• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kinerja Otak

5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Otak adalah organ vital yang berfungsi sebagai pusat kendali tubuh. Organ ini bertugas menjaga agar jantung kamu tetap berdetak dan paru-paru tetap bernapas, serta memungkinkan kamu untuk bergerak, merasakan sesuatu dan berpikir. 

Itulah mengapa penting bagi kamu untuk menjaga otak tetap dalam kondisi yang prima agar dapat berfungsi dengan baik. Nah, tahukah kamu, makanan berperan dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan tertentu, seperti memori dan konsentrasi.

Berikut ini daftar makanan sehat yang dapat meningkatkan kinerja otak, yaitu:

1.Ikan Berlemak

Berbicara mengenai makanan yang baik untuk otak, ikan berlemak berada di urutan teratas. Jenis ikan berlemak seperti salmon, trout, dan sarden, merupakan sumber asam lemak omega-3. Sekitar 60 persen otak terbuat dari lemak, dan setengah dari lemak itu adalah jenis omega-3.

Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel otak dan saraf, serta penting untuk pembelajaran dan memori. Jenis lemak ini juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk otak, antara lain memperlambat penurunan mental, terkait usia dan membantu menangkal penyakit Alzheimer. Di sisi lain, kekurangan omega-3 sering dikaitkan dengan gangguan belajar dan depresi.

Itulah mengapa ikan berlemak adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Baca juga: Ini 6 Jenis Ikan dengan Kandungan Omega 3 Tinggi

2.Kopi

Bila kamu punya kebiasaan minum kopi di pagi hari, informasi ini mungkin bisa menjadi kabar baik buat kamu. Faktanya, dua komponen utama dalam kopi, yaitu kafein dan antioksidan baik untuk kesehatan otak. 

Kafein dalam kopi punya sejumlah efek positif pada otak, antara lain:

  • Meningkatkan Kewaspadaan

Kafein membuat otak tetap waspada dengan cara memblokir adenosine, yaitu pembawa pesan kimiawi yang menyebabkan rasa kantuk.

  • Meningkatkan Suasana Hati

Kafein juga dapat meningkatkan beberapa neurotransmitter yang memberi “perasaan baik”, seperti serotonin.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum segelas besar kopi di pagi hari atau minum dalam jumlah yang sedikit sepanjang hari, dapat mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi dengan efektif.

Minum kopi dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurologis, seperti Parkinson dan Alzheimer. Hal itu sebagian karena kadar antioksidan dalam kopi yang tinggi.

3.Bluberi

Buah berukuran kecil ini ternyata punya manfaat yang besar untuk kesehatan, termasuk untuk otak. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam bluberi dan buah beri berwarna gelap lainnya memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bermanfaat untuk melawan stres oksidatif dan peradangan, dua hal yang berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.

Penelitian yang dilakukan pada hewan di laboratorium juga menunjukkan bahwa bluberi membantu meningkatkan daya ingat, hingga memperlambat terjadinya kehilangan memori jangka pendek.

Baca juga: Ini Kandungan Vitamin dari Jenis Buah Beri

4.Kunyit

Rempah-rempah berwarna kuning tua yang sering digunakan dalam masakan ini juga memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, sudah terbukti dapat langsung masuk ke otak dan memberi manfaat bagi sel-sel di sana.

Selain itu, senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang kuat pada kunyit juga memberikan manfaat berikut untuk otak:

  • Bermanfaat untuk Memori

Kurkumin membantu meningkatkan daya ingat pada pengidap Alzheimer. Kandungan tersebut juga mampu membersihkan plak amyloid yang merupakan ciri khas penyakit tersebut.

  • Meredakan Depresi

Kunyit meningkatkan serotonin dan dopamine yang keduanya bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Menurut sebuah studi, kurkumin dapat memperbaiki gejala depresi sama baiknya seperti obat antidepresan.

  • Membantu Sel-sel Otak Baru Tumbuh

Kurkumin juga dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yaitu sejenis hormon pertumbuhan yang membantu sel-sel otak tumbuh. Dengan demikian, mengonsumsi kunyit dapat membantu menunda penurunan mental terkait usia.

5.Brokoli

Brokoli dikemas dengan senyawa tumbuhan yang kuat, salah satunya antioksidan. Sayuran super ini kaya vitamin K yang dapat memenuhi lebih dari 100 persen asupan harian yang direkomendasikan hanya dengan mengonsumsi satu cangkir (91 gram). Vitamin K bermanfaat untuk meningkatkan memori menjadi lebih baik.

Selain vitamin K, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Otak dengan Kemampuan Bilingual

Nah, itulah makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerja otak kamu. Selain melalui makanan, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk otak dengan mengonsumsi suplemen. Kamu bisa membeli suplemen untuk otak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory.