• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Otot Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Otot Tubuh

5 Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Otot Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Juli 2022

“Untuk mendapatkan otot yang kuat, olahraga untuk memperkuat otot harus dilakukan setidaknya dua kali per minggu. Contoh olahraga untuk memperkuat otot tubuh yaitu berupa angkat besi hingga latihan beban tubuh.”

5 Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Otot Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kekuatan otot berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk memindahkan dan mengangkat benda. Hal ini dapat diukur dengan seberapa banyak kekuatan yang dapat kamu berikan, dan seberapa banyak beban yang dapat kamu angkat untuk waktu singkat.

Contoh olahraga untuk memperkuat otot tubuh yaitu berupa angkat besi hingga latihan beban tubuh. Latihan beban tubuh tidak memerlukan alat, melainkan hanya menggunakan beban dari berat badan tubuh. Namun, olahraga ini sama baiknya dengan latihan beban, yaitu memperkuat otot tubuh. Lantas, seperti apa gerakannya?

Olahraga untuk Memperkuat Otot Tubuh

Untuk memperkuat otot tubuh, diperlukan gerakan yang melatih otot lebih keras dari biasanya. Untuk mendapatkan otot yang kuat, olahraga untuk memperkuat otot harus dilakukan setidaknya dua kali per minggu. Selanjutnya kamu bisa meningkatkan jumlah olahraga atau sesi seiring bertambahnya kekuatan.

Berikut ini gerakan olahraga untuk memperkuat otot yang perlu dilakukan:

  1. Squat

Squat adalah olahraga kekuatan yang secara dinamis membutuhkan beberapa otot di tubuh bagian atas dan bawah untuk bekerja secara bersamaan. Melakukan gerakan squat dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga, mengurangi risiko cedera, dan membuat tubuh lebih mudah bergerak sepanjang hari. Olahraga ini juga dapat membakar kalori dan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah.

  1. Plank

Gerakan plank bermanfaat untuk membantu memperbaiki postur tubuh. Terlebih jika kamu memiliki keluhan sakit punggung akibat duduk terlalu lama di tempat kerja. Posisi plank juga dapat mempermudah tubuh untuk menjaga bahu dan punggung bawah dalam posisi netral saat duduk atau berdiri. Hal tersebut merupakan komponen dari postur yang baik. 

  1. Lompat

Olahraga yang didasarkan pada lompatan adalah cara yang bagus untuk membentuk tubuh tetap bugar, aktif, dan dalam kondisi yang baik. Melompat dianggap sebagai jenis olahraga anaerobik, karena melibatkan ledakan energi yang cepat di mana tubuh tidak bergantung pada sirkulasi oksigen saja. 

Olahraga lompat ini memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh yaitu:

  • Membangun kekuatan dan meningkatkan tonus otot.
  • Membakar kalori.
  • Meningkatkan kepadatan tulang.
  • Meningkatkan metabolisme.
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi otot.
  • Mengelola stres.
  1. Burpees

Olahraga yang menantang satu ini melatih banyak kelompok otot utama di tubuh. Burpees pada dasarnya merupakan olahraga dua bagian, yaitu push-up diikuti dengan lompatan di udara. Meskipun olahraga ini melelahkan, tapi cukup sepadan dengan hasilnya. Terutama jika kamu memiliki tujuan untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh, sambil membakar kalori, dan meningkatkan kebugaran. 

  1. Push-up

Push-up bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas. Gerakan olahraga ini melatih trisep, otot dada, dan bahu. Ketika dilakukan dengan cara yang tepat, olahraga ini juga dapat memperkuat punggung bawah dan otot inti dengan menarik otot perut.

Olahraga ini cukup cepat dan efektif untuk membangun kekuatan tubuh. Terlebih dengan keunggulan dapat dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan peralatan apa pun. Untuk mendapatkan hasil terbaik, teruslah menambahkan variasi pada jenis push-up yang kamu lakukan, dan  menambahkan jumlah push-up setiap minggu.

Olahraga di atas mengharuskan seseorang menggunakan berat badannya sendiri untuk melatih kekuatan. Gerakan olahraga untuk memperkuat otot di atas mungkin lebih unggul dan lebih praktis dibanding jenis olahraga lainnya. Karena tanpa memerlukan alat dan dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar olahraga dan kesehatan lainnya, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Calisthenics Exercises for Beginners
Insider. Diakses pada 2022. How to do calisthenics, a convenient and effective bodyweight workout
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Benefits of Doing Squats and Variations to Try
Medicine Net. Diakses pada 2022. What Are the Benefits of Jumping?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Muscular Strength, and What Are Some Exercises You Can Do?