Harus Dicoba, 5 Kombinasi Makanan Ini Bisa Atasi Peradangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
harus-dicoba-5-kombinasi-makanan-ini-bisa-atasi-peradangan-halodoc

Halodoc, Jakarta- Peradangan atau inflamasi adalah kondisi di mana tubuh mengalami kerusakan pada area tertentu. Peradangan dapat terjadi akibat melemahnya daya tahan tubuh, usia dan berbagai kebiasaan negatif yang sering kamu lakukan. Kebiasaan buruk, seperti merokok, terlalu sering makan gorengan atau begadang, dapat memicu timbulnya peradangan lho, seperti radang pada tenggorokan. Meski gejala peradangan dapat hilang dengan sendirinya, jangan sampai kamu anggap remeh ya. Karena itu, gejala bisa jadi semakin parah jika tidak diatasi dengan tepat. 

Mengatasi peradangan sebenarnya dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengonsumsi kombinasi makanan sehat tertentu. Nah, apa saja makanan sehat tersebut? Yuk ketahui faktanya di sini!

Baca juga: 6 Jenis Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi Pengidap Miom

  • Sayuran Hijau dan Minyak Zaitun

Mengonsumsi makanan berminyak berlebihan memang berbahaya karena dapat menimbulkan penumpukan lemak. Namun, tidak semua minyak berbahaya bagi kesehatan kamu, lho. Salah satunya adalah minyak zaitun, karena mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun seperti lutein dan beta karoten, membantu tubuh dalam menyerap antioksidan. 

Lutein sendiri adalah antioksidan yang berfungsi untuk melawan peradangan pada mata, dan beta karoten berfungsi untuk mengurangi seluruh gejala peradangan pada orang dewasa. Kedua antioksidan tersebut dapat ditemukan pada sayuran hijau. Jadi, mengatasi peradangan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Seperti menyajikan salad sayuran yang dilengkapi dengan minyak zaitun sebagai dressing salad. 

  • Bayam dan Blueberry

Peradangan dapat terjadi pada berbagai area tubuh, salah satunya adalah peradangan pada otot. Peradangan pada otot seringkali terjadi akibat kelelahan pasca olahraga. Nah, kamu dapat mengatasinya dengan kombinasi sayuran bayam dan buah blueberry, lho. Kamu dapat menyajikan kombinasi makanan ini dengan cara dibuat smoothie atau dalam bentuk jus. Alasannya adalah khasiat bayam yang berguna untuk membantu fungsi otot untuk bekerja lebih efisien. Selain itu, bayam juga bermanfaat untuk pernapasan pada tubuh karena meningkatkan kinerja paru-paru dan aliran oksigen dalam darah. Sementara itu, buah blueberry bermanfaat untuk mengurangi gejala rasa sakit pada peradangan otot, akibat kelelahan berolahraga.  

  • Kacang dan Lemon

Jika kamu adalah wanita yang memasuki usia premenopause, risiko kamu untuk mengalami anemia defisiensi zat besi akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh jumlah sel darah merah sehat yang semakin berkurang karena kadar zat besi dalam tubuh yang juga berkurang. Nah, untuk mengatasinya, kamu harus rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Terdapat berbagai makanan dengan kandungan zat besi tinggi, seperti berbagai jenis kacang. 

Kamu dapat mengonsumsi kacang sebagai cemilan sehat pengganti makanan manis. Namun jangan lupa, kombinasikan kacang dengan makanan yang mengandung citrus alami dan mengandung karotenoid seperti lemon. Hal ini bertujuan agar proses penyerapan zat besi pada kacang berfungsi secara optimal. 

Baca juga: Tips Menu Sarapan Sehat dengan Telur

  • Ubi dan Cabai Rawit

Peradangan pada kulit seperti jerawat atau kulit kering dapat terjadi akibat kekurangan vitamin A. Nah, kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi ubi yang dipanggang atau direbus yang ditaburi dengan cabai rawit kering. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin A pada ubi sangat tinggi, sedangkan cabai rawit membantu proses penyerapan vitamin A pada tubuh.Maka dari itu, kombinasi keduanya membuat tubuhmu menyerap vitamin A dengan baik. 

  • Buah Raspberry dan Anggur

Siapa sangka, mengonsumsi buah-buahan, seperti anggur dan raspberry ternyata dapat mengatasi peradangan. Kedua buah tersebut sangat kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melawan zat radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, osteoporosis, serta kanker paru-paru. 

Baca juga: Mahal, Ini Manfaat Abalon untuk Kesehatan

Nah, penjelasan di atas adalah 5 kombinasi berbagai makanan sehat yang dapat melawan beberapa jenis peradangan pada tubuh kamu. Menjalani pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat secara rutin. Sebelum gejala peradangan berubah menjadi komplikasi serius, lebih baik kamu mencegah dan mengatasinya dengan makanan sehat yang dapat kamu peroleh dengan mudah. 

Jika bingung, kamu juga bisa bertanya pada ahli gizi di Halodoc untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk mengatasi peradangan. Caranya, pakai aplikasi Halodoc dengan download di ponsel kamu. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai untuk Beli Obat dan Cek Lab.

Referensi: 
Prevention.com. Diakses pada 2019. 7 Best Food Pairings That Fight Inflammation in 2019