5 Gerakan Pemanasan Olahraga untuk Si Kecil

Gerakan pemanasan olahraga

Halodoc, Jakarta - Manfaat olahraga sudah banyak diketahui, termasuk dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga berperan dalam memperkuat tulang dan otot, serta meminimalkan risiko obesitas atau berat badan berlebih (overweight). Dengan aktif bergerak, Si Kecil juga akan lebih mudah dalam menangkap pelajaran di sekolah.

Gerakan Pemanasan Olahraga untuk Si Kecil

Pemanasan adalah hal penting yang dilakukan sebelum berolahraga. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa tubuh siap untuk berolahraga, serta mencegah cedera yang rentan terjadi saat berolahraga. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Lantas, apa saja gerakan pemanasan olahraga yang cocok dilakukan Si Kecil? Simak jawabannya berikut ini, yuk!

1. Shoulder Stretch

Gerakan pertama yang paling mudah dilakukan oleh Si Kecil adalah shoulder stretch. Cara melakukannya cukup dengan mengangkat lengan kiri ke depan dan sejajarkan dengan dada Si Kecil. Setelah itu, tekuk tangan kanan untuk menahan lengan kiri hingga bahu terangkat. Untuk setiap gerakan, tahanlah selama 30 detik (begitupun sebaliknya). Ulangi gerakan ini selama berkali-kali hinggga otot terasa meregang.

2. Child’s Pose

Gerakan ini memang terlihat seperti anak-anak. Padahal, aktivitas ini sebenarnya merupakan gerakan yoga yang bertujuan untuk mengambil napas. Cara melakukannya, duduklah dengan posisi berlutut serta posisi bokong yang berada di atas telapak kaki. Bungkukkan badan Si Kecil secara perlahan dengan posisi tangan berada di atas kepala dan biarkan keningnya menyentuh lantai. Tahan gerakan child’s pose ini selama 20-30 detik dan ulangi beberapa kali.

3. Side Stretch

Gerakan ini dilakukan dengan memosisikan tubuh Si Kecil secara tegap dengan kaki yang dibuka selebar bahu. Letakkan tangan kanannya di pinggul bagian kanan, lalu arahkan tangan kirinya ke atas. Setelah itu, condongkan badan ke kanan seolah hendak menyentuh bahu kanannya dengan menggunakan tangan kiri. Tahan selama 10 detik lalu kembali ke posisi semua, dan lakukan gerakan yang sama ke arah yang berlawanan.

4. Hamstring Stretch

Gerakan lain yang bisa dicoba adalah hamstring stretch. Pertama, minta Si Kecil untuk duduk di atas matras dengan punggung tegak serta kaki kiri yang lurus ke depan. Pastikan jari-jari kakinya mengarah ke atas. Selanjutnya, tekuk kaki kanan dan letakkan telapak kaki kanan di sepanjang lutut atau paha bagian dalam kaki kiri. Terakhir, cobalah untuk meraih jari-jari kaki kiri dan atur napas serileks mungkin. Tahan gerakan ini selama 10 detik, kemudian lepaskan dan ulang dengan menggunakan kaki yang lain.

5. Straddle Stretch

Masih dengan posisi duduk di matras, ubah posisi duduk Si Kecil dengan kedua kaki yang terbuka lebar. Letakkan lengan dan telapak tangan di atas lantai lalu bungkukkan badannya secara perlahan ke depan hingga dadanya mendekati lantai. Pastikan posisi punggung tetap lurus, hembuskan napas, tahan posisi selama 10 detik. Ulangi gerakan straddle stretch dari awal sambil menarik napas.

Jika ingin mencoba gerakan pemanasan olahraga lain untuk Si Kecil, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter anak di Halodoc untuk menghindari cedera. Gunakan aplikasi Halodoc untuk berinteraksi dengan dokter. Kamu bisa menggunakan pilihan komunikasi chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter ahli yang ada di Halodoc lewat layanan Contact Doctor. Segera download aplikasi   Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: