5 Jenis Teh yang Bantu Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Jenis Teh yang Bantu Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta - Minuman kopi susu kekinian dan boba kini sangat menjamur. Para penjualnya seakan tidak kehabisan ide untuk membuat inovasi rasa sehingga konsumennya tidak pernah merasa bosan dan selalu ingin mencoba varian baru. Namun, kamu mungkin sudah tahu bahwa dalam kopi susu kekinian dan boba mengandung gula yang tinggi. Jika kamu sering mengonsumsinya, efek samping seperti kenaikan berat badan menjadi hal yang sulit dihindarkan. 

Jika kamu tidak menginginkan kenaikan berat badan, mungkin kamu mempertimbangkan untuk mengganti kebiasaan mengonsumsi minuman tidak sehat ini ke pilihan yang lebih sehat. Salah satu yang bisa dicoba adalah teh.

Teh terkenal mampu menenangkan sakit tenggorokan dan bahkan membantu mencegah kanker dan diabetes. Hebatnya lagi beberapa jenis teh juga mampu membantumu menurunkan beberapa kilogram. Ini karena di dalam teh (tanpa gula) tidak terkandung kalori sama sekali. Bahkan jenis teh tertentu mengandung senyawa yang membantu pembakaran lemak. Nah, simak beberapa jenis teh yang ampuh turunkan lemak berikut ini: 

Baca juga: Cegah Kanker, Ayo Rutin Konsumsi 5 Teh Ini

  • Teh Hijau

Di antara semua jenis teh, teh hijau adalah jenis yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Teh jenis ini mengandung antioksidan yang disebut katekin, termasuk zat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini diyakini meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak teh hijau menyebabkan perubahan ekspresi gen metabolisme lemak, terutama ketika dikonsumsi secara konsisten untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebuah penelitian di Cina juga mendukung temuan ini. Ketika seseorang minum teh hijau dua kali sehari, setelah 90 hari mereka melihat adanya penurunan lemak perut. Mereka kehilangan rata-rata 1,9 cm pada lingkar pinggang dan 2,6 pon berat badan.

  • Teh Oolong

Meskipun teh hijau telah lama dianggap sebagai varietas paling unggul untuk menurunkan berat badan, tetapi beberapa peneliti percaya bahwa teh oolong yang merupakan perpaduan antara teh hijau dan hitam bisa jadi memiliki efek yang lebih kuat. Teh oolong membuat tubuh mengalami termogenesis (kondisi saat tubuh menghasilkan panas dari energi, sehingga membakar lebih banyak kalori), dan menekan produksi sel-sel lemak baru. Sebuah penelitian di Jepang juga menemukan bahwa selama dua jam setelah minum teh oolong, wanita menemukan bahwa pengeluaran energi mereka selama istirahat meningkat 10 persen. 

Baca juga: 5 Teh yang Efektif Atasi Insomnia

  • Teh Hitam

Teh hitam sebenarnya dibuat dari tanaman yang sama dengan teh hijau, perbedaannya adalah pada teh hitam daunnya terpapar ke udara sehingga memicu fermentasi. Sebuah studi menemukan bahwa selama tiga bulan, mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki kenaikan berat badan yang lebih sedikit dan berhasil mengurangi lingkar pinggang dibandingkan dengan mereka yang minum minuman berkafein tanpa flavonoid dalam teh. 

  • Teh Mint

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa menyesap secangkir teh mint dapat mencegah keinginan untuk makan berlebih, namun belum ada bukti kuat di balik klaim tersebut. Satu hal yang kita tahu pasti, saat kamu minum seteguk teh mint tanpa pemanis, kandungan kalorinya jauh lebih sedikit daripada minuman lain. 

  • Teh Rooibos

Teh rooibos adalah tanaman herbal yang ditanam di Afrika Selatan.Tanaman ini dapat diseduh menjadi secangkir teh yang nikmat tanpa kafein. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh rooibos bisa membantu pembakaran lemak, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya pada manusia. Namun, buat kamu yang bosan dengan jenis teh yang biasa dijual, tidak ada salahnya untuk mencicipi citarasa teh rooibos untuk menemani waktu kamu bersantai. 

Baca juga: 6 Dampak Minum Teh saat Perut Kosong

 

Tertarik untuk memasukkan jenis teh tersebut ke menu harian kamu agar mendapatkan berat badan ideal? Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan pola hidup sehat lainnya seperti mengimbanginya dengan olahraga. Untuk tips mendapatkan berat badan ideal kamu bisa chat dengan ahli nutrisi atau dokter di aplikasi Halodoc. Dokter akan memberikan tips kesehatan sesuai kondisi yang kamu alami.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. Best Teas for Losing Weight and Boosting Your Metabolism.