• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Gigi Kuning

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Gigi Kuning

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Memiliki senyum menawan dengan gigi putih, bersih, dan rapi adalah idaman bagi semua orang. Sebab, hal ini bisa menunjang penampilan. Sayangnya, beberapa orang memiliki kebiasaan yang kurang baik sehingga gigi mengalami perubahan warna atau akrab disebut gigi kuning.

Terjadinya perubahan pada warna gigi memiliki beberapa faktor, beberapa penyebabnya yang paling utama adalah kemalasan menyikat gigi secara rutin. Pasalnya, sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa meninggalkan noda pada gigi. Selain itu, kebiasaan merokok dan mengonsumsi kopi pun bisa jadi penyebab lainnya yang perlu diwaspadai.

Nah, untuk mengatasi gigi kuning, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Sikat Gigi Secara Rutin

Tidak dapat disangkal bahwa dengan menjaga kebersihan, termasuk gigi dan mulut, bisa memberikan pengaruh yang baik. Kebiasaan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara rutin, misalnya pada pagi dan malam hari sebelum tidur bisa mencegah gigi dari perubahan warna menjadi kuning.

Bahkan, beberapa orang akan menyikat giginya sehabis makan siang untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang menempel. Selain mencegah gigi kuning, kebiasaan ini juga bisa mencegah gigi berlubang.

  1. Ubah Gaya Hidup

Meskipun terkesan sulit, mengubah gaya hidup untuk menghilangkan gigi kuning dapat dilakukan secara perlahan. Sebagai contoh, berhenti merokok. Tembakau yang terkandung dalam rokok bisa menjadi penyebab menguningnya gigi karena sulit untuk dibersihkan.

Mengurangi konsumsi teh, kopi, soda, atau wine merupakan perubahan terhadap gaya hidup yang bisa mencegah gigi kuning. Namun, jika harus tetap mengonsumsi, ada baiknya jika kamu menggunakan sedotan agar minuman tersebut tidak langsung mengenai gigi.

  1. Gunakan Baking Soda

Baking soda bisa kamu manfaatkan untuk menggantikan pasta gigimu dan mampu mengurangi risiko terjadinya gigi kuning. Caranya adalah mencampurkan dua sendok air dengan satu sendok teh baking soda, kemudian aduk hingga membentuk pasta.

Jika menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis. Ulangi cara ini hingga warna kuning di gigimu hilang.

  1. Terapkan Pola Makan Sehat

Memperbanyak konsumsi makanan segar, khususnya buah dan sayuran bisa juga dijadikan pilihan. Contohnya timun, wortel, seledri, serta kacang-kacangan bermanfaat untuk menjaga gigi. Selain itu, hindari juga makanan manis yang lengket seperti permen karet.  Perbanyak juga asupan makanan tinggi asam sitrat, misalnya jeruk atau lemon yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan enamel gigi.

  1. Kurangi Penggunaan Obat

Antibiotik tetrasiklin, antihistamina, obat tekanan darah tinggi, serta obat antipsikotik merupakan beragam macam obat yang bisa meninggalkan noda di gigi. Selain itu, penggunaan obat kumur antibakteri dengan kandungan chlorhexidine atau cetylpyridinium chloride juga bisa memberikan dampak pada warna gigi.

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk menangani gigi kuning adalah dengan konsultasi langsung dengan dokter ahli di Halodoc. Ada pilihan komunikasi berupa chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Jika ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu tidak lebih dari satu jam.

Selain itu, sekarang Halodoc juga telah melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Halodoc sendiri telah bekerjasama dengan Laboratorium Klinik terpercaya yaitu Prodia. Nah, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Sakit Gigi