• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Makanan Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Makanan Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

“Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Oleh karena itu, kamu membutuhkan asupan tambahan dari makanan yang dikonsumsi, seperti sayuran, buah-buahan, hingga suplemen atau multivitamin. Untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan vitamin C pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan ini.”

Halodoc, Jakarta – Hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Di samping menjaga kebersihan dan kesehatan, kamu juga perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi vitamin C untuk menunjang tujuan tersebut. Berikut ini 7 makanan yang merupakan sumber vitamin C:

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

1. Jeruk

Jeruk

Dalam satu buah jeruk ukuran sedang mampu memberikan 70 miligram vitamin C, atau setara dengan 78 persen dari kebutuhan harian tubuh. Buah ini bukan hanya mengandung tinggi vitamin C saja, tetapi juga berbagai nutrisi dan mineral lain, seperti karbohidrat, serat, kalium, dan asam folat.

2. Kiwi

Kiwi

Dalam satu buah kiwi mengandung 92.7 miligram vitamin C. Bukan itu saja, kiwi juga mengandung berbagai nutrisi dan mineral lain, seperti energi, protein, serat, sukrosa, glukosa, fruktosa, kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin E dan K. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kiwi mampu mengurangi stres, dan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

3. Brokoli

Brokoli

Dalam secangkir brokoli mengandung 51 miligram vitamin C, atau setara dengan 57 persen dari kebutuhan harian tubuh. Selain vitamin C, brokoli mengandung serat, folat, mineral, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, serta vitamin E dan K.

Baca juga: 6 Buah yang Mengandung Tinggi Vitamin C

4. Stroberi

Stroberi

Dalam satu porsi stroberi mengandung 51,5 miligram vitamin C, atau setara dengan 50 persen dari kebutuhan harian tubuh. Bukan itu saja, buah yang berasa masam ini juga mengandung karbohidrat, serat, protein, kalsium, folat, dan vitamin B6.

5. Tomat

Tomat

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, tomat mampu menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung, dan kanker. Selain vitamin C, buah ini mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan potasium.

Baca juga: Vitamin C Tidak Cukup Tingkatkan Imun Tubuh

Itulah beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan tinggi vitamin C di dalamnya. Jika kamu ada pertanyaan terkait dengan penjelasan di atas, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya. 

Referensi:

Medline Plus. Diakses pada 2021. Vitamin C.

Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the best foods for vitamin C?

NHS UK. Diakses pada 2021. Vitamin C.