• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Sederhana untuk Wujudkan Keluarga Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Sederhana untuk Wujudkan Keluarga Sehat

5 Kebiasaan Sederhana untuk Wujudkan Keluarga Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

“Ada banyak kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan untuk mewujudkan keluarga sehat. Termasuk dengan menjaga kebersihan tubuh.”

5 Kebiasaan Sederhana untuk Wujudkan Keluarga Sehat5 Kebiasaan Sederhana untuk Wujudkan Keluarga Sehat

Halodoc, Jakarta – Mewujudkan keluarga sehat bisa dimulai dari kebiasaan sehari-hari. Mulai dari memiliki pola makan sehat, rutin olahraga, hingga memerhatikan kebersihan pribadi. Jika kebersihan tubuh terjaga dengan baik, maka kamu dapat menurunkan risiko terserang penyakit. 

Kebiasaan-kebiasaan sehat itu harus diterapkan oleh seluruh anggota keluarga. Jadi, penting bagi orang tua untuk mengajarkannya pada anak. Apa saja kebiasaan sehat yang bisa diterapkan? Yuk simak lebih lanjut!

Tips Mewujudkan Keluarga Sehat

Menjaga keluarga tetap sehat dan bahagia sangat penting. Berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang bisa bantu wujudkan keluarga sehat:

1. Miliki Pola Makan Sehat

Apa yang dikonsumsi sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki pola makan sehat dalam keluarga. Bukan hanya menyuruh anak makan makanan sehat, orang tua pun harus mencontohkan. 

2. Olahraga Rutin

Agar keluarga sehat, penting juga untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian. Buatlah jadwal untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. 

Bila memungkinkan, ajak seluruh anggota keluarga untuk berolahraga bersama. Dengan begitu, kegiatan olahraga bisa jadi momen yang menyenangkan juga untuk dinikmati. 

3. Dapatkan Tidur Berkualitas

Mendapatkan tidur yang berkualitas tak kalah penting bagi kesehatan. Termasuk bagi anak-anak, yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Jadi, orang tua harus memastikan anak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Buatlah aturan untuk menjauhkan semua gadget sekitar 1 jam sebelum tidur. Bila memungkinkan, jadwalkan tidur di jam yang sama setiap harinya, agar ritme sirkadian tubuh bisa terjaga.

4. Mengelola Stres dengan Baik

Kesehatan mental juga harus jadi perhatian, jika ingin mewujudkan keluarga sehat. Ini bisa dilakukan dengan mengajak semua anggota keluarga untuk melakukan yoga atau meditasi bersama. 

Selain itu, bisa juga dengan meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga. Misalnya sekadar jalan-jalan bersama di akhir pekan, atau melakukan hal-hal menyenangkan bersama. 

5. Menjaga Kebersihan Diri

Kebersihan juga menjadi kunci penting dalam mewujudkan keluarga sehat. Jika kebersihan pribadi buruk, tubuh menyediakan lingkungan yang ideal bagi kuman untuk tumbuh, sehingga rentan terhadap infeksi.

Untuk menjaga kebersihan diri, pastikan untuk mandi setiap hari, menggunakan sabun dan air untuk membilas sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Beri perhatian lebih pada area yang lebih banyak mengeluarkan keringat, seperti ketiak, di sela-sela jari kaki, dan area selangkangan.

Agar tubuh bisa benar-benar bersih dari kuman, penting untuk memilih sabun mandi yang tepat. Pilihlah sabun antibakteri yang bisa membersihkan kulit secara menyeluruh, bahkan hingga ke pori-pori. 

Dengan begitu, kuman penyebab penyakit yang menempel di tubuh bisa hilang. Kesehatan tubuh kamu dan keluarga pun bisa tetap terjaga sepanjang hari. 

Lifebuoy Anti Bacterial Wash Total 10 

Kuman, kotoran, dan polutan bisa menempel di tubuh dan memicu berbagai penyakit. Agar keluarga sehat, dibutuhkan sabun mandi yang tepat, yang bisa memberi perlindungan terhadap kuman penyebab penyakit yang tak terlihat. 

Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 dapat memberikan perlindungan hingga 10 kali lebih kuat dibanding sabun lain, untuk melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Dengan Activ Silver+ formula, Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 dapat melawan kuman dan mendukung fungsi imunitas kulit. 

Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 bisa membersihkan secara mendalam, karena mampu menyerap hingga ke pori-pori. Busanya tak sekadar melimpah, tapi juga lembut dan kaya manfaat. 

Kamu bisa mewujudkan keluarga sehat dan memberi perlindungan menyeluruh bagi keluarga, dengan mandi menggunakan Lifebuoy Antibacterial Body Wash Total 10!

Lifebuoy memberikan diskon konsultasi dokter hingga 50K, melalui aplikasi Halodoc. Caranya, beli Lifebuoy Antibacterial Body Wash Total 10 kemasan 250 ml, 400 ml, atau 825 ml yang bertanda khusus Halodoc.

Untuk mendapatkan produk perawatan kulit, seperti Lifebuoy Antibacterial Body Wash, serta obat dan vitamin lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Jangan lupa download Halodoc terlebih dahulu di Apps Store atau Play Store, ya! 

Referensi:
Mayo Clinic Health System. Diakses pada 2022. Healthy Habits for Families.
American Heart Association. Diakses pada 2022. 6 Steps for the Whole Family to be Healthy.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why Is Personal Hygiene Important?
Everyday Health. Diakses pada 2022. A Guide to Good Personal Hygiene.