• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjalani Exercise Stress Test

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjalani Exercise Stress Test

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjalani Exercise Stress Test

Pemberian beban pada jantung dilakukan secara bertahap mulai dari aktivitas ringan seperti berjalan diatas treadmill, hingga berlari dengan kecepatan tertentu sesuai batas kemampuan pasien.”

Halodoc, Jakarta – Exercise stress test, atau yang bisa juga disebut dengan pemeriksaan treadmill merupakan tes yang bertujuan untuk menilai kemampuan kerja jantung. Pemeriksaan dilakukan di atas treadmil, dengan pemberian beban atau aktivitas fisik sesuai dengan kondisi pasien. Tidak sembarangan, pelaksanaannya sendiri akan diawasi oleh  dokter spesialis jantung dan pembuluh darah berpengalaman. Lantas, apa saja hal yang perlu dilakukan sebelum exercise stress test?

Baca juga: Ini 6 Minuman Sehat untuk Jantung yang Kuat

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Exercise Stress Test

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai apakah organ jantung mampu memberikan pasokan darah yang memadai ketika terjadi stres atau tekanan fisik. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh pengidap gangguan fungsi jantung atau orang yang berisiko mengidap penyakit jantung di kemudian hari. Sebelum melakukan exercise stress test, ini beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Persetujuan

Persetujuan

Seperti pada prosedur lainnya, pasien diminta untuk menandatangani surat persetujuan tindakan. Di sini dokter akan menjabarkan hal-hal yang perlu pasien ketahui, termasuk efek samping yang bisa saja terjadi.

2. Berpuasa

Berpuasa

Pasien diminta untuk berpuasa atau tidak makan dan minum dalam waktu 2-3 jam sebelum prosedur dimulai. Tujuannya untuk menurunkan risiko mual akibat kelelahan.

3. Hentikan Konsumsi Obat

Hentikan Konsumsi Obat

Jika sedang mengonsumsi obat jantung, biasanya dokter akan menghentikan jadwal konsumsi selama 1-2 hari sebelum prosedur dilakukan. Instruksi biasanya diberikan saat memberikan jadwal waktu pelaksanaan pada pasien.

Baca juga: Fatal Serangan Jantung saat Olahraga, Kenali Tandanya

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Latihan treadmill ini seperti olahraga biasa. Membutuhkan pakaian dan sepatu yang nyaman. Bagi wanita, sebaiknya gunakan bra dengan kait yang mudah dibuka. 

5. Membersihkan Area Dada

Membersihkan Area Dada

Sebelum sticker EKG ditempelkan pada dada, disarankan untuk membersihkan area tersebut dengan kasa dan alkohol. Tujuannya untuk memastikan kualitas sadapan EKG yang baik. Jika memiliki bulu dada, sebaiknya dibersihkan terlebih dulu.

Baca juga: Siapa Saja yang Berisiko Terserang Jantung Koroner?

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum exercise stress test. Untuk menunjang kesehatan tubuh setelah prosedur dilakukan, disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Kamu juga bisa menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stress test.

WebMD. Diakses pada 2021. Heart Disease and Stress Tests.