5 Makanan untuk Redakan Flu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Makanan untuk Redakan Flu

Halodoc, Jakarta - Flu menjadi penyakit yang kerap datang tanpa mengenal waktu, terlebih jika tiba musim penghujan, musim pancaroba, dan saat daya tahan tubuh sedang melemah. Pada beberapa orang, penyakit satu ini sering membuat tidak nyaman, mengganggu aktivitas karena membuat tenggorokan sakit, pusing, dan hidung tersumbat. Jika flu sudah menyerang, tandanya kamu harus beristirahat.

Pasalnya, flu mudah menular, terlebih jika kamu tidak melindungi diri dengan masker saat berada di luar rumah. Biasanya, mereka yang terserang flu kehilangan selera makan karena sakit tenggorokan dan kepala yang terasa pusing setiap waktu. Namun, jangan khawatir, karena beberapa makanan ini membantu meredakan flu yang dialami.

  • Teh Herbal

Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting ketika kamu mengalami flu. Selain konsumsi banyak air putih, kamu bisa membantu hidrasi tubuh dengan menyesap teh herbal hangat. Uap dari teh ini membantu membersihkan lendir dari sinus, sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lega.

Baca juga: Sering Tertukar, Ini Bedanya Pilek dan Flu

Ada banyak kandungan alami yang terdapat di dalam teh yang baik untuk tubuh, seperti flavonoid, katekin, dan polifenol. Ketiga kandungan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara katekin membantu tubuh terlindung dari jenis virus flu tertentu.

  • Sop Ayam

Sop ayam menjadi makanan favorit untuk membantu meredakan flu. Selain uap hangatnya membantu melegakan pernapasan, rasa panas kuahnya juga membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa sakit ketika menelan. Kandungan nutrisinya baik untuk tubuh, melalui potongan ayam dan sayuran serta rempah yang digunakan. Namun, pastikan kamu tidak menambahkan terlalu banyak garam di dalamnya, ya.

  • Madu

Biasanya, kamu akan mengalami sakit tenggorokan ketika flu. Ini bisa diatasi dengan rutin konsumsi madu. Madu juga efektif untuk meredakan batuk yang mengganggu. Kamu bisa mengonsumsi madu langsung atau menambahkannya dengan segelas air hangat untuk membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa sakitnya. Meski begitu, hindari pemberiannya pada anak di bawah 1 tahun.

Baca juga: Termasuk Jenis Influenza, Mengapa Disebut Flu Babi?

  • Buah-Buahan dan Beri

Buah dengan rasa asam seperti jeruk atau lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid yang membantu meningkatkan imunitas tubuh juga mengurangi peradangan. Tidak hanya itu, dua kandungan utama yang ada pada buah-buahan ini juga efektif untuk memerangi demam yang biasanya hadir ketika flu menyerang. Flavonoid juga dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus yang diyakini menjadi penyebab flu.

  • Bawang Putih

Bawang putih banyak digunakan sebagai campuran bumbu masakan. Namun, bumbu dapur satu ini juga ternyata dapat membantu meredakan flu. Bawang putih dipercaya efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi keparahan gejalanya. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk mentah, merebusnya, atau mencampurkannya dalam bahan makanan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Mengobati Otitis Media

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang bisa kamu coba untuk meredakan flu yang mengganggu aktivitasmu. Kalau flu yang dirasakan sangat mengganggu dan resep rumahan tadi tidak membantu, segera temui dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu.

Sekarang, membuat janji dengan dokter sudah lebih mudah, karena kamu bisa langsung bertemu di rumah sakit yang sesuai dengan keinginan atau domisili di sini. Kalau kamu tidak sempat, kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc yang bisa kamu download langsung di ponsel.