• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Sehat untuk Kesehatan Kulit Wajah

5 Makanan Sehat untuk Kesehatan Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang mulus dan sehat merupakan dambaan banyak orang. Tidak heran jika banyak orang yang merogoh kocek hingga jutaan untuk melakukan sekali perawatan kulit. Sebelum melakukan sederet perawatan mahal untuk mendapatkan kulit mulus dan sehat, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan sehat ini. Berikut makanan untuk kesehatan kulit!

Baca juga: 5 Perawatan Kulit yang Tepat untuk Atasi Flek Hitam

Makanan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sebagai organ terluar dan terluas dalam tubuh, kulit memiliki fungsi dan peranan penting. Mulai dari pelindung tubuh terhadap sinar matahari, sebagai produsen vitamin D, serta membantu mengatur suhu tubuh. Karena fungsinya yang sangat penting, kamu perlu merawat kulit agar tetap sehat dan mulus, terutama kulit wajah.

Mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus bisa terjadi jika kamu rajin mencukupi kebutuhan nutrisi harian kulit. Hal tersebut dikarenakan, dalam makanan yang kamu konsumsi terkandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, lemak sehat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Berikut makanan untuk kesehatan kulit!

1.Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang direkomendasikan sebagai makanan untuk kesehatan kulit. Sayuran ini mengandung likopen yang dapat melindungi kulit wajah kamu dari bahayanya paparan sinar matahari. Saat seorang terkena paparan sinar UV secara langsung, lama-kelamaan mereka akan mengalami kerusakan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi sebanyak 40 gram tomat secara rutin setiap harinya.

2.Brokoli

Makanan untuk kesehatan kulit selanjutnya adalah brokoli. Sayuran ini mengandung vitamin C, lutein, serta zinc. Lutein sendiri merupakan zat serupa beta karoten, yang merupakan pigmen alami kulit yang terdapat dalam buah dan sayuran. Ketiga jenis nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari bahaya radikal bebas, sehingga kulit tetap terlihat sehat dan mulus. Sampai sini, apakah kamu mau mencobanya?

Baca juga: Waspada Efek Radiasi Sinar UV Meningkat, Lakukan 5 Hal Ini

3.Ubi Jalar

Bukan hanya memiliki rasa yang enak, ubi jalar juga menjadi makanan untuk kesehatan kulit yang kaya akan kandungan beta karoten. Nah, beta karoten sendiri berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari (UV), mencegah munculnya kulit kering, serta melawan keriput. Beta karoten dalam tubuh juga bisa diubah menjadi vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata, tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4.Ikan

Ikan yang direkomendasikan sebagai makanan untuk kesehatan kulit adalah ikan kembung, ikan tongkol, ikan salmon, serta ikan tuna. Ikan-ikan tersebut baik dalam menjaga kesehatan kulit karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya yang mampu menjaga kulit tetap kenyal dan lembap. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

5.Alpukat

Vitamin A, vitamin C, lemak sehat, dan serat yang terkandung dalam buah alpukat merupakan kombinasi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Nah, kamu tidak perlu repot untuk mencari makanan-makanan dengan berbagai macam kandungan baik tersebut, karena alpukat sudah memiliki semuanya. Jika dikonsumsi secara rutin, alpukat mampu melawan tanda penuaan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: Benarkah Lipstik Bisa Menjadi Penyebar Virus Herpes?

Selain beberapa makanan tersebut, salah satu minuman yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan kulit adalah teh hijau. Bukan hanya nikmat dikonsumsi saat bersantai saja, ternyata teh hijau memiliki kandungan baik yang dapat menyehatkan kulit wajahmu. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Jika kamu menginginkan kulit wajah yang sehat dan mulus, sebaiknya mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat tersebut, ya! Pastikan juga kamu mengimbanginya dengan pola hidup sehat, seperti banyak mengonsumsi air putih, cukup beristirahat, kelola stres dengan baik, serta rajin berolahraga. Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, berdiskusi langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc bisa jadi solusinya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods for Healthy Skin.
Verywell Fit. Diakses pada 2020. Foods That are Good for Your Skin.