• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Depresi bagi Orang Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Depresi bagi Orang Dewasa

5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Depresi bagi Orang Dewasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 September 2022

“Depresi merupakan masalah kesehatan mental yang umum terjadi pada orang dewasa. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi, meningkatkan suasana hati, dan membuat diri merasa lebih baik.”

5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Depresi bagi Orang Dewasa5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Depresi bagi Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta – Merasa sedih sesekali adalah hal yang wajar, tapi depresi bisa membuat seseorang merasa tidak bersemangat terus menerus, bahkan untuk melakukan hal-hal yang dulu mereka senangi. Mengatasi depresi memang tidak semudah yang dibayangkan, terkadang mencari bantuan profesional perlu dilakukan. 

Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang sangat sederhana yang bisa dilakukan orang dewasa untuk mengatasi masalah kesehatan mental tersebut. Dengan melakukan langkah-langkah kecil yang positif hari demi hari, kamu bisa segera menghilangkan kabut tebal depresi dan menemukan diri kamu lebih bahagia dan sehat,  serta kembali memiliki harapan. 

Cara Mengatasi Depresi Bagi Orang Dewasa

Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi depresi:

1. Tetap berhubungan dengan orang lain

Saat depresi, seseorang akan cenderung menarik diri dari keluarga atau teman-teman. Hal itu mungkin disebabkan karena mereka merasa terlalu lelah untuk bersosialisasi, malu dengan kondisi mereka, atau lainnya. Namun, mendapatkan dukungan dari orang lain memiliki peran penting dalam mengatasi depresi.

Saat sendirian, kamu sulit untuk menjaga perspektif yang sehat dan berusaha untuk mengatasi depresi. Sebaliknya, bersosialisasi bisa meningkatkan suasana hati dan menjadi cara untuk mengungkapkan rasa sedih kamu. Oleh karena itu, berusahalah untuk tidak menarik diri dari orang-orang terdekat. Tetaplah berkomunikasi dengan keluarga dan para sahabat, karena mereka yang mencintaimu pasti akan siap membantu kamu mengatasi depresi.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Untuk mengatasi depresi, kamu perlu melakukan hal-hal yang membuatmu rileks dan berenergi. Hal itu termasuk gaya hidup sehat, belajar untuk mengelola stres dengan baik, dan menjadwalkan kegiatan yang menyenangkan.

Meskipun depresi membuat kamu tidak bersemangat, bahkan untuk melakukan hal yang menyenangkan, tapi perlu mendorong diri sendiri untuk melakukan sesuatu, bahkan ketika kamu enggan.

Contohnya lakukanlah hobi atau olahraga yang sebelumnya kamu sukai. Misalnya seperti mendengarkan musik, pergi keluar dengan teman-teman, mendaki gunung, dan lain-lain. 

Mungkin depresi tidak akan langsung hilang, tapi lama kelamaan kamu akan merasa lebih optimis dan berenergi saat kamu meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

3. Aktif bergerak

Saat depresi, untuk bangun dari tempat tidur saja terasa sangat sulit, apalagi berolahraga! Namun, olahraga adalah cara mengatasi depresi yang efektif, dan merupakan salah satu bagian terpenting dalam upaya pemulihan. 

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur sama efektifnya dengan obat untuk meredakan gejala depresi. Hal ini juga membantu mencegah masalah kesehatan mental tersebut kambuh setelah kamu sehat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, berolahragalah minimal 30 menit per hari. Ini tidak harus sekaligus, dan tidak apa-apa untuk memulai dari yang mudah. Misalnya berjalan kaki  selama 10 menit yang mampu meningkatkan mood selama dua jam.

4. Konsumsi makanan sehat anti depresi

Tahukah kamu bahwa apa yang kamu makan bisa memberi dampak langsung pada perasaanmu?. Jadi, kurangi asupan makanan yang bisa memengaruhi otak dan suasana hati. Misalnya seperti kafein, alkohol, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung pengawet kimia dan hormon yang tinggi, seperti daging tertentu.

Sebaliknya, tingkatkanlah suasana hati kamu dengan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut berperan penting dalam menstabilkan mood. Sumber terbaik untuk asam lemak omega-3 adalah salmon, sarden, tuna, atau suplemen minyak ikan. 

Selain itu, penuhi juga kebutuhan tubuh akan vitamin B. Pasalnya, kekurangan vitamin B seperti asam folat dan B-12, bisa memicu depresi. Untuk mendapatkan asupan nutrisi tersebut, konsumsilah suplemen vitamin B kompleks atau makan lebih banyak buah jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, ayam, dan telur.

5. Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari bisa membantu meningkatkan kadar serotonin dan memperbaiki suasana hati. Jadi, usahakanlah untuk keluar rumah pada pagi atau siang hari untuk mendapatkan paparan sinar matahari setidaknya selama 15 menit sehari. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

Bila kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas, tapi depresi tidak kunjung membaik, bahkan memburuk, segeralah cari bantuan profesional. Enggak perlu bingung, kamu bisa berobat ke psikolog atau psikiater dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkanmu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2022. Coping with Depression.
National Health Service Diakses pada 2022. How to cope with depression