5 Khasiat Buah Jeruk bagi Tubuh Selama Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
khasiat buah jeruk, manfaat buah jeruk, manfaat jeruk saat puasa

Halodoc, Jakarta - Selama bulan puasa, tentu kamu memerlukan asupan makanan yang bergizi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nyatanya, tidak makan selama berjam-jam mampu membuat kamu lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi, kulit kering, bibir kering, sembelit, sakit kepala, hingga kram perut. Salah satu cara terbaik untuk menghindari permasalahan tersebut adalah dengan memperbanyak makan buah saat sahur dan juga berbuka.  

Buah jeruk merupakan buah yang perlu dikonsumsi selama puasa. Terdapat banyak alasan bagi kamu mengonsumsi buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon di bulan Ramadan. Selain rasanya yang enak, banyak pula orang yang menyukai jeruk karena kandungan airnya yang banyak dan menyegarkan.

Buah jeruk juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh saat menjalani puasa di bulan Ramadan. Berikut manfaat buah jeruk yang tidak bisa kamu sepelekan untuk membantu kamu menjalani puasa:

  1. Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi

Mengonsumsi jeruk akan membantu tubuh kamu lebih mudah menyerap zat besi. Ketika puasa, kebutuhan zat besi dalam tubuh sangat riskan, sehingga bisa membuat kamu mudah sakit. Dengan adanya bantuan buah jeruk, tubuh akan mendapatkan zat besi yang dibutuhkan tubuh, serta menjaga stamina selama berpuasa.

Baca juga: Trik Cepat untuk Cerahkan Punggung Kaki Hitam

  1. Terbebas dari Dehidrasi

Buah-buahan dalam kategori citrus memiliki kandungan air yang tinggi, misalnya grapefruit yang kandungan airnya mencapai 88 persen dan buah jeruk yang kandungan airnya mencapai 87 persen. Mengonsumsi buah jeruk saat sahur dan berbuka puasa dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

  1. Menghindari Penyakit Flu

Kamu dapat mempersingkat waktu gejala penyakit influenza dengan menyantap buah-buahan jenis citrus. Hal ini tentu bermanfaat jika kamu merasa tidak enak saat berpuasa. Karena waktu sakit bisa dipersingkat, aktivitas puasa kamu pun jadi tidak begitu terhambat.

  1. Tubuh Lebih Berenergi

Saat bulan puasa kamu tentu akan akrab dengan perasaan lemah, letih, dan lesu. Kamu dapat menghindari perasaan ini dengan mengonsumsi jeruk. Buah ini mengandung indeks glikemic rendah yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam tubuh secepat dan setinggi makanan-makanan lain. Artinya, kamu tidak akan cepat lelah karena energi kamu tidak terkuras dengan cepat.

Baca juga: Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini

  1. Kulit Lebih Bersinar

Manfaat lain dari makan buah jeruk selama puasa akan diterima oleh kulit kamu. Tidak ada lagi kulit kusam dan kering selama bulan puasa. Jangan sampai saat berpuasa, kulit kamu juga ikut tampak ‘lesu’. Dengan rutin menyantap jeruk dan grapefruit ternyata dapat membuat kulit wajah terlihat lebih muda dan kinclong, lho.

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, memang tubuh perlu diperkuat dengan asupan vitamin C. Dengan begitu, daya tahan tubuh mampu melawan berbagai penyakit. Asupan vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan, salah satunya jeruk. Jeruk yang kaya dengan vitamin C dan antioksidan terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Bahkan, jeruk mengandung phytochemicals yang mampu melawan agen penyebab kanker.

Baca juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi mengenai manfaat mengonsumsi buah jeruk saat puasa, kan? Jika kamu tetap mengalami gangguan penyakit selama puasa, meski sudah mengonsumsi buah jeruk, kamu dapat mengkomunikasikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.