5 Kebiasaan yang Berbahaya Saat Sahur dan Berbuka

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-kebiasaan-yang-berbahaya-saat-sahur-dan-berbuka-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sebagai bulan penuh berkah, Ramadan selalu dinanti-nantikan oleh umat Islam. Di bulan suci tersebut, umat Islam bisa lebih mendekatkan diri lagi kepada Sang Pencipta dengan menjalani ibadah puasa. Namun, puasa mengubah pola makan dan pola tidur orang yang menjalaninya.

Perubahan ini kadang-kadang memang bisa memicu timbulnya masalah kesehatan tertentu, karena tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Namun, bila dijalani dengan cara yang sehat, puasa sebenarnya bisa mendatangkan banyak kebaikan bagi tubuh.

Yang menjadi penyebab orang sering jatuh sakit saat puasa bukanlah karena puasanya, melainkan lebih sering karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa sadar dilakukan saat sahur dan berbuka. Yuk, cari tahu kebiasaan apa saja yang berbahaya bila dilakukan saat sahur dan berbuka di sini.

Kebiasaan Sahur yang Berbahaya

Sahur adalah waktu makan penting yang sebaiknya tidak kamu lewatkan selama berpuasa. Selain tidak melewatkan sahur, kamu juga dianjurkan untuk menghindari kebiasaan sahur yang berbahaya berikut agar tidak mengalami masalah kesehatan saat puasa:

1. Minum Air Berlebihan

Karena tidak mau kehausan saat berpuasa, ada beberapa orang yang minum sebanyak-banyaknya saat sahur. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa memang penting agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Namun, hal ini bukan berarti kamu harus minum sebanyak-banyaknya saat sahur.

Minum air secara berlebihan saat sahur justru bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan, karena kamu akan jadi cepat merasa kenyang, sehingga tidak bisa lagi mengonsumsi makanan bergizi yang justru diperlukan oleh tubuh. Akibatnya, kamu akan cenderung merasa lemas saat puasa nanti karena kekurangan energi dan nutrisi.

Lagipula minum air sebanyak-banyaknya saat sahur tidak akan mencegah kamu dari rasa haus saat puasa, karena kamu akan sering buang air kecil nantinya. Jadi, saat sahur, kamu hanya perlu minum 2 gelas air putih.

2. Langsung Tidur Setelah Makan

Nah, kebiasaan sahur yang berbahaya ini adalah yang paling sering dilakukan banyak orang. Kebanyakan orang bangun untuk makan sahur masih dalam kondisi yang mengantuk. Apalagi setelah menyantap makanan, tubuh biasanya akan cenderung semakin mengantuk.

Akhirnya, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk langsung tidur lagi usai sahur dan salat Subuh. Sayangnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan yang berujung pada munculnya masalah pada saluran cerna atas.

Jadi, saat sahur sebaiknya jangan langsung tidur. Melainkan tunggulah 2–3 jam setelah makan, agar makanan yang kamu konsumsi bisa dicerna dengan baik oleh tubuh.

3. Sahur dengan Makanan Berlemak

Untuk makan sahur, kamu mungkin menginginkan menu yang super lezat dan terdiri dari banyak daging dengan anggapan agar bisa lebih kuat menjalankan puasa. Padahal, bila kamu hanya mengonsumsi daging-dagingan dan makanan berlemak lainnya, kamu berisiko mengalami kenaikkan berat badan saat puasa.

Jadi, kamu sebaiknya mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan gizi yang seimbang saat sahur. Pastikan dalam menu sahur kamu, terdapat lima zat gizi penting yang diperlukan tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pilihlah karbohidrat kompleks yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Penuhi Nutrisi saat Sahur dengan 5 Makanan Ini

Kebiasaan Buka Puasa yang Berbahaya

Tidak hanya saat sahur saja, kebanyakan orang tanpa sadar juga sering melakukan kebiasaan buka puasa yang berbahaya:

4. Pesta Gorengan dan Makanan Manis

Makan-makanan manis saat berbuka puasa memang dianjurkan, karena kamu membutuhkan asupan gula untuk mengembalikan energi tubuh yang sudah terkuras setelah berpuasa seharian. Meski demikian, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, karena hal ini bisa membuat kadar gula darahmu naik secara drastis. Lonjakan gula ini bisa menyebabkan kamu berisiko terkena penyakit diabetes.

Selain makanan manis, kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan berminyak, seperti gorengan saat buka puasa. Pasalnya, kebiasaan buka puasa yang berbahaya ini bisa membuat kamu berisiko terkena berbagai penyakit, contohnya kolesterol, penyakit jantung, dan sembelit.

Baca juga: Gorengan saat Puasa, Kenapa Harus Dibatasi?

5. Merokok Setelah Berbuka Puasa

Orang yang sehari-harinya memiliki kebiasaan merokok mungkin tidak tahan untuk segera merokok saat waktu buka puasa tiba. Padahal, karbondioksida yang berasal dari rokok bisa menghambat metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan badan mudah lemas dan berisiko terkena anemia.

Selain itu, zat yang terkandung dalam rokok juga bisa mengakibatkan darah kamu semakin kental. Zat yang bersifat lengket ini akan menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga kamu yang berisiko mengalami kekurangan cairan. Ginjal pun akhirnya dipaksa untuk bekerja lebih berat.

Jadi, sebaiknya tinggalkan rokok dan mulai menjalankan pola hidup sehat di bulan Ramadan kali ini.

Baca juga: Tinggalkan Kebiasaan Merokok Saat Berpuasa

Nah, itulah kebiasaan yang berbahaya saat sahur dan buka puasa yang mesti kamu hindari agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.