• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Mengandung Fosfor Tinggi, Baik bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Mengandung Fosfor Tinggi, Baik bagi Kesehatan

5 Makanan yang Mengandung Fosfor Tinggi, Baik bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 September 2022

“Terdapat beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan fosfor tinggi. Mulai dari daging ayam, seafood, produk olahan susu, daging organ, hingga kacang polong.”

5 Makanan yang Mengandung Fosfor Tinggi, Baik bagi Kesehatan5 Makanan yang Mengandung Fosfor Tinggi, Baik bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Fosfor atau phosphorus merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang berbagai fungsi vital. Perlu diketahui bahwa mineral ini berperan penting dalam membangun tulang yang sehat, menciptakan energi, dan membuat sel-sel baru. Berdasarkan beberapa manfaatnya, penting untuk memastikan asupannya tercukupi dengan baik. 

Nah, ada beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi karena tinggi akan kandungan mineral fosfor. Penasaran apa saja makanan tersebut? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Beberapa Makanan yang Tinggi Fosfor 

Terdapat beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan phosphorus tinggi, antara lain: 

1. Daging ayam

Salah satu makanan yang tinggi akan phosphorus adalah daging ayam. Perlu diketahui bahwa daging ayam seberat 140 gram yang dipanggang, dapat mengandung setidaknya 300 miligram fosfor. Nah, jumlah tersebut setara dengan 40 persen kebutuhan harian akan mineral tersebut. 

Selain itu, daging ayam juga diketahui tinggi akan protein, vitamin B, dan mineral lain seperti selenium. Di sisi lain, metode memasak juga dapat memengaruhi kandungan nutrisi seperti fosfor pada daging ayam. Diketahui bahwa metode memasak dengan cara dipanggang adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi seperti mineral tersebut. 

2. Seafood

Makanan laut atau seafood juga menjadi sumber phosphorus dari makanan yang sangat baik. Namun,  jumlahnya akan tergantung pada jenis makanan laut. Sebagai contoh, salmon memiliki sekitar 315 miligram fosfor per porsi, sedangkan ikan halibut memiliki sekitar 244 miligram, dan kerang memiliki sekitar 201 miligram. Selain memiliki kadar phosphorus yang tinggi, makanan laut juga diketahui kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 diketahui penting untuk kesehatan jantung dan otak. 

3. Produk olahan susu

Dairy atau produk olahan susu diketahui memiliki banyak nutrisi penting. Mulai dari vitamin D, vitamin A, kalsium, dan potasium. Namun, tak hanya itu, produk olahan susu juga diketahui kaya akan fosfor. Sebagai contoh, susu dan yoghurt secara rata-rata dapat menyediakan 250 miligram fosfor. Sementara itu, keju menyediakan lebih sedikit kandungan fosfor, yakni sekitar 197 miligram per porsi. 

4. Daging organ

Jeroan atau daging organ juga termasuk sebagai makanan yang direkomendasikan sebagai sumber fosfor. Sebab, jeroan seperti otak dan hati hewan ternak, merupakan sumber mineral tersebut yang sangat mudah diserap tubuh. Sebagai contoh, satu porsi otak sapi goreng dapat mengandung hampir 50 persen kebutuhan asupan harian fosfor untuk orang dewasa. 

Sementara itu, hati ayam per tiga ons (85 gram) dapat mengandung sekitar 53 persen kebutuhan fosfor harian. Selain kandungan fosfornya, jeroan juga diketahui kaya akan nutrisi penting lainnya. Misalnya seperti vitamin B12, vitamin A hingga beberapa mineral penting lainnya. 

5. Kacang polong

Kacang polong dapat menyediakan sekitar 94 miligram fosfor per porsi, atau 50 persen phosphorus dari kebutuhan harian yang mudah diserap oleh tubuh. Selain mineral fosfor, kacang polong juga kaya akan berbagai nutrisi penting lainnya. Mulai dari vitamin K, mangan, folat, serat, vitamin C, dan tembaga. Menariknya lagi, kacang polong juga merupakan sumber fitonutrien antiinflamasi yang baik seperti katekin, epikatekin, dan asam lemak omega-3 alfa-linolenat.

Itulah beberapa makanan yang tinggi akan kandungan fosfor. Tidak ada salahnya untuk memasukan beberapa makanan tersebut ke menu sehari-hari. Kendati demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsi fosfor secara berlebihan, karena kadar fosfor yang terlalu tinggi malah dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan tubuh menarik kalsium dari tulang dan membuatnya lemah. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi fosfor, atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Top 12 Foods That Are High in Phosphorus. 
WebMD. Diakses pada 2022. Healthy Foods High in Phosphorus.