• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gejala Trisomi 13 Pada Masa Kehamilan

5 Gejala Trisomi 13 Pada Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta — Penyakit trisomi 13 termasuk salah satu gangguan trisomi paling parah yang mungkin terjadi pada bayi. Penyakit ini disebabkan oleh salinan ganda kromosom 13 pada tubuh. Meski sebagian kecil ibu yang mengandung janin dengan sindrom Patau bisa lahir, sebagian besar akan mengalami keguguran. Gejala penyakit trisomi 13 pada bayi bisa dikenali sejak masa kehamilan. Kenali 5 gejala trisomi 13 pada masa kehamilan berikut ini.

  1. Pertumbuhan Janin Terhambat

Pada masa kehamilan, pertumbuhan janin terhambat. Janin akan tumbuh namun ukurannya tidak seperti janin pada umumnya.

  1. Pertumbuhan Janin yang Buruk

Selain memiliki ukuran yang lebih kecil, dokter juga akan menemukan kecacatan dan ketidaksempurnaan pada perkembangan organ janin. Gejala ini bisa terlihat pada masa trimester kedua kehamilan.

  1. Bentuk Wajah Bayi Tidak Sempurna

Memasuki minggu ke-20, semua perkembangan janin sudah bisa terlihat. Dengan menggunakan alat USG, dokter bisa menemukan kelainan pada wajah, seperti bentuk dahi dan kepala yang tidak normal serta struktur wajah yang tidak sempurna.

  1. Gangguan Jantung

Penggunaan alat pendeteksi jantung pada masa kehamilan bisa membantu dokter untuk mengetahui apakah bayi terkena trisomi 13. Bayi dengan trisomi 13 memiliki detak jantung tidak normal akibat cacat jantung, seperti celah jantung yang bocor, kelainan otot jantung, dan kelainan fungsi jantung lainnya. 

  1. Bayi Mengalami Hernia Diafragmatika

Bayi dengan trisomi 13 akan mengalami gangguan hernia diagfragmatika atau adanya lubang pada diafragma. Gangguan ini bisa menyebabkan masalah bagi tata letak organ yang normal di mana organ perut bisa masuk ke area rongga dada.\

(Baca juga: Mengenal Penyebab dan Ciri Trisomi 13 yang Berbahaya Bagi Bayi)

Untuk tahu lebih banyak tentang penyakit trisomi dan upaya mengurangi risiko penyebabnya, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini kamu bisa bertanya kepada dokter ahli melalui layanan Contact Doctor dan mengobrol via Voice/Video Call atau Chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!