5 Kiat Sehat Puasa Selama Mudik

5 Kiat Sehat Puasa Selama Mudik

Halodoc, Jakarta – Puasa sambil mudik bukan hal mudah. Banyak tantangan di perjalanan yang tak jarang mengganggu kelancaran berpuasa. Tak heran jika sebagian orang mengalami keluhan sakit selama di perjalanan, seperti dehidrasi, diare, flu, hingga infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Agar terhindar dari risiko tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat mudik. Apa saja?

Baca Juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Lancar Berpuasa Selama Mudik, Bisa!

Sahur dan berbuka puasa bisa dilakukan di dalam kendaraan saat mudik. Kuncinya adalah mengatur strategi agar tubuh tetap mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup. Lantas, bagaimana kiat berpuasa selama di perjalanan mudik?

1. Bawa Air yang Cukup

Kurangnya asupan cairan bukan hanya sebabkan dehidrasi, tapi juga bisa menurunkan fokus berkendara. Hal ini tentu berisiko bagi kamu yang mudik dengan mengendarai motor atau mobil. Pastikan kamu menyediakan minum yang cukup untuk sahur ataupun berbuka puasa di jalan.

Tak ada salahnya kamu menghitung lama waktu perjalanan, sehingga bisa menyediakan air yang cukup. Setidaknya, asupan cairan dianjurkan sebanyak dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat makan malam, dan dua gelas saat sahur.

2. Bawa Bekal Makanan

Terutama makanan sumber karbohidrat. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menyediakan makanan sumber kompleks (seperti nasi merah, roti, kentang, gandum, oatmeal) untuk sahur dan karbohidrat sederhana (seperti kue, permen, cokelat, jus buah) untuk berbuka. Perbedaannya terletak pada kecepatan waktu pencernaannya.

Karbohidrat kompleks lebih lama dicerna tubuh dibanding karbohidrat sederhana, sehingga kamu akan kenyang lebih lama setelah sahur. Sedangkan karbohidrat sederhana cenderung cepat dicerna tubuh, sehingga tubuh langsung mendapatkan energi. Pastikan kamu membawa sumber makanan lain, seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat. Jangan lupa untuk membawa camilan sehat (seperti buah) selama di perjalanan, ya.

Baca Juga: Begini Pola Hidup Sehat Saat Puasa

3. Cukup Istirahat

Kurang tidur saat mudik menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti kelelahan dan stres yang meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan di jalan.

Maka itu, pastikan kamu langsung berhenti ke rest area atau posko mudik yang tersedia untuk beristirahat sebentar. Gunakan waktu setidaknya 15 menit atau lebih untuk menghilangkan kantuk dan memulihkan energi, sebelum kamu melakukan perjalanan panjang lagi.

4. Olahraga

Olahraga, atau sekadar peregangan badan, bisa kamu sempatkan saat berhenti di rest area atau posko mudik. Lakukan setidaknya peregangan kaki, tangan, dan leher selama 15-20 menit untuk mencegah kekakuan otot dan pegal-pegal.

5. Jangan Menahan Pipis

Menahan pipis tidak dianjurkan karena bisa memicu infeksi saluran kencing, membuat kandung kemih lebih sensitif, kandung kemih membengkak, batu ginjal, interstitial cystitis, hingga gagal ginjal. Itu sebabnya, kamu tidak dianjurkan menahan pipis, meski sedang berada di dalam perjalanan. Lebih baik segera ke rest area untuk buang air kecil.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Itulah kiat sehat puasa selama mudik yang bisa kamu coba. Kalau kamu punya keluhan sakit saat perjalanan mudik, langsung bicara dengan dokter via aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!