5 Makanan yang Sebabkan Penyakit Liver pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Makanan yang Sebabkan Penyakit Liver pada Tubuh

Halodoc, Jakarta - Hati adalah salah satu organ yang fatal untuk menjaga kesehatan tubuh. Organ tersebut dapat menyerap racun dan menetralisir, lalu dikeluarkan dari tubuh. Walau begitu, hati atau liver dapat terserang penyakit jika tidak dijaga kesehatannya.

Penyakit liver umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, salah satunya karena obesitas akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan. Sehingga, tubuh kamu berdampak buruk dan menyebabkan gangguan pada liver. Berikut ini makanan yang tidak baik yang menjadi penyebab penyakit liver!

Baca juga: 5 Penyebab Gangguan Liver yang Mesti Dihindari

Penyebab Penyakit Liver

Racun adalah organ yang memiliki fungsi untuk memecah racun yang berada di dalam tubuh. Maka dari itu, hati termasuk organ yang rawan untuk terserang gangguan. Selain itu, liver berfungsi untuk menyimpan vitamin dan mineral agar tubuh dapat bertahan hidup jika kekurangan kandungan tersebut.

Salah satu penyakit yang terjadi pada liver adalah penyakit liver berlemak. Gangguan ini disebabkan oleh alkohol dan non-alkohol. Makanan yang tidak sehat memengaruhi organ tersebut sehingga menyebabkan kelainan. Berikut ini makanan yang menjadi penyebab penyakit liver, yaitu:

  1. Makanan Kaya Gula

Salah satu makanan yang menjadi penyebab penyakit liver adalah makanan yang mengandung banyak gula. Hal tersebut menyebabkan kadar gula darah meningkatkan dan menyebabkan timbunan lemak di hati. Kamu harus mengurangi dan menghentikan konsumsi gula jika kadar gula terlalu tinggi agar dapat menjaga liver tetap sehat.

  1. Makanan yang Digoreng atau Asin

Penyebab penyakit liver lainnya adalah makanan yang digoreng atau terlalu asin. Terlalu banyak mengonsumsi dua makanan tersebut meningkatkan kalori dan terjadinya kenaikan berat badan. Kamu dapat mengurangi konsumsi garam dengan menambahkan rempah-rempah dan bumbu tambahan ke makanan. Sebagai alternatif mengganti makanan yang digoreng, kamu bisa memanggang atau mengukusnya.

Mungkin saja kamu juga masih bingung terhadap makanan favorit kamu apakah dapat menyebabkan gangguan pada liver atau tidak. Jika itu terjadi, dokter dari Halodoc dapat mengatasi kebingungan tersebut. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone!

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Pengidap Gangguan Liver

  1. Gandum yang Diolah

Penyebab penyakit liver lainnya adalah gandum yang telah diolah. Makanan olahan tersebut, seperti roti putih, pasta, dan nasi putih. Seseorang yang mengonsumsi makanan tersebut tidak mendapat serat karena sudah hilang ketika diolah. Hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan gula darah ketika dipecah di dalam tubuh yang berdampak buruk bagi liver.

  1. Makanan dengan Lemak Tinggi

Makanan dengan lemak tinggi yang terlalu banyak dikonsumsi mampu mengakibatkan gangguan pada liver. Beberapa makanan yang kaya lemak adalah daging sapi, daging kambing, jeroan, dan makanan yang diolah dengan mentega serta santan. Cara agar kamu tidak mengalami gangguan pada liver adalah membatasi konsumsi makanan tersebut untuk dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Alami Penyakit Hati, Ini 6 Makanan yang Perlu Dihindari

  1. Makanan Pemicu Gas

Hal yang menjadi penyebab gangguan liver adalah makanan yang memicu gas pada tubuh. Beberapa makanan yang menyebabkan hal tersebut adalah lobak, kacang merah, sayur kol, dan sayur sawi. Memang terdapat manfaat dari makanan tersebut, tetapi jika kamu ada baiknya untuk mengurangi, terutama ketika liver sudah terganggu.

Berikut ini makanan yang menjadi penyebab liver menjadi terganggu. Kamu harus mengurangi makanan-makanan tersebut agar menjaga organ tersebut tetap sehat. Selain itu, berolahraga dan menurunkan rasa stres juga dapat dilakukan agar kesehatan liver tetap terjaga dengan baik.

Referensi:
Health Line.Diakses pada 2019.12 Foods to Help Fatty Liver Reversal
Medical News Today.Diakses pada 2019.What to eat for a fatty liver