• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Dianjurkan untuk Jantung Sehat

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Makanan yang Dianjurkan untuk Jantung Sehat

Halodoc, Jakarta - Cara menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidak cukup bila hanya mengandalkan olahraga dan istirahat yang cukup saja. Kesehatan organ vital yang satu ini juga perlu didukung dengan asupan gizi dan nutrisi tertentu. Cara menjaga agar jantung selalu sehat perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Pertanyaannya, makanan seperti apa saja yang perlu dikonsumsi? Sebenarnya banyak makanan yang meningkatkan kesehatan jantung, sekaligus melindungi kita dari penyakit jantung. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: 3 Penyebab Serangan Jantung yang Harus Diketahui

1.Sayuran Berdaun Hijau

Jangan lupakan asupan sayuran berdaun hijau untuk jantung yang sehat. Sayuran jenis ini seperti bayam, kangkung, dan sawi mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga banyak mengandung vitamin K.

Nah, menurut jurnal di US National Library of Medicine National Institutes of Health, vitamin K ini bisa melindungi arteri dan mempercepat pembekuan darah. Vitamin K juga mampu menurunkan risiko kerusakan vaskular dan menghambat penumpukkan kalisum di dinding pembuluh darah yang bisa membahayakan jantung. 

Menariknya lagi, sayuran berdaun hijau juga terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

2.Berbagai Jenis Ikan

Selain sayur-sayuran, makanan yang baik untuk jantung lainnya adalah ikan. Contohnya ikan salmon, trout, herring, dan sarden yang mengandung lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat) yang baik untuk jantung. 

Lemak tak jenuh ganda juga dikenal sebagai "lemak esensial", karena tubuh tidak dapat membuatnya secara alami sehingga membutuhkannya dari makanan. Polyunsaturated fat memiliki beberapa tipe, salah satunya omega-3 yang banyak terkandung pada ikan-ikan di atas. Nah, menurut berbagai penelitian omega-3 ini bisa menyehatkan jantung. 

Omega-3 diduga bisa mengurangi risiko penyakit arteri koroner, membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga detak jantung yang tidak teratur. Hal ini yang membuat jantung tetap sehat, sehingga risiko terserang penyakit jantung dapat menurun. 

Baca juga: Anak Muda Bisa Alami Sakit Jantung, Ini Penjelasannya

3.Asupan Buah-buahan

Makanan yang baik untuk jantung lainnya adalah buah-buahan. Nah, dari banyaknya jenis buah-buahan kelompok berries seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry memiliki beberapa keistimewaan bagi jantung. Buah-buahan ini mengandung nutrisi penting yang memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung.

Menurut jurnal di National Library of Medicine, buah berry kaya antioksidan seperti antosianin, yang dapat melindungi jantung dari stres oksidatif dan pembengkakan yang memicu penyakit jantung. Konsumsi berry secara teratur mampu mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. 

Selain itu, alpukat juga tak kalah baiknya. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal untuk menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Di samping itu, masih ada jeruk, melon, dan pepaya yang juga baik untuk jantung.

Ketiga buah ini banyak mengandung beta-karoten, kalium, magnesium, dan serat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

4.Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Menurut ahli di Cleveland Clinic, biji-bijian seperti biji rami mengandung asam lemak omega-3, serat, dan fitoestrogen yang meningkatkan kesehatan jantung. Ada pula biji chia yang kaya omega-3, serat, dan protein yang baik bagi jantung. 

Bagaimana dengan kacang-kacangan? Menurut penelitian pada hewan, pati resisten pada kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol dalam darah.

Waspada, kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam tubuh bisa mengancam kesehatan jantung, lho. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur diduga mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu.

Baca juga: 5 Cara Praktis Cegah Penyakit Jantung

5.Cokelat Hitam

Makanan yang satu ini banyak mengandung antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid ini dapat mencegah pembentukan plak pada arteri yang dapat memicu penyakit jantung koroner. 

Menurut sebuah studi, mereka yang mengonsumsi cokelat hitam setidaknya lima kali per minggu, memiliki risiko penyakit jantung koroner 57% lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. 

Hal yang perlu digarisbawahi, cokelat juga mengandung banyak gula dan kalori. Oleh sebab itu, mereka yang memiliki kondisi medis tertentu (seperti diabetes) tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini. 

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas? 

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai cara menjaga kesehatan jantung, atau masalah medis lainnya, bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Proper Calcium Use: Vitamin K2 as a Promoter of Bone and Cardiovascular Health
National Library of Medicine - PubMed. Diakses pada 2020. Berry anthocyanins as novel antioxidants in human health and disease prevention
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Benefits of Monounsaturated Fats?