• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Berfermentasi yang Baik untuk Kesehatan

5 Makanan Berfermentasi yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Makanan Berfermentasi yang Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tetap optimal. Berbagai jenis makanan perlu kamu konsumsi. Salah satunya adalah makanan berfermentasi

Baca juga: Kenalan dengan 4 Manfaat Susu Fermentasi

Fermentasi menjadi salah satu jenis teknik yang dikenal untuk mengawetkan sebuah makanan. Tentunya makanan fermentasi memiliki banyak kandungan baik didalamnya. Salah satunya adalah probiotik yang selalu dikaitkan dengan kesehatan pencernaan hingga kekebalan tubuh.

Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui lebih banyak berbagai jenis makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan. Yuk, simak lebih lengkap dalam artikel ini.

Kenali Proses Fermentasi

Fermentasi merupakan proses alami di mana mikroorganisme, seperti ragi serta bakteri diubah menjadi karbohidrat. Umumnya, proses fermentasi juga mendorong pertumbuhan bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik. Untuk itu, sangat tepat mengonsumsi makanan fermentasi guna meningkatkan kesehatan pencernaan serta sistem kekebalan tubuh.

Makanan fermentasi cukup dinilai aman untuk dikonsumsi siapa saja. Namun, bagi beberapa orang makanan fermentasi terkadang menyebabkan efek samping yang cukup ringan. Makanan fermentasi dapat memicu kondisi kembung pada perut

Tidak hanya itu, terkadang makanan fermentasi juga mengandung gula yang cukup tinggi. Karena itu, seseorang dengan penyakit diabetes perlu memastikan kandungan makanan fermentasi yang akan dikonsumsi.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

Inilah Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan

Selain meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, ternyata makanan fermentasi memiliki banyak manfaat yang tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan. Berikut ini beberapa jenis makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan.

1.Tempe

Selain lezat dan murah, tempe menjadi salah satu jenis makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini memiliki kandungan probiotik cukup tinggi. Selain itu, tempe memiliki kandungan protein nabati dan asam amino esensial yang baik untuk kesehatan tubuh.

2.Miso

Miso menjadi salah satu bumbu makanan yang dibuat melalui proses fermentasi kedelai, garam, dan jamur koji. Sebuah penelitian pada tahun 2003, 21.852 wanita Jepang yang mengonsumsi miso memiliki risiko lebih rendah mengalami kanker payudara. Tentunya, manfaat miso akan lebih optimal saat kamu menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

3.Kimchi

Kimchi menjadi salah satu makanan fermentasi yang cukup terkenal dikalangan pecinta makanan korea. Makanan fermentasi yang terbuat dari kubis dan lobak ini bisa membantu kamu meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun, perhatikan saat mengonsumsi kimchi. Rasa kimchi yang asam dan pedas dapat memicu asam lambung.

4.Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang difermentasi menggunakan bakteri asam laktat. Selain mengandung probiotik, yoghurt juga memiliki kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan. Mulai dari kalsium, kalium, fosfor, riboflavin, hingga vitamin B12.

5.Teh Kombucha

Kombucha merupakan salah satu jenis teh hitam yang difermentasi menggunakan ragi dan bakteri. Kombucha memiliki banyak nutrisi didalamnya, seperti asam amino esensial, vitamin B, dan juga vitamin C. Hal yang perlu diperhatikan, beberapa teh kombucha mengandung alkohol.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Konsumsi Yoghurt Bikin Pencernaan Sehat

Itulah beberapa jenis makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan. Jangan ragu untuk kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan ketika kamu memiliki keluhan kesehatan setelah mengonsumsi makanan fermentasi. 

Manfaat dari makanan fermentasi akan lebih terasa manfaatnya ketika kamu mengonsumsi makanan tersebut secara seimbang dengan pola makan yang tepat. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Fermentation? The Lowdown on Fermented Foods.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Fermented Foods and Drinks to Boost Digestion and Health.
Journal of The National Cancer Institute. Diakses pada 2021. Soy, Isoflavones, and Breast Cancer Risks in Japan.
Nutrients. Diakses pada 2021. Fermented Foods: Definitions and Characteristics, Impact on The Gut Microbiota and Effects on Gastrointestinal Health and Disease.