• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan oleh Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan oleh Pemula

5 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan oleh Pemula

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Desember 2021
5 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan oleh Pemula

“Yoga adalah olahraga yang terbilang cukup ringan, tetapi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Olahraga satu ini juga cocok untuk dilakukan oleh siapa saja. Bagi kamu yang ingin mencoba olahraga satu ini, ada beberapa gerakan yoga yang cocok untuk dilakukan oleh pemula. Salah satunya adalah child pose.”

Halodoc, Jakarta – Rutin melakukan olahraga menjadi hal yang cukup penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga yang tergolong ringan tetapi dapat memberikan manfaat yang cukup banyak, salah satunya dengan olahraga yoga. Kegiatan ini merupakan olahraga olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas, hingga pernapasan.

Tidak hanya untuk sarana relaksasi, olahraga yoga pun dapat bermanfaat untuk mengurangi penyakit kronis. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pada anak-anak. Jangan ragu untuk mencoba dan memulai rutin melakukan yoga, karena banyak gerakan-gerakan yoga yang bisa dilakukan oleh pemula. Yuk, simak ulasannya, di sini.

Gerakan Yoga bagi Pemula

Olahraga yoga merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, berlatih yoga membuat kesehatan kamu akan semakin optimal. Namun, bagi para pemula, sebaiknya hindari gerakan-gerakan yang terlalu sulit karena dapat tingkatkan risiko cedera, apalagi jika kamu berlatih yoga tanpa dampingan seorang instruktur.

Untuk itu, sebaiknya ketahui beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan oleh pemula agar kamu dapat merasakan manfaat dari olahraga yoga.

1. Child Pose

Pose ini dianggap menjadi pose yang paling menenangkan. Kamu bisa menggunakan child pose untuk beristirahat setelah melakukan gerakan lain dari olahraga yoga. Pada saat melakukan child pose, kamu bisa mengembalikan fokus dan kembali mengatur pernapasan dengan baik. 

2. Downward-Facing Dog

Untuk melakukan gerakan ini, pertama letakkan kaki di atas matras dengan kuat. Kemudian, mulailah dengan gerakan seperti merangkak. Letakkan tangan dengan kuat di atas matras sebagai tempat bertumpu bahu dan kaki untuk menahan area pinggul. Tarik tubuh ke atas secara perlahan dan buatlah kaki dan punggung menjadi lurus. Pastikan kepala berada di antara tangan. Lakukan gerakan ini selama 5–10 tarikan napas.

3. Upward-Facing Dog

Mulailah dengan pose plank, yaitu meletakkan telapak tangan pada matras dengan tangan terbuka sejajar dengan bahu. Rentangkan kaki dan hadapkan tubuh menghadap matras. Kemudian, angkat tangan secara perlahan hingga bagian dada naik ke atas. Setelah tangan lurus, angkat kepala hingga ke arah depan.

4. Mountain Pose

Berdiri dengan kuat diatas matras dan tempatkan berat badan secara seimbang pada kedua kaki. Buatlah bahu menjadi lebih rileks dengan menggerakan bahu ke belakang dan bawah. Tarik napas dengan menaikkan tangan ke atas kemudian turunkan secara perlahan. 

5. Seated Forward Fold

Untuk melakukan gerakan ini, duduklah dengan rileks pada matras. Lebarkan kaki dan punggung yang tegak. Lakukan gerakan membungkuk secara perlahan, jika bisa, lakukan gerakan membungkuk hingga tangan kamu menyentuh kaki bagian luar atau tulang kering. Sebaiknya jangan paksakan dan lakukan sesuai dengan kemampuan tubuh. Lakukan gerakan ini hingga 5–10 tarikan napas.

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

Bukan hanya membantumu menurunkan kondisi stres, rutin melakukan yoga juga dapat memberikan berbagai manfaat pada kesehatan, lho. Melakukan olahraga yoga dapat mengatasi gangguan kecemasan yang kamu alami. Hal ini disebabkan rutin melakukan yoga dapat membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih tenang.

Tidak hanya meningkatkan kesehatan mental, olahraga yoga dapat menurunkan risiko peradangan pada tubuh. Tahukah kamu bahwa peradangan yang tidak diatasi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan jantung, diabetes, hingga kanker? Jadi, jangan ragu untuk memulai olahraga yoga.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rutin menjalankan olahraga yoga. Jangan lupa lakukan yoga dengan baik dan pilihlah instruktur yang tepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera saat melakukan yoga. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk penanganan pertama pada kondisi cedera saat melakukan yoga. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
The New York Times. Diakses pada 2021. Yoga for Everyone.
Self. Diakses pada 2021. 12 Must Know Yoga Poses for Beginners.
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science.