• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Miracle Fruit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Miracle Fruit

5 Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Miracle Fruit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 September 2022

“Buah ajaib kaya akan kandungan miraculin yang bisa mengubah rasa asam menjadi manis. Selain itu, buah ini juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.”

5 Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Miracle Fruit5 Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Miracle Fruit

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar atau tahu tentang miracle fruit? Miracle fruit atau buah ajaib adalah buah beri berwarna merah cerah yang berukuran sebesar biji kopi.

Buah yang memiliki nama latin Synsepalum dulcificum tersebut berasal dari Afrika Barat dan Tengah, tapi sudah semakin populer di banyak negara di dunia berkat manfaatnya untuk kesehatan.

Sesuai dengan namanya, miracle fruit memiliki kandungan ajaib yang bisa mengubah rasa makanan dari asam menjadi manis. Bukan cuma itu saja, buah kecil ini juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Yuk, ketahui kandungan nutrisi apa saja yang ada di balik buah ajaib di sini.

Kandungan Nutrisi Miracle Fruit

Dinamakan miracle fruit, karena buah yang satu ini kaya akan kandungan miraculin, yaitu sejenis glikoprotein yang merupakan protein dengan molekul gula yang melekat pada asam amino. Kandungan tersebut bisa mengubah makanan yang sangat asam, seperti cuka, lemon, acar dan mustard, menjadi manis dengan cara mengikat reseptor rasa pada lidah. 

Jadi, saat kamu mengonsumsi makanan asam, miraculin mengikat protein dan mengaktivasi reseptor manis. Perubahan rasa tersebut bisa berlangsung selama sekitar 30 menit, atau sampai miraculin dicairkan dengan air liur. Berkat kemampuan ajaibnya tersebut, miracle fruit sudah lama digunakan sebagai penyedap makanan.

Selain kandungan miraculin, buah ajaib juga memiliki berbagai nutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan, antara lain:

1. Vitamin

Buah ajaib adalah sumber Vitamin C, K, A dan E yang luar biasa penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin C bisa merangsang produksi sel darah putih yang merupakan pertama tubuh terhadap infeksi dan patogen. Bersama dengan vitamin E, vitamin C merupakan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. Sementara vitamin K berperan dalam pembekuan darah, dan vitamin A bisa menjaga kesehatan mata.

2. Asam amino

Miracle fruit juga sarat akan asam amino, terutama leusin. Di antara asam amino yang ada, leusin unik, karena merupakan satu-satunya asam amino yang mendorong sintesis protein di otot.

3. Serat

Buah ajaib juga dikenal akan manfaatnya yang bisa membantu menurunkan berat badan. Selain rendah kalori dan 0 persen lemak, makanan sehat tersebut juga mengandung serat yang bisa membantu memberi rasa kenyang lebih lama.

4. Kalium

Selain vitamin, miracle fruit juga mengandung mineral, yaitu kalium yang berperan penting untuk kesehatan. Kalium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.

5. Senyawa polifenol

Buah ajaib juga hadir dengan berbagai senyawa polifenol, antioksidan yang melawan radikal bebas sehingga mencegah berbagai kondisi kronis.

Tips Aman Mengonsumsi Buah Ajaib

Meskipun buah ajaib bermanfaat untuk kesehatan, buah ini perlu dikonsumsi dengan hati-hati. Pasalnya, miracle fruit bisa mengubah keseimbangan pH dan bisa menyebabkan peningkatan kadar keasaman dalam darah. 

Buah pengubah rasa tersebut juga dapat menyebabkan mulas, masalah pencernaan dan masalah terkait usus lainnya, bila dimakan secara teratur. Jadi, konsumsilah buah ajaib dengan bijak.

Miracle fruit bisa dikonsumsi secara langsung. Pastikan untuk membersihkannya dengan baik sebelum makan. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi buah ajaib kering, rendam dulu dalam air hangat selama beberapa jam, biarkan hingga melunak, lalu nikmati. Jus buah ajaib juga bisa ditambahkan ke jus lemon atau jeruk nipis untuk menutupi rasa asamnya yang menyengat. Hal itu karena buah ajaib berfungsi sebagai pengganti gula yang luar biasa.

Bila kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, sebaiknya jangan dibiarkan saja. Segera periksakan diri ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.  Yuk, download aplikasi Halodoc di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022.  This Traditional African Fruit May Be a ‘Miracle’
Net Meds. Diakses pada 2022. Miracle Fruit/Miracle Berry: Health Benefits, Uses, Natural Sweetener and Side Effects.
Nutritionix. Diakses pada 2022. Miracle Fruit – 1 berry.
Mira Burst. Diakses pada 2022. Miracle Fruit Berry Nutritional Facts.
Health Benefits. Diakses pada 2022. Miracle fruit facts and health benefits