• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Trimester 2

5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Trimester 2

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap trimester dalam kehamilan adalah fase yang penting bagi tumbuh kembang calon buah hati. Memasuki trimester kedua, ibu hamil akan merasa lebih nyaman dibanding trimester sebelumnya, karena rasa mual akibat morning sickness sudah berkurang. Oleh karena itu, saatnya bagi ibu hamil untuk memaksimalkan konsumsi makanan yang disarankan. 

Ada banyak pilihan makanan untuk tumbuh kembang janin yang bisa dikonsumsi ibu hamil trimester kedua. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti zat besi, folat, protein, kalsium, magnesium, dan vitamin D.

Dengan mencukupi berbagai nutrisi tersebut, ibu hamil dapat menurunkan risiko berbagai masalah pada kehamilan, seperti preeklampsia dan risiko kelahiran prematur.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Pilihan Makanan untuk Trimester Kedua Kehamilan

Ada beberapa pilihan makanan yang disarankan untuk ibu hamil trimester kedua, yaitu:

1.Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, adalah sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Susu juga mengandung banyak nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin, seperti protein, kalsium, fosfor, kalium, yodium, dan vitamin B. Jika alergi terhadap susu sapi, ibu bisa menggantinya dengan susu kedelai atau susu beras yang diperkaya kalsium.

2.Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin K, vitamin C, serat, dan kalium. Selain itu, buah-buahan juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk sistem imun tubuh. Jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pada trimester kedua adalah alpukat, pisang, kiwi, jeruk, mangga, apel, kelapa, dan tomat.

Namun, perlu diingat bahwa buah dan sayur mentah rentan terkontaminasi oleh beberapa bakteri. Pastikan untuk mencuci buah-buahan hingga bersih sebelum dikonsumsi, untuk menghindari risiko infeksi bakteri dan parasit yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

3.Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan, mengonsumsi sayur-sayuran juga sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil di trimester kedua. Sayur-sayuran mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin K, folat, serat, antioksidan, dan kalium

Selama kehamilan trimester kedua, beberapa jenis sayuran yang disarankan adalah brokoli, kubis, bok choy, bayam, wortel, kale, serta ubi dan kentang. Namun, ibu hamil tetap dapat mengonsumsi berbagai variasi sayuran lainnya, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. 

4.Protein Hewani

Makanan sumber protein hewani seperti ikan, telur, dan daging, memiliki banyak nutrisi penting bagi ibu hamil trimester kedua. Beberapa di antaranya adalah kalsium, magnesium, vitamin D, protein, zinc, folat, dan zat besi.. Meski begitu, ibu hamil sebaiknya tidak konsumsi ikan yang mengandung banyak merkuri, seperti ikan tuna.

Konsumsilah ikan yang memiliki kandungan merkuri lebih rendah, seperti ikan sarden, lele, ikan kembung, dan salmon. Selain ikan, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi daging ayam tanpa kulit, telur, serta daging merah tanpa lemak untuk melengkapi asupan nutrisi selama hamil.

Baca juga: 4 Tanda Kurang Gizi selama Kehamilan

5.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, serta beragam jenis vitamin dan mineral yang meliputi vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, vitamin A, folat, dan zat besi. Jadi, pastikan untuk memasukkan kacang-kacangan dalam daftar menu harian selama trimester kedua, ya. 

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah kacang almond, kedelai, kacang merah, kacang mede, kacang tanah, kacang polong, dan edamame.

Itulah jenis makanan yang disarankan bagi ibu hamil trimester kedua. Semakin banyaknya ragam makanan yang ibu hamil konsumsi, semakin banyak asupan nutrisi yang dapat diperoleh. Jika merasa kurang mengonsumsi makanan yang sehat selama hamil, ibu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen kehamilan.

Namun, jangan mengonsumsi sembarang suplemen, ya. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan agar jenis dan dosisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan ibu. Agar lebih mudah, ibu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kandungan terpercaya, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Baby Centre UK. Diakses pada 2020. Healthy Foods for Your Second Trimester: Photos.
Healthline. Diakses pada 2020. Eating Well in Your Second Trimester.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Vitamin D and Pregnancy.
Baby Center. Diakses pada 2020. Should I Drink Whole Milk During Pregnancy?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Pregnancy And Fish: What's Safe To Eat?
Verywell Fit. Diakses pada 2020. Healthy Foods That Are High in Magnesium.
WebMD. Diakses pada 2020. Get the Calcium You Need During Pregnancy.