• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gaya Hidup Sehat untuk Terhindar dari Diabetes Tipe 1
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gaya Hidup Sehat untuk Terhindar dari Diabetes Tipe 1

5 Gaya Hidup Sehat untuk Terhindar dari Diabetes Tipe 1

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Januari 2022

“Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang berkembang akibat adanya gen tertentu yang diwariskan dari orangtua atau paparan virus dari lingkungan. Sampai saat ini, belum ada cara untuk mencegah penyakit kronis tersebut. Namun, gaya hidup sehat bisa membantu pengidap diabetes tipe 1 untuk mengontrol penyakitnya.”

5 Gaya Hidup Sehat untuk Terhindar dari Diabetes Tipe 1

Halodoc, Jakarta – Diabetes tipe 1 adalah kondisi kronis ketika pankreas tidak menghasilkan insulin atau menghasilkan insulin dalam jumlah yang sangat sedikit. Insulin adalah hormon yang membantu gula darah memasuki sel-sel dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Tanpa insulin, gula darah tidak bisa masuk ke sel dan akan menumpuk di aliran darah.

Diabetes tipe 1 pernah disebut sebagai diabetes remaja, karena biasanya berkembang selama masa kanak-kanak atau remaja. Meski begitu, jenis diabetes ini bisa berkembang pada usia berapa pun. Lantas, adakah gaya hidup sehat yang bisa dilakukan agar terhindar dari diabetes tipe 1? Simak ulasan selengkapnya di sini.

Diabetes Tipe 1 Tidak Bisa Dicegah

Diabetes tipe ini diduga disebabkan oleh reaksi autoimun. Artinya, sistem kekebalan tubuh sendiri yang biasanya melawan bakteri dan virus berbahaya, secara keliru menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas yang disebut sel beta. 

Beberapa orang memiliki gen tertentu (sifat yang diturunkan dari orangtua) yang membuat mereka lebih berisiko mengembangkan diabetes tipe 1. Namun, ada banyak orang juga yang tidak mengidap diabetes tipe 1 meskipun mereka memiliki gen tersebut. Terpapar faktor di lingkungan, seperti virus juga diduga berperan dalam berkembangnya jenis diabetes ini. Namun, pola makan dan kebiasaan gaya hidup tidak menyebabkan diabetes tipe 1. Itulah mengapa kondisi kesehatan ini sulit untuk dicegah.

Sampai saat ini, belum ada cara yang diketahui bisa mencegah diabetes tipe 1. Meski begitu, menerapkan gaya hidup sehat bisa menjadi salah satu cara bagi pengidap untuk mengelola penyakitnya tersebut.

Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Diabetes

Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang baik untuk pengidap diabetes tipe 1:

  1. Mengatur Pola Makan Sehat

Bila kamu mengidap diabetes tipe 1, kamu bisa berbicara dengan ahli gizi untuk membantumu menjaga kadar gula darah tetap normal melalui makan sehat. Pola makan yang akan dianjurkan, antara lain:

  • Makan makanan bergizi seimbang 3 kali sehari pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan melewatkan makan.
  • Perhatikan porsi makan agar tidak berlebihan.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung gula.
  • Konsumsi makanan yang rendah sodium dan lemak.
  • Kurangi makanan yang tinggi lemak, seperti gorengan.
  1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah bagian penting dalam mengelola diabetes tipe 1. Kebiasaan sehat ini juga bisa meningkatkan mood kamu dan mengurangi tingkat stres kamu. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, antara lain jogging, mengajak anjing peliharaan kamu berjalan-jalan, atau menari.

Secara umum, kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga tingkat sedang minimal 150 menit setiap minggu. Pastikan kamu memeriksa gula darah sebelum dan sesudah berolahraga. Kamu juga perlu membawa sumber glukosa.

  1. Berhenti Merokok

Merokok bisa mempersulit pengelolaan diabetes. Jadi, kamu yang mengidap diabetes 1 perlu berhenti merokok.

  1. Minum Obat Secara Rutin

Bila kamu mengidap diabetes tipe 1, kamu harus mengambil suntikan insulin atau pompa insulin setiap hari untuk mengelola kadar gula darah kamu dan mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh. Pastikan kamu mengambil insulin dan obat-obatan lainnya sesuai dengan petunjuk dokter.

  1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting bagi pengidap diabetes tipe 1, karena kurang tidur bisa mempersulit kontrol gula darah kamu. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7–9 jam tidur setiap malam.

Selain gaya hidup sehat di atas, kamu juga perlu memeriksakan diri ke dokter secara berkala untuk memastikan kamu berada di jalur yang benar sesuai rencana perawatan kamu dan untuk mendapatkan strategi perawatan baru bila diperlukan. Nah, untuk buat janji temu dengan dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. What Is Type 1 Diabetes?
Winchester Hospital. Diakses pada 2022. Lifestyle Changes to Manage Type 1 Diabetes.Healthline. Diakses pada 2022. A Day-to-Day Guide for Managing Type 1 Diabetes.