisa dijalankan pada awal tahun 2022. Penerima vaksin booster COVID-19 yang tergolong  lansia dan para peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) golongan penerima bantuan iuran (PBI) akan disediakan oleh pemerintah.

  1. Rencana Vaksin Booster Berbayar

Sedangkan, bagi masyarakat umum, vaksin booster COVID-19 atau vaksin ketiga direncanakan berbayar. Kepala Bagian Operasional Pelayanan PT. Bio Farma, dr. Edwin Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya belum memastikan harga untuk vaksin booster COVID-19. 

Sebagai referensi, dr. Edwin mengatakan harganya tidak akan jauh berbeda dengan harga vaksin gotong royong yang dibanderol seharga Rp 188.000. Namun untuk kepastiannya, PT. Bio Farma masih terus mengkaji dan menunggu regulasi pemerintah terkait biaya untuk vaksin booster COVID-19.

  1. Kriteria Jenis Vaksin Booster COVID-19

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Sri Rezeki Hadinegoro, booster bisa dilakukan dengan vaksin yang sama (homologous) dan dengan vaksin yang berbeda (heterologous). 

Ada tiga kriteria yang ditetapkan ITAGI untuk vaksin booster COVID-19. Pertama, vaksin COVID-19 dapat memblokir protein spike pada COVID-19 yang bisa masuk melalui pernapasan. Kedua, vaksin memiliki efikasi yang lebih tinggi. Ketiga, efikasi vaksin terhadap varian baru virus corona.

  1. Efek Samping Vaksin Booster COVID-19

Vaksin booster COVID-19 dapat menyebabkan efek samping ringan yang serupa dengan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua. Beberapa kondisi meliputi, demam ringan, nyeri dan bengkak pada area lokasi suntikan, sakit kepala, hingga kelelahan.

Jangan khawatir, kondisi tersebut menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang merespon dan membangun perlindungan tubuh dari COVID-19. Biasanya, gejala akan mereda dalam waktu 1 – 2 hari. 

Itulah beberapa fakta terbaru vaksin booster COVID-19 bagi masyarakat umum di Indonesia. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mencari tahu apa saja syarat kesehatan yang wajib kamu penuhi sebelum melakukan vaksin COVID-19 maupun vaksin booster COVID-19. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Kompas.com. Diakses pada 2021. Rencana Vaksin Booster untuk Masyarakat Umum, Kapan Diluncurkan?
Kompas. com. Diakses pada 2021. Kriteria Vaksin Booster untuk Masyarakat Umum Menurut ITAGI.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Booster Shots, Third Doses and Additional Doses for COVID-19 Vaccines: What You Need to Know.