• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Tidak Sehat saat Sahur yang Bikin Badan Lemas

5 Kebiasaan Tidak Sehat saat Sahur yang Bikin Badan Lemas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sahur merupakan waktu penting bagi setiap Muslim saat menjalankan ibadah puasa. Makan sahur dijadikan momen untuk mengisi energi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa selama kurang lebih 14 jam. Jika tidak dilakukan secara benar, alih-alih bertenaga, kamu justru akan lemas seharian. Lantas, apa saja kebiasaan makan yang bikin badan lemas? Inilah lima di antaranya:

Baca juga: 6 Tips Aman Puasa bagi Pengidap Sakit Lambung

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat menjadi salah satu sumber energi dan stamina yang cepat terbentuk. Prosesnya, tubuh memecah karbohidrat menjadi gula yang akan digunakan menjadi bahan bakar tubuh. Meski demikian, bukan berarti saat sahur kamu diperbolehkan banyak mengonsumsi karbohidrat olahan. Jika hal tersebut dilakukan, alih-alih bertenaga, tubuh justru menjadi lemas.

Jika dikonsumsi secara bersamaan, gula dan karbohidrat mampu meningkatkan gula darah dalam tubuh. Hal tersebut memang lebih cepat membuat tubuh bertenaga, tetapi akan muncul masalah baru, yaitu kadar gula dalam tubuh yang meningkat. Nah, hal tersebut yang membuat kamu menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Asin

Kebiasaan makan yang bikin badan lemas selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan asin. Makanan tinggi natrium bersifat menarik cairan dalam tubuh, sehingga kamu lebih mudah haus saat berpuasa. Selain mudah haus, kamu juga berisiko mengalami dehidrasi dan lemas saat beraktivitas.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Keseimbangan Mental saat Puasa

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Cairan

Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang umum dialami saat berpuasa. Namun, mengonsumsi banyak cairan waktu sahur menjadi kebiasaan makan yang bikin badan lemas saat berpuasa. Hal tersebut bukan jaminan kamu tidak merasa haus di siang hari. Terlalu banyak minum justru membuat kamu beser dan bolak-balik ke kamar mandi. Jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin jika kamu merasa lemas.

4. Asupan Kalori yang Tidak Mencukupi

Terlalu banyak kalori memang tidak baik bagi tubuh. Namun, mengonsumsi terlalu sedikit kalori menjadi kebiasaan makan yang bikin badan lemas saat berpuasa. Tubuh membutuhkan minimal 1.200 kalori per hari untuk mencegah perlambatan metabolismenya. Jadi, memenuhi kebutuhan kalori dengan mengonsumsi karbohidrat sangat penting untuk menahan haus dan lapar saat berpuasa selama 14 jam.

Saat kadar kalori dalam tubuh terlalu sedikit, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Nah, hal tersebut yang berpotensi memicu kelelahan. Kebutuhan kalori masing-masing orang akan berbeda, tergantung pada berat dan tinggi badan, usia, dan faktor penunjang lainnya.

5. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Saat sahur keinginan minum kopi memang kadang datang menghampiri. Apalagi, jika kamu sudah terbiasa dengan kopi. Namun, tahukah kamu jika kebiasaan yang satu ini justru membuat badan lemas saat berpuasa? Hal tersebut dikarenakan, kafein membuat kamu lebih sering buang air kecil. Dengan begitu, cairan dalam tubuh lebih cepat berkurang, dan kamu akan merasa lemas.

Baca juga: 7 Tips Puasa Sehat Bagi Ibu Menyusui

Selain kebiasaan makan tidak sehat, badan lemas saat berpuasa biasa terjadi karena kamu terlalu banyak beristirahat. Padahal, menjadi aktif dan produktif adalah salah satu kunci agar tubuh tidak lemas saat berpuasa. Jika kamu mengalami kendala saat pelaksanaannya, silahkan diskusikan gangguan kesehatan yang dialami dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Foods That Beat Fatigue.
Taste of Home. Diakses pada 2021. 6 Bad Eating Habits That Make You Feel Tired.
The Healthy. Diakses pada 2021. 7 Signs Your Diet Is Making You Tired.