• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Umum Dirasakan Ibu di Trimester 2

5 Hal yang Umum Dirasakan Ibu di Trimester 2

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Perubahan pada tubuh adalah hal yang wajar dan pasti terjadi saat hamil. Seiring berkembangnya kehamilan, tentu akan semakin beragam pula perubahan dan gejala yang dialami oleh calon ibu. Mengetahui apa saja hal yang mungkin terjadi bisa membuat ibu lebih tenang dalam menjalani kehamilan. Lantas, apa saja hal yang umum dirasakan ibu di trimester 2? 

Trimester 2 kehamilan berlangsung mulai dari bulan keempat hingga keenam, atau pada minggu ke-13 sampai minggu ke-27. Ada beberapa perubahan dan ketidaknyamanan yang mungkin akan dirasakan ibu hamil pada trimester kedua. Hal ini terjadi karena ada perubahan pada tubuh calon ibu. Pada trimester 2, gejala yang dialami pada trimester sebelumnya, seperti mual, muntah, dan kelelahan biasanya akan berkurang. 

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Ibu Masuk Trimester Kedua

Ketidaknyamanan pada Trimester 2

Memasuki trimester kedua, tubuh ibu mungkin sudah mulai beradaptasi dengan perubahan yang ada. Namun, tetap ada beberapa keluhan yang mungkin muncul pada fase ini, di antaranya: 

1.Mudah Pusing 

Sangat wajar jika ibu hamil menjadi lebih mudah merasa pusing, sebab ada perubahan pada sirkulasi darah. Ternyata, gejala ini masih tetap terasa hingga trimester kedua. Biar tidak sering kambuh, ibu disarankan untuk mencukupi asupan cairan serta jangan berdiri terlalu lama. Kalau pusing mulai terasa, disarankan untuk segera duduk atau beristirahat. 

2.Hidung Tidak Nyaman 

Perubahan hormon yang terjadi selama hamil juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh, termasuk hidung. Hal ini bisa memicu pembengkakan pada membrane hidung dan memicu hidung tersumbat. Kondisi ini normal, tapi jika mulai mengganggu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Baca juga: Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Saat Masuk Trimester Kedua

3.Masalah Gigi dan Gusi

Ibu hamil trimester 2 mungkin juga akan mengalami masalah pada gigi dan gusi. Pada fase ini, rongga mulut biasanya akan menjadi lebih sensitif, sehingga menjadi mudah berdarah. Muntah berlebihan selama hamil juga bisa berdampak pada lapisan gigi. 

4.Sakit Punggung 

Ibu hamil juga mungkin akan semakin merasa tidak nyaman, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Salah satu keluhan yang sering muncul adalah sakit punggung. Hal ini bisa terjadi karena ukuran perut yang semakin besar dan kenaikan berat badan. Selain punggung, kondisi ini juga memengaruhi panggul sebab tulang belakang harus menopang beban tubuh. 

5.Kaki Kram 

Ibu hamil trimester 2 juga rentan mengalami kram, terutama pada kaki. Biasanya, gejala ini muncul pada malam hari dan bisa mengganggu tidur ibu. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari perubahan hormon, perubahan berat badan, dehidrasi, hingga kelelahan. Untuk menghindari hal ini, sebisa mungkin lakukanlah peregangan pada otot-otot betis pada pagi. Untuk meredakan keluhan, ibu bisa mencoba merendam kaki dengan air hangat atau melakukan pijatan ringan. 

Baca juga: Inilah Perubahan Pada Ibu Hamil di Trimester Kedua

Menjaga kesehatan janin pada trimester 2 kehamilan juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Ibu juga bisa selalu terhubung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dialami pada dokter kandungan melalui Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Second trimester pregnancy: What to expect.
American Pregnancy. Diakses pada 2020. Pregnancy And Dizziness.
Healthline. Diakses pada 2020. Getting Relief From Leg Cramps During Pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2020. Back Pain in Pregnancy.