• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Gula Darah

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Mau tahu berapa banyaknya peningkatan pengidap diabetes secara global? Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 1980 tercatat sebanyak 108 juta pengidap diabetes. Namun, angkanya melambung tinggi menjadi 422 juta pada tahun 2014. Cukup banyak, bukan? 

Masih mau memandang remeh penyakit diabetes? Hati-hati, menurut WHO diabetes adalah biang keladi utama dari kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, dan amputasi pada bagian kaki. 

Kalau hal tersebut belum membuatmu ngeri, bagaimana dengan kematian? Masih menurut catatan WHO, pada 2016 setidaknya terdapat 1,6 juta kematian yang secara langsung disebabkan oleh diabetes. 

Lantas, bagaimana sih cara menurunkan gula darah agar diabetes tetap terkontrol? Adakah makanan-makanan tertentu yang bisa menurunkan gula darah? 

Baca juga: Inilah yang Dimaksud dengan Prediabetes dan Cara Mengatasinya

1.Buah Goji Berry

Goji Berry merupakan salah satu makanan yang baik untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Alasannya, buah ini membantu dalam mengontrol pelepasan gula ke dalam darah. Goji berry dinilai dapat menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah. Menariknya lagi, goji berry juga mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh pengidap diabetes tipe 2. 

2.Blueberry dan Blackberry

Selain goji berry, blackberry, dan blueberry juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan gula darah. Kedua buah ini tidak meningkatkan kadar gula darah seperti kebanyakan buah lainnya. Berry ini kaya serat dan memiliki konsentrasi anthocyanin tertinggi. Antosianin bisa menghambat enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pencernaan.

Selain itu, antosianin juga dapat mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang kaya pati. Ada lagi keistimewaan kedua buah ini, menurut jurnal dalam US National Library of Medicine - National Institutes of Health, menambahkan blueberry bioaktif (22,5 gram) ke smoothie untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam resistensi insulin.

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus 

3.Ikan Tuna

Makanan yang mengandung protein membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika kita mengonsumsinya.

Selain itu, protein juga meningkatkan rasa kenyang. Nah, mengandalkan protein untuk merasa kenyang ketimbang memilih roti, nasi, atau pasta, bisa menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darah. 

Ikan tuna adalah salah sumber protein yang bisa dipilih. Ikan ini rendah lemak tidak sehat dan banyak mengandung asam lemak omega-3. Beberapa jenis ikan yang juga direkomendasikan adalah ikan forel, ikan kembung, dan ikan salmon.

4.Oatmeal

Oatmeal adalah makanan dengan indeks glikemik yang terbilang rendah. Buah ini cocok dimanfaatkan untuk membantu menurunkan gula darah. Oatmeal mengandung B-glukan memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan.
  • Meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Membantu menjaga kontrol glikemik.
  • Mengurangi lemak darah (lemak).

Oatmeal atau gandum memiliki efek menguntungkan untuk mengontrol glukosa darah pada pengidap diabetes tipe 2. Meski begitu, dokter merekomendasikan pengidap diabetes perlu membatasi konsumsi oatmeal. Sebab, secangkir oatmeal mengandung sekitar 28 gram karbohidrat.

Baca juga: 6 Tips Hindari Cedera untuk Pengidap Diabetes

5.Kacang-Kacangan

Cara menurunkan gula darah juga bisa melalui nutrisi yang terkandung di dalam kacang-kacangan. Makanan ini kaya serat dan rendah indeks glikemik. Di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya, termasuk:

  • Vitamin antioksidan.
  • Fitokimia, seperti flavonoid.
  • Mineral, termasuk magnesium dan kalium.

Kacang-kacangan bisa bermanfaat bagi pengidap diabetes. Hal yang perlu diingat, kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah kacang utuh, bukan kacang yang telah diproses. Kacang yang telah diproses atau mengandung perasa memiliki skor indeks glikemik yang tinggi. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menurunkan diabetes? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the health benefits of goji berries?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Which foods lower blood sugar?
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Practical Application of Antidiabetic Efficacy of Lycium barbarum Polysaccharide in Patients with Type 2 Diabetes
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Bioactives in Blueberries Improve Insulin Sensitivity in Obese, Insulin-Resistant Men and Women. 
World Health Organization. Diakses pada 2020. Fact sheets-Detail-Diabetes.