• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Cedera yang Sering Dialami oleh Pelari

5 Jenis Cedera yang Sering Dialami oleh Pelari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Jenis Cedera yang Sering Dialami oleh Pelari

“Tekanan berulang pada tubuh bagian bawah membuat pelari rentan mengalami berbagai jenis cedera. Beberapa di antaranya adalah runner’s knee, tendinitis achilles, cedera hamstring, plantar fasciitis, dan keseleo pergelangan kaki.”

Halodoc, Jakarta – Bicara soal olahraga yang mudah, murah, dan bisa dilakukan kapan saja, tentu berlari adalah salah satu yang terlintas di pikiran, bukan? Olahraga ini memang banyak digemari, tetapi para pelari juga rentan mengalami berbagai jenis cedera. 

Baca juga: Inilah Cedera yang Terjadi saat Berolahraga

Waspadai Berbagai Jenis Cedera pada Pelari

Cedera saat lari umumnya disebabkan oleh tekanan berulang pada tubuh bagian bawah. Berikut ini beberapa jenis cedera yang sering dialami pelari:

  1. Runner’s Knee (Sindrom Patellofemoral)

Runner’s knee atau sindrom patellofemoral, adalah rasa sakit di bagian depan atau di sekitar tempurung lutut. Gejala umumnya adalah nyeri pada satu atau kedua lutut, yang memburuk saat duduk lama, melompat, menaiki tangga, atau jongkok.

  1. Tendinitis Achilles

Tendinitis achilles adalah peradangan pada tendon yang menghubungkan otot betis ke tumit. Jenis cedera ini biasanya terjadi setelah meningkatkan jarak tempuh atau intensitas lari. Gejala umumnya meliputi nyeri di kaki bagian bawah (di atas tumit), bengkak, dan rasa hangat di atas tendon.

  1. Cedera Hamstring

Jenis cedera ini menimpa tiga kelompok otot yang ada di paha bagian belakang. Gejalanya meliputi nyeri hebat dan sensasi robek pada bagian belakang paha, disertai pembengkakan, dan kelemahan otot.

  1. Plantar Fasciitis

Cedera ini melibatkan iritasi atau degenerasi lapisan tebal jaringan, yang disebut fasia, di bagian bawah kaki. Gejala biasanya meliputi rasa sakit di bawah tumit atau kaki tengah, sensasi terbakar, yang bisa memburuk di pagi hari.

Baca juga: Inilah Pertolongan Pertama saat Mengalami Cedera Kaki

  1. Keseleo Pergelangan Kaki

Peregangan berlebihan pada ligamen kaki dan pergelangan kaki bisa menyebabkan terjadinya keseleo. Gejalanya berupa nyeri, bengkak, dan memar pada pergelangan kaki.

Itulah beberapa jenis cedera yang umum dialami pelari. Bila kamu mengalaminya, segera buat janji dengan dokter di rumah sakit lewat aplikasi Halodoc, untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 8 Most Common Running Injuries.
JumpStart by WebMD. Diakses pada 2021. 10 Common Running Injuries: Prevention and Treatment.