• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Gula yang Aman bagi Pengidap Diabetes

5 Jenis Gula yang Aman bagi Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Jenis Gula yang Aman bagi Pengidap Diabetes

Guna mengontrol kadar gula darah, pengidap diabetes perlu membatasi konsumsi gula seminimal mungkin. Meski begitu, pengidap masih bisa menikmati makanan dan minuman manis dengan menggunakan pengganti gula yang rendah kalori. Ada beberapa jenis gula pengganti yang aman untuk pengidap diabetes.

Halodoc, Jakarta – Bagi pengidap diabetes, gula adalah makanan yang perlu sangat dibatasi konsumsinya. Pasalnya, mengonsumsi asupan gula terlalu banyak bisa menyebabkan gula darah pengidap melonjak yang meningkatkan risiko mereka untuk mengalami komplikasi diabetes yang parah.

Baca juga: Cara Simpel Mengendalikan Gula Darah

Namun, bukan berarti pengidap diabetes sama sekali tidak bisa menikmati makanan atau minuman manis. Sekarang ini, sudah tersedia berbagai pilihan pemanis alternatif yang bisa memberikan rasa manis, tetapi tidak terlalu berdampak pada asupan kalori dan glukosa. Berikut ini jenis gula yang aman bagi pengidap diabetes: 

  1. Stevia

Stevia adalah pemanis rendah kalori yang terbuat dari daun stevia plant. Tidak seperti pemanis buatan dan gula, stevia bisa menekan kadar glukosa plasma dan secara signifikan meningkatkan toleransi gula.

 

  1. Tagatose

Tagatose adalah bentuk fruktosa yang sekitar 90 persen lebih manis daripada sukrosa. Beberapa buah, seperti apel, jeruk dan nanas, mengandung tagatose secara alami. Menurut studi terdahulu, jenis gula ini bisa menurunkan gula darah dan respons insulin pengidap diabetes, serta menghambat penyerapan karbohidrat.

Baca juga: 4 Buah Terbaik untuk Diabetes

  1. Ekstrak Buah Biksu

Dikenal juga dengan nama ekstrak Luo Han Guo, ekstrak buah biksu adalah pemanis nonnutrisi yag berasal dari tanaman asli Cina Selatan. Jenis gula ini mengandung 0 kalori per porsi dan 150 hingga 200 kali lebih manis daripada gula.

  1. Gula Kurma

Pilihan alternatif gula lainnya yang aman bagi pengidap diabetes adalah gula kurma. Jenis gula ini terbuat dari kurma utuh yang dikeringkan dan digiling. Meskipun tidak rendah kalori, tetapi gula kurma terbuat dari buah utuh yang masih mengandung serat utuh.

  1. Gula Alkohol

Gula alkohol, seperti erythritol atau xylitol, memiliki kurang dari 1 kalori per gram dan tidak memiliki efek yang besar pada kadar gula darah.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

Bila kamu ingin melakukan kontrol rutin untuk diabetes kamu ke dokter, buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The Best Sugar Substitutes for People with Diabetes.
Everyday Health. Diakses pada 2021. The 9 Best Sugar Substitutes for People With Type 2 Diabetes.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the best sweeteners for people with diabetes?