• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan untuk Mencegah Mabuk saat Mudik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan untuk Mencegah Mabuk saat Mudik

5 Makanan untuk Mencegah Mabuk saat Mudik

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 April 2022

“Banyak hal yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan mudik jadi lebih nyaman. Salah satunya adalah asupan makanan dan minuman. Supaya tidak mengalami mabuk perjalanan saat mudik, kamu bisa mengonsumsi makanan ini.”

5 Makanan untuk Mencegah Mabuk saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Pekan lebaran semakin dekat, masyarakat telah mulai melakukan perjalanan mudik kembali ke kampung halaman, baik menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Namun, bagi beberapa orang, melakukan perjalanan baik melalui jalur darat, laut, dan udara tentu menimbulkan tantangan tersendiri. Ini karena mereka rentan mengalami mabuk perjalanan. Bukan tanpa alasan, mabuk akan membuat perjalanan pastinya menjadi kurang nyaman.

Mengapa Tubuh Mengalami Mabuk Perjalanan?

Sebenarnya, mengapa tubuh bisa mengalami mabuk ketika sedang dalam perjalanan? Ternyata, mabuk perjalanan terjadi salah satunya disebabkan karena cara kerja otak. Ketika melakukan perjalanan, otak akan mengirimkan sinyal kalau tubuh terus bergerak dan membuat perut turut bereaksi, sehingga muncul rasa mual. Sementara itu, organ tubuh, seperti mata dan telinga bagian dalam yang termasuk organ sensorik keseimbangan akan mengirim pesan yang berbeda ke otak dalam waktu yang sama. 

Inilah mengapa, ketika sedang mengalami mabuk perjalanan, kamu merasa mual, ingin muntah, dan sakit kepala. Meski demikian, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mencegah mabuk perjalanan. Apa saja? Berikut ulasannya:

  1. Buah Kering

Tidak banyak yang tahu kalau buah yang sudah dikeringkan dapat membantu menenangkan saraf sensorik pada tubuh. Sebab, buah kering memiliki kandungan sodium yang tinggi yang dapat mencegah muntah atau mabuk saat di perjalanan. Jadi, kamu tetap aman mengonsumsinya tanpa harus merasa mual dan ingin muntah. 

  1. Pisang

Makanan untuk mencegah mabuk selanjutnya adalah buah pisang. Buah satu ini punya kandungan protein dan kalium yang cukup tinggi yang mampu membantu mengembalikan kebutuhan mineral tubuh sekaligus memberikan nutrisi. Konsumsi satu hingga dua buah pisang dapat membantu mengurangi mual sekaligus memberikan energi pada tubuh selama dalam perjalanan. 

  1. Jahe

Jahe memang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah membantu meredakan mabuk perjalanan. Kamu hanya perlu menyiapkan jahe yang sudah diparut, lalu mengonsumsinya sebanyak setengah sendok teh. Kandungan dalam jahe dapat membantu membuat indera tubuh lebih rileks sekaligus memberikan efek menenangkan ketika di perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat untuk dikonsumsi sebelum berangkat. 

  1. Roti Gandum

Selain menyehatkan, roti gandum juga termasuk dalam makanan untuk mencegah mabuk perjalanan. Roti gandum lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak membuat perut terasa penuh yang memicu munculnya rasa mual. Selain itu, gandum juga kaya akan serat yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

  1. Buah dengan Rasa Asam

Ada banyak buah jeruk yang bisa kamu konsumsi jika rentan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian. Jeruk adalah salah satu buah terbaik untuk mabuk perjalanan. Bukan tanpa alasan, buah satu ini mampu mengatasi rasa mual yang muncul karena gerakan yang berlebihan. 

Itu tadi beberapa makanan untuk mencegah mabuk perjalanan yang bisa kamu konsumsi sehingga mudik tetap nyaman dan bebas rasa mual. Jika kamu mengalami kondisi yang lebih serius, segera tanyakan pada dokter. Meski sedang di jalan, tanya jawab seputar kesehatan tetap bisa dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc di ponsel kamu, ya!

Referensi:
Boldsky. Diakses pada 2022. Foods To Eat For Motion Sickness.