• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Berbuka Puasa

5 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Agar puasa tidak terganggu, menjaga pola makan menjadi salah satu kunci agar ibadah puasa berjalan dengan baik. Pada saat melakukan ibadah puasa, lambung kosong selama kurang lebih 12 jam. Maka dari itu, saat berbuka sebaiknya kamu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi saat berbuka, jangan sampai kamu salah makan dan malah mendatangkan penyakit bagi kesehatan kamu.

Biasanya, pada saat puasa, penyakit maag atau penyakit lambung sering sekali muncul. Untuk itu, kamu harus memperhatikan menu berbuka kamu agar terhindar dari penyakit lambung.

 

  • Makanan dan Minuman yang Bersoda

 

Biasanya, makanan yang mengandung gas dan bersoda bisa membuat asam lambung meningkat secara drastis. Apalagi saat berpuasa, perut dan lambung akan beristirahat dan kosong selama 12 jam. Nah, jika kamu berbuka dengan makanan yang mengandung gas dan bersoda, dikhawatirkan ini akan meningkatkan masalah nyeri lambung saat kamu berpuasa.

 

  • Gorengan

 

Gorengan menjadi salah satu menu makanan favorit bagi yang menjalankan ibadah puasa. Selain mudah mendapatkannya, dengan makan gorengan perut akan sedikit terisi. Namun nyatanya, mengonsumsi gorengan untuk berbuka puasa dapat membahayakan kesehatan kamu, lho.

Lemak dan minyak yang menumpuk pada gorengan nyatanya memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh. Minyak yang terdapat dalam gorengan bisa mengendap dan menjadi lemak dalam tubuh. Lebih parah lagi, minyak tersebut bisa menjadi penyakit yang serius. Selain itu, pencernaan juga bisa terganggu jika kamu selalu mengonsumsi gorengan sebagai menu buka puasa.

 

  • Makanan dan Minuman yang Terlalu Manis

 

Berbuka dengan yang manis memang menjadi salah satu anjuran bagi kamu yang seharian menjalankan ibadah puasa. Tujuannya adalah supaya gula darah bisa kembali meningkat dan menjadi energi untuk tubuh kamu. Meskipun begitu, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang manis secara berlebihan, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Penyakit seperti diabetes, obesitas, kanker, dan penyakit jantung adalah hal yang paling buruk jika kamu berlebihan mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Pilihlah makanan yang mengandung manis alami, seperti buah-buahan.

 

  • Makanan yang Terlalu Pedas

 

Pada awal puasa, lambung memang akan terasa sedikit perih, kemungkinan karena belum terbiasa dengan puasa yang sedang dijalani. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengurangi rasa perih atau nyeri pada lambung dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat berbuka puasa dan hindari makanan pedas. Sebab, saat lambung kosong dan kamu mengonsumsi makanan pedas, dikhawatirkan akan memicu penyakit lambung atau maag.

Tidak perlu dihindari, hanya dikurangi saja porsinya, vitamin yang terdapat pada cabai juga dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya konsumsi makanan lain terlebih dahulu sebelum kamu mengonsumsi makanan pedas.

 

  • Makanan yang Mengandung Santan

 

Sebaiknya setelah perut kosong selama berpuasa, kamu harus mengurangi berbuka dengan menu makanan yang mengandung santan, misalnya kolak. Memang manisnya kolak sangat nikmat jika dinikmati setelah seharian berpuasa. Namun, santan yang terkandung dalam kolak bisa membahayakan kesehatan kamu. Jangan khawatir, karena bukan berarti kamu harus menghindarinya. Kamu hanya perlu mengurangi porsinya saja agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti kolesterol.

(Baca juga: Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini Saat Sahur & Buka Puasa)

Ya, saat berpuasa tentunya kamu juga harus menjaga kesehatan tubuh kamu. Kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui apa saja yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa dan juga sahur. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!