• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Penyandang Disabilitas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Penyandang Disabilitas

5 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Penyandang Disabilitas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Desember 2022

“Ada banyak pilihan pekerjaan yang cocok untuk penyandang disabilitas. Termasuk di antaranya adalah desainer grafis dan analis keuangan.”

5 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Penyandang Disabilitas5 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Penyandang Disabilitas

Halodoc, Jakarta – Penyandang disabilitas mungkin memiliki keterbatasan dalam sesuatu. Namun, ini tidak menghalangi mereka untuk bisa sukses di dunia kerja. Sebab, nyatanya ada banyak pilihan pekerjaan yang cocok untuk orang dengan disabilitas. 

Disabilitas adalah setiap kondisi tubuh atau pikiran (impairment) yang membuat orang dengan kondisi ini lebih sulit untuk melakukan aktivitas tertentu dan berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

Ada banyak jenis disabilitas yang dapat memengaruhi seseorang. Mulai dari disabilitas dalam penglihatan, pergerakan, pemikiran, pendengaran, mental, dan hubungan sosial.

Pekerjaan yang Cocok untuk Penyandang Disabilitas

Apa pun kekurangannya, penyandang disabilitas tetap dapat menggunakan keterampilan mereka untuk mencapai hal-hal hebat di dunia kerja. Ada berbagai macam pekerjaan yang tersedia untuk orang yang hidup dengan disabilitas.

Berikut ini di antaranya:

1. Desainer Grafis

Perusahaan, organisasi, dan pemberi kerja mengandalkan desainer grafis untuk merancang, memformat, dan mengembangkan materi. Desainer bekerja dengan berbagai aplikasi perangkat lunak kreatif, bisa bekerja secara individu ataupun tim. 

Orang dengan kepekaan pendengaran akan unggul dalam posisi ini selama mereka memiliki hasrat untuk desain dan komunikator yang penuh perhatian. Namun, sebagian besar posisi desain grafis memerlukan gelar sarjana serta pengalaman kerja sebelumnya.

2. Telemarketer

Penyandang disabilitas juga bisa bekerja sebagai telemarketer. Telemarketer menghubungi individu atau bisnis melalui telepon untuk menjual barang atau jasa, atau meminta sumbangan untuk tujuan tertentu. Berbagai perusahaan dan organisasi yang berbeda memanfaatkan layanan telemarketer

Seseorang dengan gangguan penglihatan mungkin dapat menemukan pekerjaan sebagai telemarketer. Karena sebagian besar pekerjaan mencakup membuat dan menjawab panggilan telepon serta menghafal naskah.

3. Analis Keuangan

Analis keuangan bekerja dengan bisnis atau individu untuk mengevaluasi peluang investasi. Pekerjaan ini cocok untuk penyandang disabilitas yang pandai berhitung dan senang menggunakan keterampilan analitis dan matematika mereka setiap hari. Selain itu, ia harus mampu berkomunikasi secara jelas dengan orang lain.

Orang dengan gangguan mobilitas dan minat dalam bidang keuangan dapat bekerja sebagai analis keuangan. Sebab, profesi ini membutuhkan sangat sedikit tugas yang menuntut fisik dan membutuhkan pemikiran kritis yang kuat dan keterampilan pemecahan masalah. 

Pekerjaan ini cocok untuk penyandang disabilitas yang senang berinteraksi dengan orang lain dan gigih saat mencoba memengaruhi orang lain. 

4. Pekerja Landscaping dan Groundskeeping

Pekerja lanskap dan pemeliharaan lahan bertugas memelihara pekarangan properti menggunakan perkakas tangan atau listrik dan peralatan terkait lainnya. Mereka bertugas mengoperasikan peralatan bertenaga, termasuk mesin pemotong rumput listrik, gergaji mesin, dan traktor. 

Disabilitas dalam kemampuan bicara atau bahasa memiliki sedikit pengaruh terhadap kualitas pekerjaan yang perlu ada untuk posisi ini. Jadi, pekerjaan ini cocok untuk orang yang mampu melakukan pekerjaan fisik selama berjam-jam dan sangat memerhatikan detail. 

5. Pengarsip

Pengarsip bekerja di museum, sekolah, lembaga pemerintah, dan lembaga lain. Profesi ini bertujuan untuk melestarikan rekaman suara, video, dokumen sejarah, foto, dan bentuk rekaman lainnya. 

Posisi ini cocok untuk penyandang disabilitas yang tertarik untuk terus mengumpulkan informasi dan belajar tentang sejarah. Namun, beberapa pemberi kerja mungkin mempekerjakan seseorang dengan gelar sarjana, atau yang punya gelar lanjutan seperti master dalam bidang-bidang seperti ilmu perpustakaan, sejarah, dan seni.

Itulah beberapa pilihan pekerjaan yang cocok untuk penyandang disabilitas. Meski keterbatasan tidak menghalangi untuk berkarier, pastikan untuk selalu memerhatikan kesehatan, ya. Kalau sakit, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2022. Disability and Health Overview.
Ability Options. Diakses pada 2022. Best Jobs For People Living With Disability.
Talent Desk. Diakses pada 2022. 25 Great Jobs for People with Disabilities.