• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hewan Peliharaan Bertubuh Kecil yang Cocok untuk Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hewan Peliharaan Bertubuh Kecil yang Cocok untuk Pemula

5 Hewan Peliharaan Bertubuh Kecil yang Cocok untuk Pemula

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 24 Desember 2021
5 Hewan Peliharaan Bertubuh Kecil yang Cocok untuk Pemula

“Ingin pelihara hewan tapi masih pemula? Ada beberapa pilihan hewan peliharaan selain kucing dan anjing yang cocok untuk pemula. Contohnya hewan peliharaan bertubuh kecil, yaitu hamster, kelinci, marmut, hingga tikus. Hewan peliharaan bertubuh kecil ini umumnya mudah dirawat.”

Halodoc, Jakarta – Saat berencana ingin memelihara hewan peliharaan, umumnya terpikirkan adalah kucing dan anjing. Padahal masih banyak pilihan selain kucing dan anjing. Terutama bagi pemula yang tidak punya cukup ruang di rumahnya, bisa memilih hewan peliharaan bertubuh kecil. 

Hewan peliharaan bertubuh kecil umumnya lebih mudah dirawat, terjangkau, dan tidak membutuhkan banyak perhatian. Meskipun begitu, kesehatan hewan peliharaan tetap harus diperhatikan dan dijaga agar usianya bertahan lama. Jadi, hewan peliharaan bertubuh kecil apa saja yang cocok untuk pemula? Simak ulasan berikut!

  1. Hamster

Hewan peliharaan bertubuh kecil ini mudah dirawat dan bahkan bisa dilatih menggunakan pasir. Hamster juga bisa menjadi hewan yang lincah. Hewan ini juga mudah beradaptasi dengan perawatan dan lingkungan di rumah. Hanya saja, hamster harus disimpan dalam kandang yang cukup luas untuk ukurannya. Sediakan juga terowongan dan area tidur di dalam kandang, tetapi pastikan untuk rajin membersihkan kandang hamster. 

  1. Marmut

Meskipun marmut termasuk dalam keluarga hewan pengerat yang sama dengan hamster, tetapi perilaku mereka sangat berbeda. Hewan peliharaan bertubuh kecil ini lembut dan memiliki watak yang manis. Marmut juga cenderung tidak menggigit. Selain itu, marmut dapat bersosialisasi, artinya mereka tidak keberatan untuk digendong, asalkan dipegang dengan benar. Makhluk yang suka diemong ini sangat ideal untuk pemula. 

Marmut memiliki masa hidup yang lebih lama, yaitu sekitar lima hingga tujuh tahun. Hewan peliharaan bertubuh kecil ini membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha, karena nafsu makan mereka lebih besar. Jadi, siapkan stok jerami dan sayuran lebih banyak. Nafsu makan ini dapat membuat marmut lebih berantakan dibandingkan hewan peliharaan bertubuh kecil lainnya. Jadi, kamu mungkin harus lebih sering membersihkan kandangnya. 

  1. Gerbil

Gerbil sebenarnya mudah dirawat, tapi tidak terlalu praktis. Tidak seperti hamster dan marmut, gerbil memiliki umur yang relatif pendek (sekitar dua tahun). Namun, sangat mudah untuk memberi makan gerbil karena mereka memiliki pola makan standar yang mirip dengan tikus dan hamster. 

  1. Tikus

Tikus mungkin bukan hewan peliharaan pertama dalam daftar kamu, tetapi mereka bisa menjadi hewan peliharaan bertubuh kecil yang cocok untuk pemula. Tikus bisa tenang, santai, tidak lincah seperti mamalia kecil lainnya. Karena tikus suka berinteraksi dengan orang dan benda, sebaiknya sediakan sejumlah mainan dan aksesori kandang. Contohnya, tali hingga gulungan tisu, benda tersebut akan membuat mereka senang dan sibuk.

Tikus juga mudah dirawat dan membutuhkan pola makan standar hewan pengerat. Namun seperti gerbil, tikus memiliki umur yang pendek, mulai dari dua hingga tiga tahun.

  1. Kelinci

Kamu dapat mempertimbangkan hewan peliharaan kecil jika masih pemula. Kelinci memiliki sifat yang lembut dan mudah bergaul. Namun biasanya, dokter hewan menyarankan semua kelinci dimandulkan atau dikebiri untuk mencegah agresi apapun. Selain itu, untuk mencegah kanker rahim pada betina. Keputusan ini sangat penting jika kamu ingin memelihara lebih dari satu kelinci di tempat yang sama.

Seekor kelinci dapat hidup dari 8 hingga 12 tahun. Kelinci juga dapat dilatih untuk membuang kotoran, dan mudah dirawat. Pola makan yang tepat penting untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan kelinci. Makanan yang bisa diberikan, yaitu jerami rumput, pelet kelinci, dan sayuran. 

Itulah beberapa hewan peliharaan bertubuh kecil yang cocok untuk dipelihara pemula. Jadi, kira-kira kamu akan memilih hewan yang mana? Selama memelihara hewan, segera hubungi dokter hewan di aplikasi Halodoc jika terjadi masalah kesehatan pada hewan peliharaan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
United Veterinary Center. Diakses pada 2021. The Best Pocket Pets for Your Lifestyle
Parents. Diakses pada 2021. 6 Best Small Pets to Consider for Your Child