5 Kiat untuk Menjaga Keseimbangan Hidup

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
menjaga hidup seimbang

Halodoc, Jakarta - Keseimbangan hidup merupakan kondisi saat seseorang mampu membagi waktu dan tenaga untuk kehidupan pribadi dan pekerjaannya. Bagi sebagian orang, kedua hal tersebut bisa sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kebutuhan ekonomi dan jenjang karir merupakan hal yang sangat penting. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena dengan beberapa tips berikut ini, kamu tetap bisa menjaga hidup seimbang tanpa mengorbankan salah satunya.

Baca juga: 5 Tanda Kalau Kamu Butuh Me Time

 

  • Me Time

 

Me time dapat kamu lakukan di akhir pekan, setiap 4-6 minggu sekali. Me time sendiri dapat kamu habiskan dengan berkumpul bersama sahabat dan keluarga, atau melakukan sesuatu yang digemari. Cobalah untuk bersantai tanpa melakukan atau berpikir tentang hal-hal yang dapat membebani pikiran.

Selain menggunakan waktu akhir pekan, kamu juga dapat melakukan me time dengan mengambil cuti tahunan. Sebaiknya kamu berhenti mengkhawatirkan pekerjaan di kantor ketika sedang berlibur. Pikirkan bahwa kamu telah melakukan yang terbaik, me time adalah waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh, agar dapat tetap fokus dan lebih produktif.

  • Utamakan Prioritas

Seseorang yang tidak dapat menjaga keseimbangan hidup rentan mengalami stres. Mereka terlalu mengkhawatirkan keadaan dan tanggung jawab di kantor maupun rumah. Untuk menentukan prioritas dan hal-hal penting lainnya yang harus dilakukan, kamu dapat membuat to do list. Tetaplah untuk fokus pada salah satunya, agar kamu dapat menjaga keseimbangan pikiran.

Baca juga: Bahaya Sakit Kepala karena Stres Bekerja

  • Meminta Bantuan

Terkadang, hal-hal dalam pikiran dapat hilang begitu saja dengan meminta bantuan atau bercerita dengan orang terdekat jika kamu tidak mampu melakukannya. Cobalah untuk berbicara dengan pasangan atau orang terdekat dalam hal ini.

Jangan gengsi hanya ingin terlihat mampu mengerjakan apapun seorang diri. Jangan pula merasa sungkan dan tidak ingin merepotkan orang lain. Karena jika hal-hal tersebut berkecamuk dalam pikiranmu, kamu akan sulit untuk menjaga keseimbangan hidup.

  • Berani Menolak

Jika dihadapkan dengan sesuatu atau pekerjaan yang berujung merugikan diri sendiri, tidak ada salahnya untuk menolak. Jangan memiliki sikap tidak enakan dengan orang lain, karena bisa saja pekerjaan tersebut berada di luar batas kemampuanmu. Alih-alih memiliki akhir pekan untuk bersantai, kamu malah memiliki tugas yang menumpuk karena sikap tidak enakan.

Kata “tidak” memang terlihat kasar, tapi kata tersebut dapat kamu ucapkan dengan bahasa yang halus dan sopan. Dalam hal ini, kejujuran menjadi hal yang penting, agar diri sendiri tidak merasa dirugikan.

  • Rutin Berolahraga

Olahraga bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, pikiran pun menjadi lebih tenang. Olahraga di akhir pekan dapat menjadi ide yang baik agar waktu liburmu menjadi lebih produktif. Selain itu, olahraga juga dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, sehingga kamu dapat lebih semangat bekerja dan menjalani kehidupan.

Baca juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Hanya diri sendiri yang dapat mewujudkan keseimbangan hidup. Selain beberapa poin yang telah disebutkan, kamu juga perlu menyisihkan waktu sebulan sekali untuk melakukan evaluasi diri. Dalam hal ini, kamu dapat memikirkan lebih matang tentang hal-hal yang ingin kamu wujudkan. Keseimbangan hidup akan membuat pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi lebih menyenangkan. 

Jika kamu membutuhkan solusi terbaik untuk kehidupanmu, psikolog di aplikasi Halodoc siap membantu. Dengan aplikasi ini, komunikasi dengan psikolog dapat dengan mudah dilakukan kapan dan di mana saja. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. 5 Ways to Find Balance in Your Life.
Life Hack. Diakses pada 2020. 10 Simple Ways to Find Balance and Get Your Life Back.