Agar Mudik Lancar, Ini 5 Kegiatan Seru Bersama Si Kecil

agar-mudik-lancar-ini-5-kegiatan-seru-yang-bisa-dilakukan-bersama-si-kecil-halodoc

Halodoc, Jakarta – Wah, tidak terasa sebentar lagi libur lebaran tiba. Nah, bagi ibu yang berencana untuk mudik bersama anak melalui jalan darat yang cukup jauh, tentunya sudah merasa deg-degan nih. Ibu deg-degan karena takut anak menjadi tantrum atau cranky saat di perjalanan karena bosan duduk terlalu lama.

Karena itu, selain mempersiapkan barang-barang bawaan, orangtua juga perlu mempersiapkan berbagai macam aktivitas agar Si Kecil tidak bosan selama perjalanan mudik. Enggak usah bingung, berikut berbagai macam ide kegiatan seru yang bisa ibu lakukan bersama Si Kecil agar mudik tetap lancar.

1. Menulis Sebanyak-Banyaknya Selama 1 Menit

Permainan ini sangat cocok bagi Si Kecil yang baru masuk sekolah nih, bu. Cara bermain dan peralatan yang diperlukan juga simpel, kok. Ibu cukup menyiapkan kertas dan pulpen atau pensil saja. Kemudian, tunjuklah seseorang sebagai time keeper atau si penghitung waktu.

Si penghitung waktu ini yang akan memilih salah satu huruf abjad. Kemudian selama 1 menit, para pemain harus menuliskan kata-kata sebanyak mungkin, baik benda hidup, mati, hewan, dan sebagainya yang berawalan huruf abjad tersebut.

Nah, pemain yang menuliskan kata paling banyak selama 1 menit itu adalah pemenangnya. Mudah dan seru kan?

Baca juga: 5 Cara Membatasi Anak yang Gemar Bermain Game

2. Ingat Apa yang Dilihat

Ini semacam permainan memori yang bagus untuk mengasah keterampilan dan observasi anak, bu. Cara bermainnya, pilihlah arah atau sebuah area tertentu di mana anak-anak harus menatap ke sana selama 30 detik. Kemudian, mintalah ia untuk berbalik ke arah ibu atau arah semula dan menuliskan semua hal atau benda yang dilihatnya selama 30 detik sebelumnya.

Semakin detail semakin bagus jawabannya. Pemain dengan daftar benda paling banyak dan paling detail itulah yang menang. Permainan ini juga bagus untuk melatih anak-anak untuk fokus dengan apa yang mereka lihat dan ingat. Mungkin anak-anak akan semakin bersemangat bermainnya bila ibu menjanjikan hadiah untuknya.

3. Bermain Bingo Hewan

Permainan ini masih termasuk permainan yang mengasah daya ingat anak. Caranya adalah buatlah sebuah kartu bingo yang berisi nama-nama hewan yang mungkin bisa Si Kecil lihat selama di perjalanan mudik.

Ibu bisa mengunduh kartu bingo tersebut dan diprint, atau membuatnya secara manual. Kemudian, acaklah kartu bingo dan biarkan anak memilih. Nah, siapa saja yang bisa lima kali berturut-turut memilih hewan dalam satu baris yang sama, dialah pemenangnya.

Bosan dengan permainannya? Ronde kedua, mintalah Si Kecil untuk menggambar kartu bingo sendiri.

Baca juga: Biar Kreatif, Ini 6 Cara Mengembangkan Imajinasi Anak

4. Kata Berputar

Permainan ini bagus untuk menambah perbendaharaan kosakata anak nih, Bu. Cara bermainnya, pertama-tama, tentukanlah sebuah tema, misalnya makanan atau nama kota. Setelah tema sudah ditentukan, pemain pertama akan menyebutkan kata yang sesuai dengan tema tersebut, kemudian pemain kedua harus menyebutkan kata yang dimulai dari huruf terakhir dari kata yang disebutkan pemain pertama sesuai dengan tema, dan seterusnya.

Misalnya, pemain pertama menyebutkan kata “anggur”, kemudian pemain kedua harus menyebutkan kata dengan tema yang sama dengan huruf akhiran “R”, seperti “rambutan”. Bila selama 5 detik, pemain tidak bisa menyebutkan kata selanjutnya, maka ia kalah.

Kalau mau lebih seru, yang kalah harus diberi hukuman, misalnya dicemongkan dengan bedak.

5. Menggambar

Ini bukan permainan menggambar biasa, lho. Cara bermainnya, lipatlah selembar kertas menjadi 3 bagian. Kemudian, pemain pertama harus menggambar kepala dalam bentuk apapun dan jenis apapun, baik itu manusia, hewan, tokoh kartun, dan lain-lain.

Setelah gambar bagian kepala selesai, pemain selanjutnya harus meneruskan menggambar bagian tengah kertas dengan gambar badan. Namun, sebisa mungkin, tutup gambar kepala yang sudah dibuat pemain pertama, sehingga hanya bagian tengahnya saja yang terlihat. Begitu seterusnya hingga sampai ke bagian akhir atau kaki.

Setelah selesai, buka kertas tersebut secara utuh, maka voila! Ciptaan yang aneh dan indah hasil karya ibu dan Si Kecil pun jadi.

Baca juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

Nah, itulah beberapa ide kegiatan seru bersama Si Kecil saat mudik. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan ibu sekeluarga selama mudik. Ibu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.