5 Makanan Ini Bisa Rusak Jika Disimpan di Freezer

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
makanan yang rusak disimpan di freezer

Halodoc, Jakarta - Freezer merupakan sebuah alat bersuhu rendah yang banyak digunakan sebagai pembeku makanan atau produk makanan. Alat yang satu ini akan dipasang pada suhu 0 derajat Celsius atau kurang dari 0 derajat Celsius untuk menjaga kualitas makanan beku di dalamnya. Jika suhu menurun, freezer akan mencair dengan sendirinya, sehingga dapat merusak kualitas di dalamnya. 

Baca juga: Bisa Rusak Fungsi Saraf, Waspada 4 Makanan Ini Agar Jauh dari Botulisme

Menyimpan makanan dalam freezer memang sangat praktis. Selain itu, makanan bisa bertahan lebih lama. Apalagi jika kamu menyimpan makanan yang dapat bertahan lama, seperti daging, es krim, serta makanan instan lainnya. Meski freezer dengan suhu yang relatif sangat rendah dapat membunuh bakteri dan kuman pada makanan di dalamnya, tapi tidak semua makanan dapat disimpan di dalamnya. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa rusak jika disimpan di freezer.

  • Susu

Susu memang baik jika disimpan di dalam freeze, tapi jika kamu tidak memperhatikan suhunya dengan baik, susu bisa saja rusak. Rusaknya susu ini akan merusak tekstur asli dan mengurangi rasanya. Tidak hanya itu, lemak pada susu juga dapat terpisah karena suhunya yang berubah.

  • Telur

Bahan makanan tertentu akan bertahan lebih lama di dalam freezer, tapi tidak untuk telur. Bahan makanan yang satu ini justru akan lebih cepat rusak karena putih telur di dalamnya akan ikut membeku dan mengembang, sehingga akan membuat cangkang telur retak. Retakan inilah yang membuat telur menjadi kurang sehat, karena retakan ini yang menjadi jalan masuknya bakteri. Jika hal ini terjadi, seseorang yang mengonsumsi telur tersebut bisa saja mengalami masalah kesehatan akibatnya bakteri yang masuk ke dalam telur.

Baca juga: 3 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Neuropati

  • Daging Matang

Daging mentah merupakan salah satu makanan yang kerap disimpan di dalam freezer. Lalu, bagaimana dengan daging matang? Daging matang yang disimpan di dalam freezer akan membuat makanan lain mengalami kerusakan. Sebab, daging matang telah melalui proses pemasakan dengan berbagai bumbu yang mudah terkontaminasi bakteri. Jika daging matang dimasukkan ke dalam freezer, maka akan merusak makanan lain di dalamnya.

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung air di dalamnya. Maka, ketika kamu memutuskan untuk memasukkannya ke dalam freezer, konsistensinya akan berubah menjadi permanen. Hal ini akan membuat kentang bertekstur lembek dan berlendir jika dicairkan kembali. Jika hal ini terjadi, kentang akan semakin sulit untuk dimasak.

  • Sayuran Hijau

Sayuran yang dimasukkan ke freezer memang masih bisa dikonsumsi dengan ditumis atau direbus, tapi tidak untuk lalapan atau salad. Sayuran hijau mengandung banyak air, maka ketika dibekukan, air akan bertambah dan menghancurkan dinding sel yang mempertahankan struktur daun. Ketika dikeluarkan dari freezer, sayuran akan bertekstur layu dan basah. Oleh karena itu, sayuran ini tidak bisa dimakan mentah seperti sebagai lalapan atau salad.

Baca juga: Ketahui 8 Jenis Makanan yang Rentan Sebabkan Keracunan Makanan

Freezer atau lemari pendingin ini menjadi salah satu solusi sebagai penyimpanan makanan. Namun, masih banyak orang yang belum paham dan tidak mengerti jenis makanan apa yang dapat disimpan di dalamnya. Selain menghilangkan kandungan nutrisi yang ada dalam makanan, beberapa makanan yang tidak cocok disimpan dalam freezer juga menjadi tidak segar jika dikonsumsi.

Kamu punya pertanyaan soal kesehatan? Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa berkomunikasi dengan dokter kapan dan di mana saja. Kamu juga bisa lho beli obat di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan sampai dalam waktu kurang dari satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
UNL Food (2019). Refrigerator and Freezer Storage
The Daily Meal (2019). Foods You Should Never Freeze