5 Latihan Rutin yang Mesti Dicoba di 2019

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Latihan Rutin yang Mesti Dicoba di 2019

Halodoc, Jakarta - Tahun berganti, begitu pula dengan resolusi. Namun, tetap pastikan bahwa resolusi kamu termasuk juga dengan olahraga. Apalagi untuk kamu yang ingin turun berat badan. Supaya lebih semangat, coba ganti jenis olahraganya. Misalnya, tambahkan latihan yang bisa membantu membakar lemak, membangun otot sekaligus membentuk postur tubuh.

Lalu, apa saja sih, jenis olahraga ampuh untuk turunkan berat badan yang bisa dicoba? Berikut ulasannya, simak ya!

  • Gerakan Bird Dogs

Sekilas, gerakan ini terlihat sulit namun ternyata tidak demikian. Gerakan ini membantu melatih otot tubuh hingga ke bagian punggung, yang merupakan otot penting yang membantu memberikan kekuatan dan stabilitas. Cara melakukan gerakan ini sederhana, ambil posisi merangkak, lalu angkat lengan kanan dan kaki kiri tanpa melengkungkan punggung. Tahan selama 5 hingga 10 detik lalu turunkan. Ulangi gerakan dengan mengganti lengan kiri dan kaki kanan.

  • Gerakan Romanian Deadlift

Latihan atau olahraga ampuh untuk turunkan berat badan berikutnya adalah gerakan Romanian deadlift. Gerakan ini mendukung kekuatan kaki. Gerakan latihan ini bisa kamu variasikan, seperti misalnya sembari memegang barbel. Caranya, pegang barbel sembari menjaga lengan tetap lurus dan lutut sedikit ditekuk.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Bikin Latihan Kardio Tidak Efektif

Lalu, tekuk panggul perlahan dan turunkan barbel tanpa menekuk punggung. Cara membantu agar punggung tetap lurus, kamu bisa melihat lurus ke depan, bukan ke bawah. Pastikan barbel sejajar dengan mata kaki sebelum kamu mengangkatnya kembali.

  • Gerakan Elbow Plank

Apabila kamu ingin mendapatkan kekuatan pada bagian inti tubuh, gerakan ini harus ada dalam program latihan kamu. Caranya, sediakan matras tipis atau matras untuk yoga, lalu berbaringlah bertumpu pada lengan hingga siku dan lutut. Tekuk kaki ke arah dalam satu per satu. Pastikan tulang punggung tetap lurus, ya!

  • Gerakan Dumbbell Squat Press

Olahraga ampuh untuk turunkan berat badan lainnya yaitu gerakan dumbbell squat press. Selain meningkatkan kekuatan otot tubuh, latihan ini juga membantu membentuk otot tubuh tanpa lemak.

Baca juga: Intip Cara untuk Bentuk Perut Sixpack

Awali gerakan dengan posisi berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul lengan terangkat setinggi bahu dan siku ditekuk, dan tahan beban barbel hingga sejajar dengan telinga. Lalu, tekuk lutut seolah-olah kamu sedang duduk di kursi, dan tumpukan berat badan pada tumit. Dorong beban hingga berada di atas kepala ketika kamu ingin berada di posisi berdiri kembali.

  • Gerakan Push-up

Gerakan satu ini sudah tidak asing lagi pastinya buat kamu. Gerakan push-up membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas. Awali gerakan dengan posisi telungkup, bentangkan telapak tangan sejajar dengan bahu, begitu pula dengan posisi kaki. Turunkan tubuh perlahan dan jaga punggung tetap pada posisi lurus. Tekuk siku ke luar menyamping saat kamu menurunkan tubuh.

Baca juga: 5 Prinsip Membentuk Otot yang Wajib Pria Ketahui

Itu tadi beberapa latihan dan olahraga yang ampuh menurunkan berat badan yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Tetap konsisten melakukannya, jangan berharap hasilnya akan cepat, karena semua butuh proses. Jangan lupa konsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Supaya lebih mudah dalam membelinya, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc dan pilih layanan Beli Obat. Yuk, coba sekarang!