Awas, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Awas, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan peradangan pada sendi. Penyakit asam urat disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam darah. Pola makan yang sehat dapat membuat kamu terhindar dari penyakit asam urat. 

Beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu menurunkan kadar asam urat, sehingga mengurangi risiko asam urat atau serangan asam urat. Ingin tahu makanan apa saja yang harus dihindari pengidap asam urat? Selengkapnya di bawah ini!

Hindari Daging dan Konsumsi Buah

Kelebihan asam urat dapat membentuk kristal seperti jarum pada persendian yang dapat menyebabkan kemerahan, nyeri hebat, dan pembengkakan pada persendian. Penyakit asam urat sebagian besar terjadi di jari kaki besar, tetapi ada juga kemungkinan tinggi bahwa itu dapat terjadi pada jari, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. 

Makanan yang kamu makan memainkan peran yang sangat penting dalam meminimalkan atau memicu serangan asam urat. Serangan asam urat terutama dipicu karena asupan makanan yang tinggi purin.

Baca juga: Ini Tanda Kadar Asam Urat Normal

Mencerna purin dapat membuat tubuh memproduksi asam urat sebagai produk limbah, sehingga memperparah situasi asam urat. Makanan yang aman buat pengidap asam urat adalah buah-buahan dan sayuran, contohnya kentang, kacang polong, jamur, kacang-kacangan, seperti lentil, kacang, kacang kedelai, semua produk kacang-kacangan dan biji-bijian, dan produk susu. Namun, ada juga makanan tertentu yang harus hindari jika tidak mau asam uratmu kambuh.

  1. Daging Merah

Daging merah dan bagian dari organ dalam seperti hati, ginjal, dan otak harus dihindari pengidap asam urat. Ini dikarenakan mengandung kadar purin yang tinggi dan karenanya dapat berakibat fatal terhadap penyakit asam urat. Daging lain, seperti daging burung, daging sapi muda, dan daging rusa juga harus dihindari. Ini dapat memicu serangan asam urat di malam hari.

  1. Minuman Tinggi Fruktosa

Minuman tinggi fruktosa dan gula dapat dengan cepat meningkatkan pembentukan asam urat dan karenanya meningkatkan keparahan penyakit asam urat. Meskipun minuman semacam itu tidak mengandung purin tinggi, tetapi jenis minuman ini tetap bisa berbahaya karena kandungan fruktosa yang tinggi. 

Minuman tersebut meningkatkan asam urat dengan mengaktifkan proses seluler tertentu dalam tubuh. Karenanya, seseorang harus menghindari jus buah, minuman manis, dan alkohol (terutama bir).

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

  1. Karbohidrat Olahan

Konsumsi karbohidrat olahan, seperti roti putih, kue, nasi putih, gula, dan kue kering harus dihentikan secara serius selama mengidap asam urat. Makanan semacam itu tidak tinggi purin atau fruktosa tinggi, tetapi nilai gizinya sangat rendah yang menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.

  1. Makanan yang Diproses

Makanan olahan, seperti keripik, makanan ringan, makanan beku harus dihindari jika kamu mengidap asam urat. ataupun encok. Mereka adalah makanan yang tidak sehat dan dapat memperburuk masalah asam urat di persendian.

  1. Ikan dan Kerang

Konsumsi ikan dan kerang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh selama asam urat. Ikan yang harus dihindari adalah herring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, dan haddock. Kerang yang harus dihindari terutama termasuk udang dan lobster.

Ingin tahu informasi selengkapnya mengenai asam urat, tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Doctor NDTV. Diakses pada 2019. 7 Foods To Avoid If You Have Gout Disease.
Practical Management. Diakses pada 2019. Gout Diet: Foods to Eat (and Not Eat) with Gout.