• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi dalam kadar yang normal. Jika kolesterol menunjukkan angka yang tinggi, kamu bisa saja mengidap penyakit berbahaya, seperti darah tinggi, diabetes, jantung, atau stroke. Kolesterol tinggi dapat terjadi dalam proses alami, yaitu proses penuaan. Semakin bertambahnya usia, maka risiko seseorang mengidap kolesterol tinggi akan semakin besar.

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun. Karena hal tersebut, seseorang yang berusia lanjut akan memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih tinggi ketimbang anak muda pada umumnya. Tak hanya usia, beberapa kebiasaan buruk berikut ini juga dapat memengaruhi angka kolesterol tubuhmu, walaupun usiamu masih sangat muda:

  • Kebiasaan Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Bagi mereka yang hobi jajan di pinggir jalan, makanan berlemak, dan berminyak, siap-siap untuk terkejut dengan angka kolesterol yang melonjak naik. Makanan-makanan tersebut akan membuat naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Lemak jenuh dan lemak trans merupakan lemak jahat yang dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam darah. Alih-alih mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans, kamu dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenis yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Tidak Aktif Bergerak

Rebahan” di atas sofa atau kasur yang empuk sambil memutar film kesukaan, bermain ponsel, atau membaca novel memang kegiatan yang sangat disukai. Namun, jika kebiasaan ini sering dilakukan, kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Apalagi jika “rebahan” didukung dengan camilan yang kaya akan lemak. Lemak akan mengendap di dalam pembuluh darah, karena tidak ada aktivitas yang kamu lakukan guna membakar lemak tersebut. 

  • Memiliki Kelebihan Berat

Badan Kelebihan badan atau kegemukan merupakan tanda jika banyak kadar kolesterol jahat yang terperangkap di dalamnya. Jika kadar lemak berlebih, maka kemungkinan besar kadar kolesterol pun akan tinggi. Tak hanya kolesterol tinggi, kegemukan juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung. Untuk mencegahnya, menjaga berat badan agar tetap ideal penting dilakukan, agar kadar kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh tetap stabil.

  • Memiliki Kebiasaan Merokok

Aktif merokok dalam menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya zat-zat akrolein yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL agar tetap pada batas normal. Bukan hanya perokok aktif, perokok pasif pun dapat mengalami risiko yang sama, yaitu mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri yang dapat mengakibatkan adanya masalah pada jantung.

  • Mengidap Penyakit Tertentu

Tak hanya kebiasaan tidak sehat yang dilakukan, kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena adanya penyakit dalam tubuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa penyakit yang dimaksud, di antaranya:

  • Diabetes.

  • Tekanan darah tinggi.

  • Gangguan liver dan masalah ginjal.

  • Gangguan kelenjar tiroid.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi, Atasi dengan Cara Ini

Ketika kamu tidak memiliki kebiasaan buruk, tapi mengidap kolesterol tinggi, sebaiknya kamu periksa terlebih dulu riwayat kesehatan keluarga. Pasalnya, kolesterol tinggi tak hanya terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan, kondisi ini juga dapat diwariskan dari ayah, ibu, kakek, atau nenek. Ketika kamu mengidap kolesterol tinggi karena adanya riwayat dari keluarga, kondisi ini disebut dengan familial hypercholesterolemia. 

Mutasi gen yang dibawa dari kedua orangtua dapat mengontrol setiap sel dalam tubuh. Hal tersebut akan membuat tubuh kesulitan untuk membuang kolesterol jahat dalam tubuh, atau bahkan tubuh akan membuat organ hati terlalu banyak menghasilkan kolesterol jahat. Tingkat keparahannya akan tergantung pada seberapa banyak kadar LDL dalam darah.

Baca juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Bagi seseorang dengan riwayat penyakit tersebut, segera lakukan pemeriksaan darah guna mengetahui seberapa tinggi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga kamu dapat melakukan penanganan dengan tepat. Terkait dengan hal tersebut, kamu dapat melakukan pemeriksaan darah di rumah sakit terdekat dengan membuat janji terlebih dulu di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Cheat Sheet. Diakses pada 2019. Dangerous Habits That May Be Raising Your Cholesterol.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. High Cholesterol.