• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengusir Stres

5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengusir Stres

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengusir Stres

“Berolahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki berbagai gangguan kesehatan mental. Ada beberapa olahraga yang secara ampuh dapat mengusir stres, baik yang dilakukan sendirian, maupun beregu. Salah satu olahraga tersebut adalah sepak bola. Pasalnya, bila dimainkan secara ‘seru-seruan’ sepakbola tentu dapat meningkatkan rasa bahagia karena terjadi banyak interaksi pada setiap pemainnya.”

Halodoc, Jakarta – Segala aktivitas yang dijalani setiap harinya tentu dapat menimbulkan stres. Jika tidak mampu mengatasi stres yang membebani pikiran, kualitas hidup dapat menurun. Alhasil, berpikir jernih dan tidur dengan nyenyak pun jadi sulit. Selain itu, tingkat stres yang tidak dikelola dengan baik juga dapat menurunkan produktivitas, bahkan memicu gangguan mental seperti depresi. Namun, penting diketahui bahwa banyak cara untuk mengusir stres, salah satunya olahraga. 

Nyatanya, olahraga tidak hanya dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Sebab, olahraga dapat memicu lepasnya hormon endorfin. Tak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin. Lantas, apa saja olahraga yang ampuh dalam mengusir stres? Simak infonya di sini!

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Mulai dari Yoga Hingga Sepak Bola

Berikut adalah beberapa olahraga yang ampuh mengusir stres, baik yang dilakukan secara sendirian maupun beregu, antara lain:

1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang ampuh untuk mengusir stres. Pasalnya, yoga melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, seseorang harus memfokuskan pikirannya, sehingga secara perlahan pikiran akan menjadi lebih tenang. 

Selain itu, gerakan-gerakan yoga adalah bentuk latihan kekuatan yang dapat membuat tubuh lebih tangguh dan fleksibel. Bila dilakukan secara fokus, gerakan yoga dapat mengurangi ketegangan fisik yang timbul akibat stres. Yoga juga menggunakan pernapasan dalam, yang dapat merespons relaksasi tubuh.

2. Jalan Santai atau Jalan Cepat

Berjalan kaki dapat menjadi salah satu olahraga yang dapat mengurangi stres. Sebab, jalan kaki mudah dilakukan dan tidak memerlukan peralatan khusus. Melansir dari Everyday Health, berjalan dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan stres. Misalnya seperti penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, hingga diabetes tipe 2. 

Selain itu, baik jalan santai atau cepat tentu dapat memanjakan mata ketika berkeliling di sekitar komplek misalnya. Kamu dapat menikmati rindangnya pepohonan, atau pemandangan lain.

3. Menari

Selain dapat dilakukan guna menyalurkan bakat seni, menari juga dapat memberikan banyak manfaat fisik, mental, hingga emosional. Pasalnya, menari dapat meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Setiap gerakan pada menari juga dapat meningkatkan detak jantung, sehingga jantung dapat lebih sehat. Sementara itu, manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain.

Misalnya saat seseorang berusaha untuk menyamakan ritme tarian agar gerakannya tetap kompak. Hal tersebut dapat mengalihkan pikiran dari berbagai masalah. Selain itu, mendengarkan musik ketika sedang menari juga dapat memberikan hiburan bagi otak, sehingga dapat meredakan rasa takut atau cemas.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Tubuh

4. Tenis 

Olahraga tenis dapat dianggap sebagai salah satu latihan kardio yang baik. Tenis juga dapat mencegah banyak gangguan kesehatan yang berhubungan dengan stres, seperti tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. Tak hanya itu, olahraga ini harus dimainkan secara berpasangan, sehingga membuat kamu tetap terhubung dengan orang lain.

Kamu juga dapat bermain tenis sambil bersenda gurau dengan lawan main atau rekan satu tim. Di samping itu, apabila mendapatkan poin, tentu perasaan puas dan bangga juga dapat mengurangi stres yang sedang membebani pikiran. Hal tersebut adalah salah satu komponen kunci dalam mengusir stres.

5. Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang memiliki banyak pola olahraga aerobik dan membawa banyak manfaat. Misalnya seperti mengurangi risiko penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung, hingga stroke. Pasalnya, kombinasi antara berlari, berjalan, berlari dan menendang dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan stamina, pengurangan lemak tubuh, dan peningkatan kekuatan otot.

Selain itu, dilansir dari NHS, berolahraga secara teratur juga dianggap membantu memperbaiki berbagai gangguan kesehatan mental. Misalnya seperti stres hingga depresi. Sementara itu, sepak bola dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri. Selain itu, sepak bola dimainkan secara beregu, sehingga dapat meningkatkan rasa bahagia karena dapat dimainkan secara menyenangkan sambil bercanda.

Baca juga: Hilangkan Stres Saat Macet dengan Olahraga

Itulah beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan guna mengusir stres secara ampuh. Pastikan untuk berolahraga secara rutin, tapi tidak berlebihan, agar segala manfaatnya bagi kesehatan dapat diperoleh dengan maksimal. Namun, bila ketika berolahraga kamu mengalami cedera, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter spesialis terpercaya. Lewat fitur video call/chat secara langsung. Nantinya dokter yang berpengalaman akan memberikan anjuran yang tepat atau meresepkan obat luar untuk menangani cedera yang kamu alami. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Exercise as Stress Relief
Everyday Health. Diakses pada 2021. 9 Exercises for Stress Relief
NHS Inform. Diakses pada 2021. Football