• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kegiatan Agar Anak Tidak Bosan Puasa

5 Kegiatan Agar Anak Tidak Bosan Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak berpuasa memang tidak gampang. Selain butuh kesabaran dan usaha ekstra untuk membiasakannya berpuasa, kamu juga harus mencari cara agar anak tidak bosan menjalankan puasa. Awalnya mereka mungkin sangat antusias, tetapi seiring berjalannya waktu akan semakin banyak godaan menghampirinya. Godaan tersebut di antaranya adalah membatalkan puasa karena melihat teman-temannya yang tidak puasa, enggan bangun sahur, atau bermalas-malasan dan tidak ingin melakukan apapun. (Baca juga: Agar Anak Semangat Puasa, Ibu Bisa Lakukan Ini)

Ketika berada di sekolah, anak cenderung tidak merasa bosan karena sibuk belajar atau bermain bersama teman-temannya saat jam istirahat. Namun, apabila sudah pulang sekolah, anak cenderung tidak melakukan apapun dan hal ini membuatnya bosan. Lantas, kegiatan apa yang harus dilakukan agar anak tidak bosan saat puasa? Hal apa saja yang bisa orangtua bisa lakukan untuk mengusir rasa bosan tersebut? Berikut kegiatan anak saat puasa yang bisa dilakukan:

  1. Membaca

Membaca dapat menjadi alternatif kegiatan yang bermanfaat untuk mengusir rasa bosan anak saat berpuasa. Kamu dapat mengajak anak mengunjungi toko buku untuk mengajaknya membeli beberapa buku favoritnya. Jangan larang anak memilih buku semisal novel, komik, buku petualangan, atau cerita humor, asalkan buku yang ia pilih sesuai untuk usianya. Tidak hanya membeli, kamu juga bisa mengajaknya ke perpustakaan umum atau tempat penyewaan komik dekat rumah, sehingga tidak mengeluarkan uang banyak.

  1. Menonton Film

Menonton film juga dapat menjadi kegiatan bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka. Kamu bisa membeli, menyewa film kesukaan anak, atau berlangganan jaringan televisi internet khusus anak di rumah. Namun, pastikan agar tayangan yang anak tonton sesuai untuk usianya. Jenis acara yang dapat dia tonton antara lain kartun, film petualangan anak, film dokumenter tentang bumi, flora, fauna dan semacamnya. Hindari acara yang berisi kegiatan memasak atau makan, karena akan membuatnya tergoda untuk membatalkan puasa.

  1. Memasak dan Menyiapkan Sajian Berbuka

Kegiatan ini bisa kamu coba untuk lakukan di rumah. Kamu dapat mengajaknya untuk membuat menu yang membuatnya tertarik, seperti dengan cara menghias atau menggunakan bahan makanan kesukaan anak. Namun, tetap awasi anak agar tidak mencicipi makanan tersebut sampai waktunya berbuka. Sebab, anak kadang tidak sengaja melakukan hal ini. Antusias anak untuk menghias sendiri makanan untuk berbuka nanti akan membuat fokusnya teralih, sehingga anak lebih semangat menjalankan puasa. (Baca juga: Khawatir Nutrisi Anak Saat Puasa? Perhatikan Ini)

  1. Menata Rumah

Mengajak anak untuk merapihkan rumah akan mengisi kegiatannya saat puasa. Kamu dapat meminta bantuan anak untuk mengganti vas bunga, merapihkan posisi kursi, meja, atau merapihkan kamar tidurnya. Namun, pastikan agar kegiatan ini tetap menyenangkan dan tidak membuatnya kelelahan. Selain membuat rumah terasa lebih indah dan nyaman, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai persiapan menyambut hari raya Idul Fitri.

  1. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan ini tidak hanya membuat anak menjadi lebih kreatif, tetapi juga menghindari rasa bosan saat berpuasa. Kerajinan yang bisa kamu coba bersama anak misalnya tanah liat, kain flanel, bunga dari sedotan, rajut, dan lain-lain. Selain itu, hasil kerajinan ini juga dapat kamu gunakan untuk menghias rumah menjelang hari raya Idul Fitri.

Apabila anak memiliki masalah kesehatan saat menjalani puasa dan ingin berdiskusi dengan dokter? Gampak kok caranya, kamu bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!