• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Kesehatan Jantung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Kesehatan Jantung

5 Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Kesehatan Jantung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Oktober 2022

“Untuk menjaga kesehatan jantung, penting untuk membatasi asupan lemak, terutama lemak tidak sehat. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan rendah lemak yang kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan jantung.”

5 Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Kesehatan Jantung5 Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta – Ketika berbicara mengenai kesehatan jantung, apa yang kamu makan memiliki pengaruh yang cukup besar. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat memperingatkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, kolesterol dan garam bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan jantung. 

Nah, itulah mengapa kamu dianjurkan untuk membatasi makanan tidak sehat tersebut seminim mungkin. Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak yang kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan jantung. Yuk, cari tahu pilihannya di sini.

Pilihan Makanan Rendah Lemak untuk Jantung

Berikut pilihan makanan rendah lemak yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Ikan Salmon

Meskipun termasuk ikan berlemak, kandungan lemak yang dimiliki ikan salmon merupakan jenis lemak yang sehat, yaitu lemak tak jenuh yang disebut juga asam lemak omega-3. American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya lemak sehat ini setidaknya dua kali seminggu, karena bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan rendah lemak yang tidak mengandung kolesterol. Terlebih lagi, makanan sehat ini kaya akan serat, protein, vitamin B dan mineral penting, seperti magnesium, seng dan zat besi. Kacang-kacangan tidak hanya bisa menjadi camilan yang baik untuk menurunkan berat badan, tapi juga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Dada ayam

Makanan rendah lemak lainnya yang baik untuk kesehatan jantung adalah dada ayam. Satu porsi (85 gram) dada ayam panggang tanpa kulit hanya mengandung 3 gram lemak, tapi bisa memberikan asupan protein sebanyak 26 gram.

4. Putih telur

Putih telur merupakan makanan rendah lemak, karena lemak dan kolesterol dalam telur terkonsentrasi di kuning telur. Faktanya, putih dari satu telur besar mengandung 0 gram lemak, tapi bisa memberikan protein yang banyak. Itulah mengapa putih telur bisa menjadi alternatif telur utuh untuk kesehatan jantungmu.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau hampir tidak mengandung lemak dan sarat dengan mineral dan vitamin yang bermanfaat, termasuk kalsium, kalium, folat, dan vitamin A dan K. Makanan sehat ini juga sangat kaya akan senyawa tanaman tertentu yang terbukti  bisa mengurangi peradangan di tubuh.

Tidak heran bila penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi sayuran berdaun hijau bisa mencegah penyakit jantung. Contoh sayuran berdaun hijau yang sehat, antara lain bayam, kale, selada romaine, dan lain-lain.

Itulah makanan rendah lemak yang baik untuk jantung. Bila kamu memiliki kolesterol tinggi, penting untuk mengontrol kadar kolesterol dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Nah, untuk mendapatkan obat dan vitamin, gunakan saja aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Low-Fat Foods That Are Good For Your Health.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Omega-3 in fish: How eating fish helps your heart.