• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Bisa Sebabkan Munculnya Keriput

5 Hal yang Bisa Sebabkan Munculnya Keriput

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Kerutan merupakan peristiwa alami yang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Kerutan akan terlihat pada kulit yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan, dan lengan bawah. Meskipun faktor genetik juga menentukan struktur dan tekstur kulit, namun paparan sinar matahari adalah penyebab utama keriput.

Selain paparan sinar matahari, polutan dan kebiasaan merokok juga berkontribusi terhadap munculnya kerutan. Jika kamu merasa terganggu dengan kemunculan kerutan, ada beberapa perawatan yang bisa membantu untuk menyamarkannya. Obat-obatan, teknik perawatan kulit, hingga pembedahan adalah menjadi beberapa pilihan untuk perawatan kulit keriput. 

Baca juga: Ketahui Kegunaan Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriput

Kerutan mempengaruhi orang dengan warna kulit berbeda secara berbeda pula, karena adanya perbedaan struktural dan fungsional pada kulit. Penelitian menunjukkan bahwa dermis lebih tebal pada orang berkulit gelap dan Asia, yang kemungkinan akan melindungi dari kerutan wajah. 

Keriput di wajah dapat terlihat dalam dan mungkin terlihat jelas di sekitar mata, mulut, dan leher. Kerutan juga disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Penurunan produksi minyak alami mengeringkan kulit dan membuatnya tampak lebih keriput.

  • Kurangnya Asupan Nutrisi

Apa yang kamu makan akan berpengaruh pada kulit. Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, instan, dan nilai gizinya kurang, maka bisa berdampak buruk pada kulit. Selain itu, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi yang bisa berakibat pada munculnya keriput.

  • Paparan sinar ultraviolet (UV)

Radiasi ultraviolet, yang mempercepat proses penuaan alami, merupakan penyebab utama kerutan dini. Paparan sinar UV memecah jaringan ikat kulit (serat kolagen dan elastin) yang terletak di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis). Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitas. Kemudian, hal ini mengakibatkan kulit mulai mengendur dan berkerut sebelum waktunya. 

  • Merokok

Dilansir dari Mayo Clinic, kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan normal pada kulit dan berkontribusi pada munculnya keriput. Nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit. Sehingga, aliran darah ke kulit menjadi lebih sedikit dan kulit tidak mendapatkan oksigen serta nutrisi penting lainnya. Hal ini yang menyebabkan munculnya keriput.

  • Ekspresi Wajah Berulang

Gerakan dan ekspresi wajah, seperti menyipit atau tersenyum, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Setiap kali kamu menggunakan otot wajah, lipatan atau kerutan terbentuk di bawah permukaan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelenturan dan tidak lagi bisa bangkit kembali. 

Baca juga: Ketahui Kegunaan Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Mencegah Keriput Muncul Terlalu Dini

Berikut beberapa tips untuk melindungi kulit dan meminimalkan munculnya keriput:

  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari. Batasi waktu paparan sinar matahari ke kulit, terutama saat siang hari. Selalu kenakan pakaian pelindung, seperti topi, kemeja lengan panjang, dan kacamata hitam. Gunakan pula tabir surya atau sunscreen sepanjang hari saat di luar ruangan. 
  • American Academy of Dermatology merekomendasikan sunscreen dengan sun protection factor (SPF) paling sedikit 30, perlindungan broad-spectrum, dan tahan air. Oleskan sunscreen pada setiap kulit yang terpapar dan aplikasikan kembali setiap dua jam atau lebih sering jika berenang atau berkeringat. 
  • Selalu jaga kulit tetap lembap. Kulit kering dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan dini. Penggunaan pelembap setiap hari akan membantu wajah lebih terhidrasi dan menutupi garis-garis kecil.
  • Berhenti merokok. Bahkan jika kamu sudah merokok selama bertahun-tahun, kamu masih bisa memperbaiki warna dan tekstur kulit dan mencegah keriput dengan berhenti merokok. 
  • Konsumsi makanan yang sehat. Vitamin tertentu dalam makanan dapat membantu melindungi kulit. Ada baiknya kamu mengonsumsi banyak buah dan sayuran. 

Baca juga: Pengidap Psoriasis Dilarang Mandi Air Panas, Ini Faktanya

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai penyebab munculnya keriput. Jika kamu memiliki masalah keriput atau masalah kulit lainnya, segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penangannya. Tanya jawab seputar kesehatan dengan dokter kini lebih mudah karena bisa via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Wrinkles
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about wrinkles
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Sunscreen